Tuesday, August 28, 2007

Play with Champagne!

Minuman ini tidak bisa dipisahkan dengan pesta. Champagne adalah hasil fermentasi buah anggur oleh ragi, yang berfungsi mengubah kandungan gula menjadi alkohol (12%-13%) tapi apa yang membedakannya dengan wine?

Arena balap mobil Formula 1 mana mungkin melupakan minuman yang satu. Setiap kali ada penobatan pemenangnya selalu ada semprotan champagne. Tidak hanya F1, minuman asal Prancis ini selalu hadir di sela-sela pesta, entah itu sekadar seremoni pembukaan gerai, launching produk, atau perayaan di hotel-hotel berbintang.

Champagne adalah salah satu jenis wine yang memercik dan terdapat gelembung udara di dalamnya. Bahkan tim peneliti Prancis mengatakan rasa champagne terletak pada buihnya ini. Makin halus buihnya, makin enak nikmat rasanya, begitu menurut peneliti dari University of Reims Champagne-Ardenne.

Sama seperti wine, minuman ini dibuat dari anggur pilihan yang difermentasi, yang berasal dari Champagne. Hanya saja, dengan propses tertentu, terciptalah bubble (gelembung) pada champagne hingga memiliki rasa yang unik. Di luar Champagne, wilayah Prancis itu, minuman sejenis walaupun proses fermentasinya sama tidak berhak memakai nama champagne. Kata yang tepat untuk wine dengan taste yang sama tapi diproduksi di luar Champagne -- sebutlah Australia, Brasil, Afrika Selatan atau Spanyol – adalah sparkling wine.

Tapi apa pun namanya, kedua minuman tersebut bisa dihidangkan kapan saja, untuk menemani hindangan apa – sebelum, sesudah atau selama acara makan berlangsung. Berbeda dengan jenis wine yang lain, sebutlah white wine yang cocok sebagai teman bersantap dengan daging putih (ayam, unggas, atau ikan), dan red wine dengan daging merah (sapi atau steak), champagne lebih fleksibel, bahkan lebih fleksibel dibandingkan dengan rose wine yang meski fleksibel tapi syaratnya harus bernuansa romantis.

Champagne terbagi menjadi dua jenis, berdasarkan kandungan gulanya. Brut adalah jenis yang paling sedikit mengandung gula (hampri tidak ada gula), hingga extra sec, yang dikenal juga dengan sebutan extra dry, memiliki sedikit rasa manis.

Sec berarti kering, dalam bahasa Prancis, sebenarnya mengacu kepada wine yang agak manis. Demi sec dan doux, keduanya sangat manis dan merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dihidangkan sebagai pencuci mulut.

Berikut ini beberapa merek champagne yang terkenal; Piper Heidsieck, Brut, Cuvee Diplomatic, Dom Perignon, Moet et Chandon, Pommery & Greno Demi Sec, Pommery Greno Brut, G.H. Mumm & Co, Cordon Rounge Brut, dan Vueve Cliqot Ponsardin.

Cara Menyajikan
Ada gelas yang diperuntukkan untuk semua jenis anggur. Gelas ini sebaiknya dapat menampung sekitar 10 oz, transparan agar kita bisa melihat warna wine dengan baik, serta memiliki badan gelas yang menciut ke atas. Tapi akan lebih cocok kalau champagne atau sparkling wine disajikan dalam gelas bertipe flute, yang memungkinkan untuk memandangnya secara seksama gelembung yang bermunculan dan keharuman aromanya dapat tercium secara bertahap.

Kelihatannya sepele, tapi jika Anda tuan rumah sebuah pesta, harus tahu cara menyajikan minuman ini dengan baik, bahkan bisa menunjukkan “kelas” Anda. Champagne atau sparkling wine sebaiknya disajikan pada suhu 5-8 derajat C, dan biasanya disajikan dalam keranjang es agar tetap dingin.

Jika Anda ingin mmberi kesan sebagai tuan rumah yang bercita rasa tinggi sebaiknya mempelajari cara menghindagkan champagne yang baik dan benar. Pertama-tama perlihatkan botol atau label kepada tamu. Pada lapisan logam penutup gabus tutup botol (foil). Dengan memegang gabus tutup botol, hati-hati lepaskan kawat penyangga tutup botol. Buka botol, dan pegang botol dengan kemiringan 45 derajat menjauh dari wajah Anda dan tamu, karena pada saat dibuka, gabus tutup botol bisa melejit secepat peluru. Seka botol dengan serbet bersih. Baru kemudian menuangkan ke gelas-gelas para tamu. Bila masih ada yang tersisa di botol.letakkanlah botol kembali ke tempatnya.

Pekerjaan seperti itu biasanya dilakukan oleh pramusaji, tapi sekali-kali Andalah yang melakukannya. Apalagi kalau tamu-tamu tersebut Anda angap penting, sehingga kesannya lebih akrab dan personal. (Burhanuddin Abe)

Sumber: Platinum Society

No comments:

Post a Comment