Wednesday, September 26, 2007

Berobat Serasa Berlibur


Negara jiran Malaysia menjelma menjadi medical destination di Asia. Rumah sakit-rumah sakit di sana mempunyai servis seperti hotel. Sebagian besar pasiennya ternyata orang Indonesia. (Burhanuddin Abe)


Ingin berlibur, dan pulangnya tidak hanya fresh tapi juga tampil keren? Bukan perkara sulit. Saat ini sudah banyak rumah sakit yang menawarkan pengobatan sekaligus paket liburan. Malaysia salah satunya. Rumah sakit-rumah sakit cukup berkelas, terbesar di beberapa wilayah, di antaranya di Penang. Di wilayah kepulauan ini sudah berdiri beberapa rumah sakit berkelas internasional, sebutlah Island Hospital, Adventist Hospital, Mount Miriam Hospital, Lam Wah Ee Hospital, Gleneagles Medical Centre, atau Loh Guan Lye Specialists Centre.

Mereka menawarkan berbagai paket pengobatan, mulai dari sekadar general check up, operasi penyakit serius seperti jantung, kanker, dan penyakit dalam lainnya, hingga penanganan penyakit orang modern; degeneratif. Klinik untuk ingin mengubah penampilan pun tersedia. Jika Anda berperut buncit, misalnya, datang saja ke Penang, maka program liposuction atawa sedot lemak, akan membuat Anda tampil lebih ramping.

Demikian juga jika Anda mempunyai problem mata, seperti myopa atau hyperopia, di Island Hospital, misalnya, melalui i-Laser Centre, memberikan pelayanan lasik yang kini sedang ngetren. Operasi mata dengan teknologi laser itu mengubah mata yang tadinya plus, misalnya, dan memerlukan kacamata atau lensa kontak, tidak memerlukan perangkat itu lagi. Sebagai bagian dari gaya hidup, menurut Nora Hamid, Head of PR/Marketing Department Island Hospital, lasik yang mampu memberi penampilan baru cukup digemari – dan jangan salah pasien terbesarnya justru datang dari Indonesia.

Selain mata, permintaan untuk bedah kosmetik, misalnya, ternyata terus meningkat, kendati belum sebesar permintaan untuk urusan pengobatan. Itu sebabnya, demikian Nora, Island Hospital kini sedang mengembangkan pelayanan yang berkaitan dengan urusan penampilan, serta life style, seperti bedah plastik, klinik perawatan dan rekonstruksi gigi, dan sebagainya. “Kelak, orang bisa berlibur di Penang, menjalani perawatan wajah dan tubuh, dan pulang-pulang sudah cantik,” ujar mantan konsultan PR sebuah hotel itu sambil menyebut acara TV The Swan. Reality show yang terkenal di AS itu memberikan kesempatan kepada wanita biasa untuk tampil cantik menjadi “ratu” dalam waktu tiga bulan, melalui program diet ketat, latihan fisik, terapi psikologis, dan yang kontroversial, operasi plastik yang ditangani oleh para ahlinya – mulai dari pengurangan lemak di beberapa bagian tubuh, pemancungan hidung, sampai perapihan gigi.

Mewujudkan pelayanan kecantikan (ketampanan) secara terpadu bukan perkara sudah, apalagi peralatan maupun dokter ahlinya cukup tersedia. Mempunyai 40 dokter spesialis di bidangnya, peralatan-peralatan medisnya pun tergolong mutakhir. CT Scan-nya, misalnya, mampu mendeteksi selapis demi selapis tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, sehingga hampir tidak ada penyakit yang terlewat. Di kamar operasi, ada tiga ruang, yang masing-masing mempunyai tekanan udara berbeda. Sedemikian rupa sehingga ruang utama menuju ICU bebas dari bakteri. Peralatan medisnya pun tergolong modern, memakai metode laser, sehingga tidak hanya operasinya yang makin memudahkan, tapi juga rapi.

Memang, seperti diakui DR. Chan Kok Ewe, Chief Executive Officer Island Hospital, rumah sakit yang berlokasi di George Town ini ibarat shopping centre, semuanya ada. Dibagi sekitar 26 divisi, rumah sakit yang berdiri tahun 1996 ini memberikan berbagai pelayanan, mulai dari pusat perawatan jantung, neurologi, rehabilitasi dan fisioterapi, radiologi, urologi, radiologi, terapi bicara, hingga pusat konsultasi kesuburan (fertility centre). Tapi tidak mustahil kelak, rumah sakit yang mampu menampung kunjungan 400 pasien dan 140 pasien tinggal ini membuka divisi tersendiri untuk melayani pasien kelas atas yang peduli dengan urusan penampilan.

Di Penang, bedah plastik pada akhirnya bukan lagi perkara yang menakutkan. Selain para dokternya yang bisa diandalkan, rumah sakit-rumah sakit dirancang bak hotel berbintang lima. Dan yang menarik, selain berobat pasien bisa menikmati keindahan alam sekitar – Penang adalah negeri pantai yang indah yang luasnya tidak lebih dari Bali dengan penduduk kurang dari 1 juta jiwa – layaknya berlibur saja!

Platinum Society No. 14 – Majalah SWA, Maret 2006

2 comments:

  1. Selamat sore, perkenalkan saya danang Sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....

    Regard
    Danang Sefdyanto
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line : +6281 4026 2166
    Mobile : +6283 8300 28050
    Phone : +6231 5020588 / 5026502
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    ReplyDelete