Fidel Castro versus Demi Moore

Produk gaya hidup itu bernama cerutu. Bukan sekadar gulungan tembakau, tapi ada citra dan gengsi pengisapnya. Cerutu kini tidak hanya monopoli pria, tapi wanita pun ikut menikmatinya. Dengan emas coklat itu, kata orang, wanita terlihat lebih seksi. Hmm! (Burhan Abe)

“Women & Cigar”. Tema itulah yang diusung pada acara pesta yang berlangsung di Zen Bar & Lounge, Jakarta Jumat, 30 Juli lalu. Venue yang terletak di Menara Thamrin, Gedung Parkir lantai 8 itu tak ayal kebanjiran pengunjung, acara unik tersebut berhasil mengundang rasa penasaran para partygoers Ibu Kota.

Jam menunjukkan pukul 23.00. Keriaan pun makin seru. Para penari seksi bergoyang di bar berbentuk U yang dijadikan panggung. Iringan musiknya yang biasanya techno, kali ini digabungkan dengan petikan gitar live yang kental dengan nuansa Latin, sesuai dengan asal cerutu. Di panggung itu pula, pada sesi berikutnya, para peragawati berlenggak-lenggok bak di catwalk, mengenakan berbagai busana, mulai dari busana malam yang anggun hingga bikini yang seksi. Tidak lupa, di salah satu adegan, di mulut mereka terselip cerutu. Wow!

Lalu, apa hubungan antara wanita dan cerutu? “Penggemar cerutu di Jakarta tidak banyak, dan hampir semuanya pria. Kami ingin mensosialisasikan bahwa perempuan pun layak mengonsumsi cerutu,” tutur Yadie Dayana, Operations Manager PT Gemilang Cahaya Utama (GCU), distributor sejumlah merek cerutu asal Dominika, sponsor utama acara malam itu.

PT GCU sahamnya dimiliki oleh Java Match Factory, perusahaan patungan antara pengusaha domestik yang berkedudukan di Surabaya (60%) dan perusahaan global Swedish Match (40%) – manufaktur dan distributor cerutu premium di dunia. Pada 2001 mereka membuka cigar outlet pertamanya di Asia, yang diberi nama Club Macanudo, tepatnya di Hotel Shangri-La, Jakarta. Kini, gerai yang menyediakan 200-an merek cerutu itu tidak hanya terdapat di hotel tersebut, tapi sudah tersebar di 27 tempat lainnya di Jakarta, satu di antaranya di The Peak, Bandung.

Club Macanudo memang bukan klub untuk cigar society yang pertama, karena beberapa tahun sebelumnya, yakni tahun 1997 sudah ada klub serupa, namanya Lacasa del Habano, yang berpusat Hotel Mandarin Jakarta, yang primadonanya adalah cerutu-cerutu eks Kuba. Sebutlah Cohiba, Montecristo, Partagas, Hoyo de Monterrey, Romeo Y Julieta, H Upmann, Puch, Sancho Panza, Trinidad, Vegas Robaina, dan Bolivar.

Cerutu memang lahir di Kuba dan “ditemukan” Columbus pada tahun 1492, tapi kini produsennya ada di beberapa negara, serta penggemarnya sudah merebak ke seluruh dunia. Di Indonesia, menurut Yadie, saat ini penjualan premium cigars – kebanyakan eks negara-negara Karibia (Dominika, Kuba, Jamaika, Brasilia, Nikaragua, Honduras, dan lain-lain) – baru 7.000 batang (terbesar dari Club Macanudo, 2.500 batang) per bulan. Nilainya sekitar Rp 500 juta.

Tidak besar memang. Jangankan dengan AS yang penjualan cerutunya terbesar di dunia, dibandingkan dengan negara sesama Asia saja, sebutlah Hong Kong, Indonesia belum ada apa-apanya. Di negara kepulauan itu satu gerai mampu membukukan penjualan sekitar 3.500 dolar AS (setara dengan Rp 30 juta) setiap bulannya. Padahal setiap hotel berbintang lima di sana pasti mempunyai cigar outlet.

Memang, menjual cerutu tidak seperti menawarkan barang komoditi biasa, tapi menjual gaya hidup.Cerutu bukan sekadar gulungan tembakau tapi ada citra dan gengsi di sana. Menikmati cerutu barangkali mirip dengan mengapresiasi wine, cognac, liquor, champagne, dan sejenisnya. Lebih jauh, seperti yang dikatakan pemikir budaya pop David Chaney, produk gaya hidup seperti Porsche, jins, juga cerutu, adalah semacam artefak budaya material yang mempresentasikan identitas sosial pemakainya.

Secara faktual cerutu memang disukai tokoh-tokoh dunia yang kharismatis, sebutlah PM Inggris pada Perang Dunia II, Winston Churchill, pemimpin revolusi Amerika Latin Che Guevara, tokoh legendaris AS John F. Kennedy, gembong mafioso Don Corleone, bintang Hollywood Bill Cosby, Tom Selleck, hingga penyanyi seriosa Luciano Pavaroti.

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments