Menguja Rasa, Meramu Nikmat

Maraknya home spa di Indonesia sekitar tahun 2000-an. Begitu menurut pengamatan Aditya Indrajaya, Pemilik Gran Odiseus Fitness & Spa, yang tersebar di beberapa lokasi. Hal ini didorong oleh tuntutan global masyarakat dunia, terutama di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika yang menginginkan bisa menikmati spa dalam kehidupan sehari-hari. Dan, itu tidak cuma mereka mendatangi pusat spa yang tersebar di sejumlah tempat, tapi juga bisa melakukannya sendiri di rumah sendiri.

Hal ini juga melanda ke Indonesia di mana sebagian orang, terutama kalangan premium, untuk membangun spa di rumahnya sendiri. Tuntutan global itu juga berimbas kepada semua fasilitas akomodasi seperti hotel, cottage, penginapan, tempat rekreasi, dan lain-lain, sehingga hotel yang ada dituntut untuk menyediakan fasilitas spa. Bahkan fasilitas spa sendiri berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Nusa Dua Spa, misalnya, untuk menyebut contoh, semula hanya bagian dari health centre yang menyediakan massage service. Tapi dalam perkembangannya, karena potensi pasar semakin besar, unit bisnis ini diubah menjadi spa centre.

Dalam memberikan jasanya spa centre yang berlokasi di Nusa Dua, Bali itu membagi dua jenis, wet spa dan spa treatment. Yang pertama bisa dilakukan sendiri, yakni berendam di whirpool, masuk ke ruang sauna dan uap. Sedangkan kedua berkaitan dengan pelayanan, meliputi pemijatan, lulur dan perawatan muka.

Tren maraknya home spa juga dibenarkan Serlie Tjandra, Assistant General Manager Hal Mar Sanitary. Trennya sekitar lima tahun terakhir ini. Permintaan akan peralatan spa dalam kurun waktu tersebut, seperti bathub maupun mesin spa untuk whirlpool, terus meningkat. Kalau dulu spa hanya dipunyai hotel dan spa centre, kini sudah merambah ke rumah-rumah tangga.

”Penjualan perlengkapan spa produk Hal Mar, misalnya, tumbuh sekitar 10-20 persen per tahun,” katanya.

Serlie menyebut tiga peralatan utama dalam spa. Yakni, whirpool, yang befungsi sebagai hydrotherapy, menghasilkan tekanan air dalam bak mandi (bathtub), yang mampu memperlancar peredaran darah, menghilangkan rasa letih sehingga tubuh menjadi segar kembali. Air dalam bak mandi jadi ada arusnya serta gelombang, karena ada tekanan air yang dihasilkan dari whirlpool. Tekanan keluar dari sepanjang sisi bak mandi.

Berikutnya adalah airpool, dipasang pada dasar bathtub. Gelembung udara yang dikeluarkan mini jet mengenai bawah paha sehingga tekanan gelembung tersebut mampu menstimulasi sel kulit yang sudah waktunya berganti. Dengan demikian sel kulit baru akan tumbuh dan kulit menjadi halus kembali.

Yang ketiga, aqualight, terdiri dari 12 macam pilihan warna cahaya, warna yang dihasilkan berfungsi sebagai stress therapy, misalnya biru merangsang konsentrasi dan kreativitas, mengurangi selulit dan kegemukkan; hijau untuk terapi relaksasi, memberi ketenangan; merah merangsang memperlancar sirkulasi darah, dan sebagainya.

Gabungan dari ketiga alat tersebut disebut spa. ”Namun, tren yang ada sekarang bukan kombinasi dari ketiga alat, tapi lebih memprioritaskan alat whirlpool. Kalau sudah punya alat whirlpool, maka sudah disebut spa. Sedangkan airpool dan aqualight dianggap sebagai aksesorisnya,” kata Serlie.

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments