Friday, October 19, 2007

Sensualitas Jazz Sergio Mendes


Sergio Mendes, seniman jazz Brasil itu, tampil di Dji Sam Soe Super Premium Jakarta International Java Jazz Festival 2007. Ia membawakan Mas Que Nada lagu "wajib" yang ia ramu dalam jazz samba. "Samba Brasil itu sensual," kata Mendes.

Mas que nada
Sai da minha frente
Eu quero passar
Pois o samba está animado


Itu lirik awal lagu Mas Que Nada yang berbicara tentang asyiknya bergoyang samba. Arti lirik kurang lebih seperti ini: Mas que nada, oh come on, ayolah/ beri aku jalan/ aku mau lewat/ karena samba sangat mengasyikkan/ yang kumau hanyalah bergoyang, bergoyang.

"Mas Que Nada itu lagu yang magis. Lagu itu populer tahun 1966, dan tahun lalu (2006) meledak lagi bersama Black Eyed Peas," ujar Sergio Mendes (66) yang ditemui sesaat setelah acara jumpa pers di Lagoon Tower, Hotel Soultan, 28 Februari 2007 siang.

Mas Que Nada termuat dalam album Mendes, Brazil 66. Angka 66 itu menunjuk pada tahun pembuatan album 1966. "Kekuatan lagu itu ada pada melodi. Lagu itu dibawakan Jorge Ben (tahun 1963). Saya merekam dan menggarap musiknya tahun 1966. Wonderful melody, dan rhythm yang mengasyikkan," tutur Mendes yang siang itu tampil santai dengan celana pendek dan kaus warna hijau.

Mendes, pria kelahiran Niterói, Rio de Janeiro, Brasil, 11 Februari 1941 itu adalah anak seorang dokter. Ia masuk Konservatori Musik Brasil dengan harapan akan menjadi pianis klasik. Telinganya lebih tertarik untuk menyerap realitas musik di Brasil yang menurut dia begitu beragam dan menggairahkan. Kontributor dari keragaman musik itu, kata Mendes, adalah orang-orang dari Afrika yang dipekerjakan di perkebunan- perkebunan di Brasil. "Mereka membawa rhythm yang indah dan mengasyikkan, dan juga instrumen musik," papar Mendes.

Era akhir 1950-an, seniman Brasil Antônio Carlos Jobim, Vinicius de Moraes, dan João Gilberto bereksplorasi dengan samba dan elemen musik yang tumbuh di Brasil lainnya. Mereka meramunya dengan cool jazz. Lahirlah kemudian bossanova, artinya gaya (rasa) baru. Saat bossanova populer itulah Mendes mulai menapak pentas musik. Ia bermain jazz di kafe-kafe. Ia tumbuh dalam lingkungan musik Brasil dengan mentor para eksponen bossanova, khususnya Jobim.

Awal 1960-an, Mendes hijrah ke New York. Bersama grupnya, ia bermain di pentas jazz berwibawa, termasuk di Birdland, klub jazz tempat mangkal jazzer top. Pertengahan era 1960-an ia teken kontrak dengan perusahaan rekaman A&M Records. Saat itu tergagas olehnya untuk menggali musik dari kampung halamannya, Brasil.

Hasilnya memang bisa disebut sejarah. Mas Que Nada versi Mendes meledak di Amerika. Itu merupakan lagu berbahasa Portugis pertama yang menduduki puncak tangga American Billboard. "Kami di Brasil mempunyai jenis musik yang beragam. Samba, bossanova, hanyalah bagian dari lanskap musik di Brasil. Seperti halnya jazz, akar dari musik Brasil adalah musik dari Afrika. Itulah akar kami," katanya.

Keragaman samba itu disebut dalam lirik Mas Que Nada: Este samba/ Que é misto de maracatu. Ini samba/ campuran dengan maracatu. Maracatu adalah bentuk seni pertunjukan yang berkembang di Brasil dan berakar dari tradisi Afrika.

Mendes menangkap rhythm samba yang di telinganya terasa sensual itu. Dengan cerdas, ia mengolah elemen musik tersebut lalu meramunya dengan jazz dan pop. Hasilnya antara lain terdengar pada garapan Mendes untuk Mas Que Nada. "Musik Brasil itu tidak hanya rhythm, tapi juga melodi yang indah dan sensual. Musik yang sensual itulah yang saya kira membuat orang yang mendengar dan menghayatinya seperti bermimpi dan bergoyang."

Mas Que Nada versi Mendes terbukti menjadi lagu awet. Nyatanya, lagu itu populer pada setiap era. Ia bahkan menjadi lagu "wajib" di kafe-kafe Jakarta.

Tahun 2006, Mendes didatangi musisi muda yang mengaku sebagai penggemar beratnya. Musisi muda itu adalah William alias William James Adams (31), personel, penulis lagu, dan produser grup hip-hop Black Eyed Peas. Ia menyebut Mendes sebagai inspirasi terbesarnya.

Mereka membuat kolaborasi kreatif. Mendes membawa lagu- lagu bossanova, samba Brasil, sedangkan Will mengalirkan semangat hip-hop yang tengah meluap-luap di belantika musik hari ini. Kerja sama mereka terekam dalam album Sergio Mendes: Timeless, yang antara lain memuat Mas Que Nada versi ramuan samba-hip-hop-R&B dan diterima kaum muda hari ini. Mendes menyebut musisi muda itu sebagai darah baru yang selalu mengalir di setiap zaman.

Musik Mendes terbukti mampu menembus era berikut generasi penghuni zaman. Ia juga melewati batas-batas kultural. Kemampuan itu, menurut Mendes, terletak pada semangat musik yang lahir dari kehidupan. Termasuk kehidupan para seniman alam Afrika yang diperbudak peradaban kapitalis. Daya hidup mereka membekaskan keindahan auditif. Itu yang ditangkap Mendes dan akan disebarkannya di Java Jazz. "Itu adalah semangat suka cita, gembira, penuh senyum, dan pesta ria. Semua orang diundang, ayo!" Mas Que Nada! (Frans Sartono)

Kompas, 02 Maret 2007

No comments:

Post a Comment