Monday, October 08, 2007

Wine Talk


“Wine is the drink of the gods, milk the drink of babies, tea the drink of women, and water the drink of beasts.” (John Stuart Blackie)

Wine lebih dari sekadar social drink, banyak orang terjerumus menjadi penyuka wine sehingga minuman yang ini menjadi teman akrab, baik saat santai, party, maupun teman saat bersantap. Well, berterima kasihlah pada berbagai wine store maupun wine lounge yang menjamur di kota ini. Berikut ini sedikit penjelasan beserta panduannya bagi Anda kaum amatir. Let's toast!

What is it? Wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). Bagaimana dengan cara pembuatannya? Wine dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Minuman ini terdiri atas beberapa jenis, seperti yang akan dijabarkan berikut ini. Tidak perlu dihafal, paling tidak Anda tahu wine jenis apa yang sedang Anda minum.

Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia antara lain merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir.

White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur hijau yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc.

Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda, dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine.

Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbondioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut, dan diberi label Champagne.

Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga rasanya menjadi manis.

Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20,5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya.

Sumber : FREE! magz
October 06, 2007