Sunday, November 04, 2007

Bukan Bombastis


Tidak bisa disangkal laju pertumbuhan internet di Indonesia didorong oleh kehadiran berbagai situs blog yang mudah digunakan dan digemari oleh siapa saja serta mampu menghadirkan fenomena penting dalam perkembangan teknologi komunikasi informasi.

Dengan demikian ketika dibuat Pesta Blog yang disponsori oleh berbagai pihak dan dinyatakan Menkominfo sebagai Hari Blog Nasional pada Sabtu 27 Oktober yang lalu, kita merasakan ada hal penting dan luput menjadi perhatian semua pihak.

Bagi kita, tidak penting pencanangan bombastis menjadikan angka bloggers Indonesia menjadi satu juta atau lebih karena esensi permasalahannya bukan jumlahnya, tapi fenomena tingginya lalu lintas posting dan komentar ke situs-situs blog buatan Indonesia sehingga masuk ke dalam radar Blog Belt versi majalah BusinessWeek.

Bagi kita, fenomena maraknya situs blog Indonesia adalah peluang penting untuk menumbuhkan teknologi komunikasi informasi. Yang tidak ditangkap oleh para pejabat Departemen Kominfo adalah fenomena blog di masyarakat Indonesia, banyak memakan bandwith ke luar negeri karena umumnya situs-situs blog Indonesia ditempatkan di berbagai server luar negeri.

Padahal, fenomena blog Indonesia ini harusnya ikut menciptakan terjadinya perputaran roda ekonomi secara keseluruhan sehingga para penyedia jasa akses internet serta mereka yang terlibat dalam keseluruhan perangkat teknologi komunikasi informasi ikut menikmati pertumbuhan fenomenal ini.

Pemerintah seharusnya bersikap lebih responsif menghadapi kenyataan blog Indonesia ini. Bukan dengan berbagai pencanangan bombastis melipatgandakan hal-hal yang tidak bisa memengaruhi keseluruhan kehidupan sosial ekonomi kita.

Kita mementingkan terjadi dan terbukanya peluang dan persaingan usaha, menjadikan akses internet lebih murah memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang memanfaatkan fenomena blog Indonesia.

Artinya, sudah waktunya pemerintah menata sistem type approval produk-produk teknologi komunikasi informasi yang sekarang berlangsung tidak adil dan penuh dengan kecurangan. Mahalnya berbagai produk teknologi antara lain karena type approval dilakukan secara tidak transparan, menyebabkan terjadi kolusi yang berlebihan.

Maraknya blog Indonesia merupakan kesempatan kita ikut masuk ke dalam sistem jaringan global sebagai pemain utama. Karena itu Menkominfo jangan sampai terpengaruh oleh para pembisik yang selalu menyalahan media massa tradisional tentang kemajuan teknologi komunikasi informasi. Peluang sudah tersedia, tinggal kita meramunya dengan benar.

Kompas, 05 November 2007

No comments:

Post a Comment