Monday, December 03, 2007

Mengisi Celah Pasar Busana Anak-anak


Banyak desainer bermunculan tapi jarang yang mengkhususkan diri menggarap pasar anak-anak. Ahmad Sofiyulloh, yang dikenal dengan karyanya Sofie Design, salah satu yang sedikit itu, meluncurkan yang busana khusus anak-anak yang diberi label 1.2.b.

Dengan brand consultant dari MakkiMakki, 1.2.b diperuntukkan bagi anak-anak kota besar, pria dan wanita, dengan usia 6 – 12 tahun, dengan SES A (primary) dan B. Dunia “tweens” adalah dunia anak-anak dan “remaja tanggung” yang penuh dengan keceriaan. Dunia anak-anak adalah dunia sekolah, PR, eskul, hangout, berkumpul dengan teman, nonton TV, surfing internet, bersama keluarga…

1.2.b disesuaikan dengan dunia mereka, lingkungan pergaulan, orang-orang di sekeliling mereka, pahlawan/hero yang dikagumi, apa yang mereka suka, dan tentu saja “my coolness, my Style”.

My Own Diva(o)!
Seperti yang sealu dikatakan orang tua, “setiap anak adalah bintang bagi dirinya sendiri”. Dan kita tahu bahwa kadang-kadang mereka ingin menjadi pusat perhatian di antara keluarga atau lingkungan yang lebih luas. Mereka selalu mengaca, selalu menunjukkan kebolehannya di di depan banyak orang, dan seterusnya.

Menjadi favorit adalah keinginan universal anak-anak, entah itu bisa direalisasikan atau tidak, mereka mempunyai perasaan sebagai bintang. Masing-masing anak mempunyai bakat menjadi bintang yang muncul dari dalam dirinya. 1.2.b berusaha memahami ini, sifat dan perilaku “tweens” yang menganggap dirinya adalah bintang dari diri mereka sendiri, “I am my own star and I want to celebrate my own stardom”.

Ide utama desain 1.2.b™ adalah konsep “A Star in Me”, yang aspiring, unique, dan style conscious. 1.2.b™ menonjolkan kebintangan anak-anak yang ditampilkan dalam atribut fashion. “Brand personality 1.2.b™ adalan adalah anak-anak yang kreatif dan berani menampilkannya ke dalam gaya busana,” ujar Ahmad Sofiyulloh, anggota APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), yang pernah mendapat berbagai penghargaan, antara lain Finalis Concour Indonesia Des Jeunes Creatures de Mode, Jakarta (1994), Juara III Indonesian Fashion Competition (1995), The Best 3 Winner versi FTV an Moet & Chandhon, Bali Fashion Week (2002), dan Runner Up The Best Performance Bali Fashion Week (2005).

Lebih jauh, 1.2.b™ adalah personifikasi anak-anak 10 tahun “tween” (laki-laki atau perempuan) yang stylish dan selalu update dengan hal-hal yang baru. Selalu ceria, terbuka, dan mencoba berbagai pengalaman baru yang menggugah sisi adventurous-nya. Suka bereksperimen, berani tampil dengan menonjolkan sisi orisinalitas yang dimilikinya. Imajinasinya adalah selalu bersentuhan dengan segala kreativitas yang membuatnya menjadi pribadi yang fun dan cool. (Burhanuddin Abe)

No comments:

Post a Comment