Thursday, October 08, 2009

Jasa Pemandu atau Pemesanan Tiket


LAYANAN pihak Hotel atau penginapan tidak saja terbatas pada hal-hal umum seperti membersihkan kamar atau menyedikan santapan bagi para tetamu. Tapi juga bisa di perluas seperti pemesanan dan konfirmasi keberangkatan dengan pesawat atau wahana transportasi lain. Juga menyediakan jasa pemandu yang laik atau memiliki klasifikasi tertentu. Jay Subyakto menyatakan, ada beberapa hotel belum bisa membantunya untuk melakukan pemesanan tiket pesawat ke berbagai daerah Indonesia Timur. Hampir mirip, hal yang dikemukakan Ade Purnama atau Adep. ”Ada yang ’jago’ dalam meletakkan berbagai buklet dan brosur tempat wisata. Tapi begitu di pesan, jasa layanannya tidak ada.”

Hal demikian, tentu saja perlu mendapat perhatian pihak pengelola penginapan. Beberapa hotel berkerja sama dengan agen pemesanan tiket maupun tur dan travel, sehingga tetamu bisa mendapatkan pelayanan lebih. Bila mereka puas, tentu saja akan memberikan imbas positif. Para konsumen bisa merekomendasikan nama penginapan kepada para kenalannya, karena kelengkapan layannya.

Atau dapat juga pihak hotel memiliki tenaga outsourcing terpercaya untuk menjadi pemandu para tamu yang ingin wisata berbeda di banding yang di tawarkan agen wisata – disebut tailored-made tour. Bila tamu penginapan puas dengan sajian wisata atau layanan khusus yang diberikan pihak hotel, tentu akan di sampaikan kepada para kerabat dan calon konsumen lainnya. Jadilah hotel ini juga memiliki sentuhan pribadi yang humanis. (National Geographic Traveler, September 2009)

No comments:

Post a Comment