Thursday, October 08, 2009

Memberdayakan SDM Setempat, Ajakan Peduli pada Tamu


KETERLIBATAN para investor asing dalam pengelolaan destinasi wisata tidak mengusik Riyanni Djangkaru. ”Sejauh mereka melibatkan sumber daya manusia warga setempat, seperti sebuah eco-resort di Raja Ampat, Papua. Owner-nya berada di tempat penginapan dan melibatkan keluarga lokal sebagai karyawannya,” kata presenter cantik ini, tentang tempat penginapan yang interiornya didominasi rotan dan bambu. Selain itu, Riyanni mengaku merasa lebih senang jika owner tempat penginapan juga turut andil dalam menggalang kepedulian bersama tetamu untuk turut menjaga kelestarian dan kebersihan alam sekitar.

Terlebih destinasi wisata seperti Raja Ampat yang memiliki keindahan flora dan fauna – salah satunya, Burung Cenderawasih – serta lokasi penyelaman terbaik se–Indonesia. Seperti yang telah di kupas dalam survei yang dilakukan tim riset Majalah National Geographic Traveler sebagaimana dimuat dalam edisi 3/Mei Juni 2009 bertema wisata bahari.

Kepedulian pengelola tempat menginap akan pemberdayaan tenaga kerja setempat juga mendapat nilai bagus. (National Geographic Traveler, September 2009)

No comments:

Post a Comment