Eksotisme Hidangan Sang Nyonya

Kuliner Singapura tidak jauh dengan Indonesia. Itu sebabnya, ketika berkunjung ke Negeri Singa tersebut, lidah sudah tidak asing lagi dengan makanan setempat. Nasi lemak, roti canai, laksa, itulah beberapa nama makanan yang populer. Agaknya makanan Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia, terutama dari gagrak masakan Melayu yang sama-sama makanan pokoknya nasi.

Secara garis besar masakan Singapura terdiri atas tiga jenis utama, yakni masakan China, Melayu, dan India. Masing-masing punya ciri khas dan rasa istimewa. Selain itu, juga ada masakan pembauran budaya dari masyarakat Nonya (keturunan) dan India Islam. Sedang menu-menu internasional, sebutlah makanan Eropa dan Mediterania tersedia pula. Apa saja kayaknya tersedia di negara pulau itu.

Pada suatu kesempatan ke Singapura saya ingin mencoba makanan Nonya — suatu istilah dalam bahasa Melayu lama yang digunakan sebagai tanda hormat kepada wanita dengan kedudukan sosial yang tinggi –, agaknya tidak salah kalau saya (dan gang media) memilih True Blue di Armenian Street. Inilah restoran peranakan yang mengusung nuansa kemewahan klasik, yang tercermi mulai dari dekorasi cantik hingga barang-barang pernik lainnya.

True Blue Cuisine yang berlokasi di sebelah Museum Peranakan itu berdiri pada November 2003. Ini memang bukan sekadar restoran, karena interiornya juga dirancang sesuai dengan sejarah kebudayaan peranakanan.

Di sini saya terkesan dengan perabotan antik, mulai dari lemari, meja, kursi, dan lain-lain. Beberapa perabot ternyata dijual, juga ada beberapa kebaya antik ala Nyonya tradisional, yang juga dijual di situ.

Dengan suasana yang sempurna untuk menikmati citarasa unik budaya Nyonya ini, saya mencoba berbagai masakan tradisional peranakan, seperti otak-otak, ayam buah keluak, yaitu hidangan ayam yang dimasak dengan saus kacang yang kental, serta itek tim, sup klasik yang dibuat dengan bebek, tomat, paprika, sayuran asin dan plum asam awetan yang dididihkan perlahan. Sedangkan dessert khas Nonya adalah kue dengan rasa kelapa dan aneka kue manis.

“Kami yakin, cara terbaik untuk menikmati makanan ala peranakan adalah makan di restoran ini, di mana atmosfer kebudayaan peranakan masih terjaga. It’s a living heritage,” ujar pemilik dan chef True Blue Cuisine, Benjamin Seck.

Beruntung saya dapat kesempatan mencicipi makanan peranakan di restoran yang tepat. Makanan Nonya memang berbeda dengan makanan Melayu atau pun China, meski unsur keduanya sangat kental mempengaruhi citarasa makanan ini.

Mengutip YourSingapore.com, citarasa makanan Nonya datang dari kaum peranakan, keturunan para imigran China awal yang menetap di Penang, Malaka, Indonesia, dan Singapura, untuk kemudian menikah dengan kaum Melayu setempat.

Rahasia kelezatan masakan peranakan ini adalah “rempah” yang terkandung di dalamnya, yaitu kombinasi bumbu dengan ukuran dan tekstur yang sangat spesifik, yang kemudian ditumbuk dalam lumpang atau cobek, yang menghasilkan menjadi pasta.

Makanan Nonya juga banyak menggunakan cabai, terasi, dan santan sebagai bahan penting saat memasak. Cara memasak mereka mencampurkan bahan-bahan dengan teknik memasak di wajan ala China, ditambah bumbu-bumbu yang digunakan oleh komunitas Melayu dan Indonesia untuk menciptakan hidangan yang memiliki rasa kuat, aromatik dan pedas. Hmmm… (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments