Thursday, October 21, 2010

Makin Eksis dengan Nokia N8




NOKIA, sang pemimpin pasar di industri perponselan, agaknya ingin memperkuat posisinya dengan melakukan berbagai inovasi. Salah satu tonggak pentingnya adalah meluncurkan Nokia N8. Handphone berlayar sentuh terbaru yang stylish ini sangat kaya akan fitur canggih yang sangat mendukung kegiatan kita sehari-hari. Itu sebabnya gadget asal Finlandia ini tidak sekadar “connecting people”, tapi lebih dari itu: connect, create, entertain.

Beruntung saya mendapatkan kesempatan menjajal ponsel cerdas sekaligus “gaul” ini, sebelum diluncurkan ke pasaran awal November 2010. Bagaimana tidak cerdas, sebuah telepon genggam ini dilengkapidengan kamera, yang kualitasnya setara dengan kamera digital canggih?


Ya, tim riset dan pengembangan Nokia berhasil menciptakan ponsel berkamera 12 megapiksel serta lensa Carl Zeiss, flash Xenon, dan sensor besar yang bisa disejajarkan dengan yang ada di kamera digital. Tidak hanya itu, Nokia N8 juga menawarkan kemampuan untuk membuat video berkualitas high gefinition 

(HD) dengan program penyunting terintegrasi yang intutitif, kemudian dengan mudah memilih berbagai cara untuk langsung membaginya; mengirim file-file ukuran besar ke external hard-drive melalui USB-on-the-go, atau meng-upload foto ke jejaring sosial langsung dari layar utama.

Tidak salah kalau memang kalau N8 diidentikkan dengan movie. Dalam media launching di The Ballroom, Four Seasons Hotel Jakarta, 19 Oktober lalu, suasana dibuat seperti dalam bioskop, bahkan busana para undangan pun boleh meniru karakter film favorit masing-masing – meski sebagian besar wartawan enggan mematuhi dress code seperti itu.

Yang menarik, selain presentasi dari orang-orang Nokia, hari itu dipertontonkan film cerita pendek, dengan pemeran utama Fachry Albar dan Marsha Timothy. Fim tersebut adalah sutradara Joko Anwar pun dengan memanfaatkan kamera N8, yang kualitasnya ternyata tidak kalah dengan kamera pro pada umumnya.

Nokia N8 bukan sekadar ponsel memang, tapi sekaligu videocam terbaik di kelasnya. Sebagai kamera, N8 juga tidak kalah dibandingkan dengan ponsel-ponsel pintar yang lain. Lensanya yang berkualitas HD sudah menunjukkan kemampuannya, ditambah lampu kilatnya, Xenon, yang memiliki cahaya ultra-bright, kuat menyinari objek hingga sejauh 3,5 m outdoor, atau hingga 5 m indoor. 

Nokia N8 juga memiliki shutter speed sangat cepat, antara 1/3.333 dan 1/200.000 detik. Kita dapat mengabadikan benda yang bergerak sangat cepat dalam foto dengan shutter speed sangat cepat sperti ini. Yang menarik, setting manual dalam kamera Nokia N8, seperti white balance, exposure, ISO, dan lain-lain, dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Jika terlalu rumit mengaturnya, sebaiknya memakai stelan otomatis saja, yang hasilnya pasti “aman”. Dan yang lebih penting, biar makin eksis, bisa kita share ke media sosial, seperti Facebook dan Twitter, juga situs lain. 

Smartphone Hiburan
Sesusai dengan tagline-nya, Nokia N8 secara intuitif menghubungkan pengguna ke kerabat, tempat dan layanan yang paling penting bagi mereka. Melalui Nokia N8, pengguna dapat menciptakan konten yang menarik, terhubung ke jejaring sosial yang digemari, dan menikmati acara Web TV on demand serta men-download aplikasi dan konten melalui layanan aplikasi Ovi Store.

“Nokia N8 adalah tonggak yang penting bagi Nokia, sebagai perangkat pertama yang membawa sistem operasi Symbian ke tahap berikutnya. Dengan sistem operasi terbaru Symbian^3, Nokia menghadirkan pengalaman yang lebih cepat, halus dan mudah, menjadikan smartphone Nokia semakin intuitif. Hal yang lebih menyenangkan adalah Nokia tetap menghadirkan keakraban tampilan dan fitur-fitur terbaik Symbian, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jutaan pengguna setia perangkat Nokia,” kata Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia.

Penggerak Nokia N8 adalah Symbian^3, edisi terbaru dari peranti lunak smartphone yang paling banyak digunakan di dunia, dengan beberapa tambahan utama, termasuk dukungan untuk gerakan seperti full-touch screen, flick scrolling, dan pinch zoom. 

Nokia N8 juga menawarkan lebih dari satu home screen yang dapat disesuaikan dengan keinginan penggunanya, dan dipersonalisasikan dengan berbagai aplikasi dan widget. Arsitektur grafis 2D dan 3D yang baru di platform ini sepenuhnya memanfaatkan akselerasi peranti keras Nokia N8 untuk antarmuka yang lebih cepat dan lebih responsif. Symbian^3 juga menaikkan standar kinerja dengan pengelolaan memori yang lebih besar, memungkinkan lebih banyak aplikasi untuk berjalan bersamaan, bagi pengalaman multitasking yang lebih cepat.

Andrea Facchini, Head of Marketing Nokia Indonesia, menambahkan bahwa pengguna Nokia bisa saling terhubung antarmereka. Mulai dari berkomunikasi dengan suara, SMS (pesan singkat), video call, chatting, email, jejaring sosial, online sharing; serta tetap dapat menikmati fitur-fitur teknologi dan hiburan yang menghubungkan pengguna dengan dunianya, semuanya dikemas menjadi satu, seukuran saku. 

Kemampuan luar biasa Nokia N8, baik sebagai alat komunikasi maupun pusat hiburan, menunjukkan bagaimana cara Nokia dalam menghubungkan penggunanya terus berkembang, tetapi tujuannya tetap sama: membantu pengguna di manapun memaksimalkan setiap momen dan kesempatan berarti dalam hidup mereka. 

Tidak berlebihan kalau ponsel cerdas ini disebut sebagai “smartphone hiburan”. Selain sebagai kamera dan videocam, seperti yang disebut di atas, Nokia N8 juga berperan ganda sebagai pusat hiburan portabel, pengguna dapat menikmati video berkualitas HD dengan teknologi surround sound Dolby Digital Plus, dengan cara menghubungkan Nokia N8 ke sistem home theater. 

Nokia N8 juga menawarkan layanan Web TV yang menawarkan acara, berita, dan hiburan dari berbagai saluran seperti CNN, E! Entertainment, Paramount dan National Geographic. Konten Web TV lokal dari Okezone juga tersedia dari Ovi Store. Seluruh fasilitas hiburan ini dikemas dalam tubuh aluminium yang kuat dalam berbagai warna yang menarik dengan layar kaca 3,5” AMOLED.

Navigasi Gratis, Musik Sesukamu 
Seperti smartphone Nokia lainnya, Nokia N8 dilengkapi dengan navigasi gratis dari Ovi Maps untuk panduan berjalan dan berkendara di lebih dari 70 negara di seluruh dunia, tanpa biaya tambahan. Versi beta terbaru dari Ovi Maps juga telah tersedia untuk didownload langsung dari Nokia Beta Labs untuk Nokia N8. Layanan yang telah di tingkatkan ini dapat menampilkan ketersediaan kendaraan umum di 85 kota di seluruh dunia, keadaan lalu lintas real-time, penanda kamera pengamanan, ketersediaan area parkir dan SPBU, serta pengingat batas kecepatan.

Nokia N8 memperkuat jajaran fitur hiburannya yang luar biasa dengan menampilkan layanan Musik Ovi Sesukamu, layanan download musik legal tanpa batas dari Nokia yang dulu dikenal sebagai Comes With Music. Melalui layanan ini konsumen dapat men-download lebih dari empat juta lagu dari katalog Musik Ovi.

It’s not technology, it’s what you do with it!