Absolut ‘Eatertainment’ at Benihana

Semua bisa dikaitkan dengan entertainment, sebut saja infotainment, edutainment, dan seterusnya. Ya, kata tersebut cukup sakti untuk memberi tekanan pada sesuatu tidak sekadar informasi atau pendidikan, tapi juga hiburan. Tentu tidak berlebihan kalau pengalaman berwisata kuliner kali ini saya sebagai eatertainment. Maklum, di sini tidak sekadar makan, tapi lebih dari itu, sebuah pengalaman yang menghibur. Sambil duduk di meja ala teppan yaki, sang koki juga mendemonstasikan keterampilannya yang tidak sekadar memasak.

Lokasinya di Benihana Restaurant, Grand Indonesia, East Mall lantai 3, Jakarta. Dari namanya restoran ini restoran ini jelas restoran Jepang – yang bagi lidah sebagian besar orang Indonesia sudah tidak asing lagi.

Makanan Jepang, yang juga disebut nihonshoku atau washoku, adalah makanan yang dimasak dengan cara memasak yang berkembang secara unik di Jepang dan menggunakan bahan makanan yang diambil dari wilayah Jepang dan sekitarnya. Sushi, tempura, shabu-shabu, dan sukiyaki adalah makanan Jepang yang populer di luar Jepang, termasuk di Indonesia.

Sebagian besar ahli kuliner berpendapat masakan Jepang mudah sekali dibedakan dari masakan negara tetangga seperti masakan Korea dan masakan Cina. Walaupun demikian, sejumlah makanan Korea dan Cina juga mendapat pengaruh dari masakan Jepang, atau sebaliknya.

Di Jakarta, dan kota-kota besar di Indonesia, kita dengan mudah mendapatkan restoran-restoran Jepang, mulai darirestoran mewah hingga restoran cepat saji, bahkan kelas kaku lima.

Benihara, yang dibuka 5 Mei 2010, tentu golongan yang disebut pertama, apalagi lokasinya yang berada di mal paling mewah di Jakarta saat ini. Dibandingkan dengan restoran Jepang lainnya, venue ini tergolong unik, baik makanannya maupun desain interiornya. Benhana di Jakarta agaknya memiliki desain interior terbaik dan termegah di dunia, karena berhasil menyajikan inovasi tema ‘perkampungan Jepang asli’. “Konsepnya adalah BenihanaVillage,” tukas Kevin Aoki putra Rocky Aoki, pendiri Benihana.

Beinhana memang restoran franchise, yang uniknya bukan berasal dari Jepang, tapi Amerika Serikat. Benihana Jakarta, selain menyandang predikat desain terbaik, juga merupakan satu-satunya restoran di dunia yang memiliki tiga konsep sekaligus, yaitu restoran, bar, dan lounge, dengan total luas area 1.400 meter persegi.

Sohornya merek dan kesuksesan Benihana tidak terlepas dari hasil kerja keras dan semangat Hiroaki “Rocky”Aoki sebagai pendiri Benihana pertama di kota New York, pada 1964. Saat ini Benihana telah memiliki l02 cabang yang tersebar di 18 negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Romania, Rusia, Inggris, Dubai, Jepang, Thailand, dan lain sebagainya, menjadikannya sebagai salah satu perusahaan restaurant-franchise tersukses di dunia. Salah satu buktinya adalah restoran ini termasuk satu dari sedikit restoran yang tercatat sebagai perusahaan publik di Wall Street, Amerika Serikat.

Rocky berhasil menciptakan transformasi kultur dalam restoran Jepang, dengan cara mempersiapkan bahan makanan di meja teppan yaki, untuk kemudian dimasak langsung di depan tamu oleh para chef, yang sudah mendapatkan training khusus tentu. Chef berkarakter fun dan entertaining menjadi salah satu kriteria utama, karena restoran ini menyajikan aksi akrobat sambil memasak, selain interaksi personal dengan pelanggan.

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments