Tuesday, November 02, 2010

Hawker Street Food




KETIKA kita ke manca negara biasanya tidak melupakan kuliner setempat. Berpetualang rasa mencari makanan lokal yang unik, tidak peduli di restoran mewah hingga warung kaki lima – semuanya itu memberi kesan tersendiri.

Jika Anda kangen dengan makanan kaki lima ala Singapura, tidak salah kalau Anda mampirlah ke The Ritz-Carlton, Jakarta. Sebab sejak hingga 20 Oktober – 7 November 2010 hotel yang berlokasi di Mega Kuningan ini menggelar promo 'Singaporean Hawkers Street Food'. Venue yang dipilih adalah Asia Restaurant yang terletak di lobby level, dan dibuka langsung oleh Mr. Vincent Billiard selaku Executive Assisten Manager The Ritz-Carlton.

Atmosfer makanan kaki lima ini sudah terasa sejak kita memasuki Asia Restaurant, Anda akan disambut oleh jejeran aneka rempah-rempah yang khas negara-negara Asia. Tentunya tak ketinggalan, sentuhan ala hawkers terasa di tiap gerai makanan. Memang, festival makanan ini tidak hanya menghadirkan aneka jajanan kaki lima ala Singapura, tetapi juga Malaysia, Vietnam, Thailand, Vietnam, dan juga Indonesia.

Jika di Singapura Anda akrab menyambangi daerah-daerah seperti Hawker Newton Circus, Lau Pa Sat, Geylang Serai Market atau Golden Mile yang merupakan hawker center di negara tersebut, tidak perlu khawatir, Anda akan dapatkan di Asia Restaurant kali ini. Sebut saja Mussle Omelet yang merupakan telur dadar yang dimasak dengan kerang, Fried Beef Kwetiaw akan langsung diracik sesaat sebelum dipesan, Bakut Teh, Singapore Chilli Crab, Broccoli with Scallops, Salty Fish Bean Sprout, Prawn Garlic Sauce, Fried Tofu with Garlic Chili, atau Hokian Mee with Prawn yang lezat, dan masih banyak lagi. Harga buffet mulai dari Rp. 198,000 per orang.

Kesemua makanan tersebut diramu langsung oleh Chef de Cuisine, Syaiful Bahri bersama tim kulinari The Ritz-Carlton, Jakarta. ‘Wok Station’ adalah salah satu favorit para pengunjung, berbagai mi bisa didapatkan di gerai ini, sebutlah Fried Hokian Mee with Prawn, fried kwetiau, bahkan Bakmi Jawa.

Bagi penyuka lomie Anda dapat saksikan langsung cara koki memasak yang merupakan atraksi tersendiri. Ada dua pilihan lomie, yakni lomie dengan kuah asam pedas atau kuah kalsu sapi atau biasa disebut lonzhu. Khusus bagi penyuka hidangan berkuah juga tidak perlu khawatir, ada station yang menyediakan laksa dan tom yam. Hmmm…

Bakut Teh adalah makanan khas Singapura yang sangat populer, juga bisa Anda cicipi sepuas hati di sini. Makanan ini memang mengandung babi, tapi disajikan dalam buffet tersendiri dan dimasak dalam dapur terpisah pula, sehingga tidak ‘mengganggu’ makanan lainnya yang mayoritas halal.

Untuk penyegar dahaga, Anda dapat menikmati berbagai minuman yang berupa signature mocktails, seperti Spice Islands atau Green Marina Bay, sedangkan untuk cocktails disediakan Singapore Sling dan Pink Lady, yang akan menjadi pelengkap hidangan makan siang atau malam.

Para tamu juga dapat menikmati pengalaman santapan dengan ditemani penampilan live music yang akan menyempurnakan suasana santap bersama hanya di Restoran Asia di The Ritz-Carlton, Jakarta. Maknyus! (Burhan Abe)

http://www.perempuan.com/index.php?comp=myday&do=index&id=38&param=MTE6MDI6MTA6MDU6MTE6NDk%3D

No comments:

Post a Comment