Sunday, December 05, 2010

Akhirnya, UGM Bersiap Gelar Wisdom 2010!



UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) akhirnya mewujudkan pelaksanaan perhelatan World Conference on Culture, Education & Science (Wisdom) 2010 yang akan berlangsung pada 5-8 Desember 2010 di kampus UGM. Sebelumnya, Wisdom 2010 direncanakan pada 8-11 November 2010 dan terpaksa tertunda akibat dampak letusan Gunung Merapi.

“Kami sangat bersyukur bahwa kini Pemerintah sudah menetapkan kembali Kota Yogyakarta sebagai daerah aman untuk dikunjungi dan Bandara Adisucipto sudah beroperasi dengan normal,” kata Rektor UGM Prof Sudjarwadi kepada Kompas.com, Jumat (3/12/2010).

Ketua Organizing Committee, Prof Atyanto Dharoko menyampaikan, salah satu keynote speaker pada Wisdom 2010 tersebut adalah tokoh konservasi kreatif dunia, Jean-Michel Cousteau dari Perancis. Jean-Michel, selain dikenal sebagai pemerhati lingkungan dan produser film bertema kelautan, juga menjabat sebagai Executive Vice President Cousteau Society dan Pendiri serta Presiden Ocean Futures Society, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang konservasi kreatif kelautan dan pendidikan.

Adapun dalam kaitannya dengan musibah letusan Gunung Merapi, seluruh peserta Wisdom 2010 akan diajak melakukan lawatan ke beberapa desa dan lokasi pengungsian korban letusan Gunung Merapi. “Post-Merapi Eruption Social Program” ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi para peserta untuk memahami “The Spirit of Merapi” yang menjadi akar kearifan lokal yang telah ada dalam masyarakat sekitar Merapi selama berabad-abad.

Kunjungan tersebut juga sekaligus untuk menunjukkan kepada para peserta tentang betapa pentingnya kearifan lokal untuk berperan sebagai sumber daya alam yang ikut menjaga Merapi dan penduduk di sekitarnya. Peserta juga akan diajak mengunjungi beberapa lokasi sejarah dan budaya di Yogyakarta. (Kompas, 3 Desember 2010)

http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/03/11461262/Akhirnya..UGM.Bersiap.Gelar.Wisdom.2010.

No comments:

Post a Comment