Monday, December 06, 2010

Pembicara Wisdom 2010: Jean-Michel Cousteau


PENJELAJAH, pemerhati lingkungan, pendidik dan produser film - selama lebih dari empat dekade, Jean-Michel Cousteau telah mendayagunakan pengalamannya yang begitu luas untuk menyampaikan kepada berbagai bangsa dan generasi cinta dan perhatiannya bagi planet kita yang begitu luas perairannya. Sebagai anak dari penjelajah samudra terkenal Jacques Cousteau, Jean-Michel banyak menghabiskan hidu

pnya dengan keluarganya menjelajahi lautan dunia dengan kapal Calypso dan Alcyone. Demi menghormati warisannya, Jean-Michel mendirikan Ocean Futures Society pada tahun 1999 untuk melaksanakan pekerjaan perintisan ini.

Diakui sebagai corong (kepentingan) laut yang berkomunikasi dengan generasi baru, Jean-Michel muncul dalam fitur spesial DVD untuk karya Pixar / Disney berjudul “Finding Nemo” (“Exploring the Reef with Jean-Michel Cousteau”) dan dalam “Coral Reef Adventure”, diproduksi oleh MacGillvray Freeman Film IMAX. Selain itu, ia juga memproduksi dan muncul dalam fitur spesial DVD, "Case of the Sponge Bob," untuk Paramount Pictures “SpongeBob SquarePants: The Movie”. Dia juga adalah seorang presenter dan konsultan untuk “Sharks 3-D”, film fitur IMAX Jean-Michel bekerja sama erat dengan Green Cross International dan Natural Resources Defense Council pada isu-isu global mengenai keamanan di perairan, perlindungan wilayah laut sensitif, pencegahan tumpahan minyak, dan pencegahan penggunaan sistem sonar yang merusak kehidupan laut, terutama lumba-lumba.

Sebagai Wakil Presiden Eksekutif Cousteau Society selama hampir 20 tahun, dan sekarang sebagai Pendiri dan Presiden Ocean Futures Society, Jean-Michel berkeliling dunia, bertemu dengan para pemimpin dan pembuat kebijakan di tingkat akar rumput dan para pejabat tertinggi di bidang pemerintahan maupun bisnis. Dia berdedikasi mendidik anak-anak muda, mendokumentasikan cerita-cerita mengenai perubahan dan harapan, dan memberikan reputasi dan dukungannya untuk menggerakkan para pihak yang sejalan untuk perubahan yang positif.

Ocean Futures Society, sebuah organisasi nirlaba di bidang konservasi laut dan pendidikan, menyuarakan (kepentingan) laut di semua media tentang ikatan penting antara manusia dan laut serta pentingnya kebijakan lingkungan yang bijaksana. Sebagai pemimpin Ocean Futures, Jean-Michel bertindak layaknya seorang diplomat lingkungan yang bersemangat, menjangkau publik melalui berbagai media.

Selama lebih dari 30 tahun, Jean-Michel dan timnya telah melakukan suatu program pendidikan lingkungan yang aktif kini disebut 'Duta Lingkungan Hidup' di lebih dari tujuh negara, menjangkau ribuan orang secara pribadi dan mendalam untuk mengubah pandangan tentang kehidupan yang berkelanjutan dan tanggung jawab pribadi terhadap lingkungan. Program unik ini berbasis di darat dan laut, bertempat di daerah-daerah yang lingkungannya belum terjamah, berupa resor-resor liburan dan di kapal-kapal pesiar.

Baru-baru ini, ia telah terlibat dengan Resor Kepulauan Fiji Jean-Michel Cousteau, yang dirancang untuk menunjukkan sebuah resor keluarga berorientasi lingkungan dan budaya, untuk membuktikan kepada komunitas bisnis manfaat ekonomi dari mempraktekkan kepedulian dan desain (berbasis) lingkungan. Untuk memperluas dampak pariwisata ekologis, ia membuat ‘L’Aventure Jean-Michel Cousteau’, suatu kegiatan selam (dengan kapal) di sebuah resor di Fiji yang menyandang namanya. Saat ini ia membentuk sebuah kemitraan aksi untuk memperluas model yang peduli kehidupan lingkungan ke tempat-tempat/situs-situs lain. (Senin, 6 Desember 2010

No comments:

Post a Comment