Tuesday, February 08, 2011

Aha, Yummy Mommy


Isn't that woman a hottie? She's a yummy mommy! Yup, istilah ini kini mulai populer, meski di AS, misalnya, sudah tidak asing lagi. Mereka adalah perempuan matang, sudah menikah (atau menjanda), dan punya anak, tapi sangat mandiri. Tidak hanya cantik, tapi mereka adalah perempuan-perempuan atraktif dan seksi. 

MENGARUNGI hidup sendirian tanpa suami adalah cobaan terbesar bagi para perempuan yang pernah menjadi istri. Mencari nafkah dan menghidupi anak sebagai single parent bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi bagi sebagian perempuan hidup tidak harus mereka lalui dengan meratap, tapi justru dengan semangat hidup yang luar biasa. Tidak beda dengan orang-orang lain yang menikmati hidup: work hard, play hard, atau party hard!

Setidaknya begitulah yang kehidupan yang dijalani – sebutlah Shakira, 37 tahun, yang berpenampilan layaknya perempuan sosialita, yang berkat kerja kerasnya, materi tidaklah menjadi masalah. Janda beranak dua itu tanpa suami mampu survive, punya pekerjaan sebagai pengusaha garmen dan yang cukup untuk menikmati hidup. “Saya sekarang malah punya banyak waktu, sehingga sehingga semiinggu sekali bisa berkumpul dengan teman-teman,” ungkap mantan model itu.

Berkumpul dengan teman-teman bukan berarti membuang waktu percuma, sebab dari situlah networking tetap dibina. Shakira tidak membantah bahwa fisiknya yang menawan menjadi salah satu modal untuk mendapat pergaulan yang luas, “tapi yang lebih penting kan ini,” katanya sambil menunjuk jidatnya. “Dan yang lebih penting, bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada,” tambahnya.

Shakira tidak sendiri, setidaknya ada Dewi Ivo, Lita Gading, dan Priskila Evalianitha, yang kebetulan diwawancara ME Asia. Hampir satu setengah tahun, Dewi Ivo, yang berzodiak Libra ini hidup tanpa menjanda. Meskipun demikian, perempuan yang memfavoritkan hitam sebagai warna kesukaannya ini tetap bersinar dalam kariernya, dan tegar kala mengarungi realita kehidupan bersama buah hati tercinta, Anindra Januardhi Subandhi.

Sementara Lita Gading, yang ditinggal mati suaminya tidak perlu sedih berkepanjangan. Ia tetap menjalani profesinya dengan passion yang tinggi. Psikolog ini mempunyai keahlian di bidang grafologi (menganalisis karakter seseorang melalui coretan tangan, termasuk tanda tangan dan tulisan tangan) serta fisionomi (menganalisis karakter melalui guratan wajah manusia). 

Ditambah dengan profesinya sebagai artis sinetron dan FTV membuat perempuan kelahiran 10 September 1975 boleh dibilang berhasil meraih kesuksesan dalam menafkahi ketiga buah hati tercintanya, Tashiani Candra (15 tahun), Nikchiko Candra (10 tahun) dan Alamanda Candra (9 tahun).

Ada pun Priskila Evalianitha dikenal sebagai produser dan wirausahawan, dan kini menjabat sebagai Ketua Departemen Perfilman & Industri Musik BPD Hipmi Jaya. Sejak bercerai tahun 2006 silam, perempuan kelahiran Ujung Pandang, 15 Oktober 1977 ini mulai bangkit menghilangkan trauma dan mencoba belajar membuka hati asmaranya bagi sosok pria yang diidamkannya. Namun, hingga kini Dewa Cupid masih belum meliriknya. Padahal, dari penampilannya, perempuan mempunyai tinggi 171cm dan berat 65 cm, sangat menyala. “Memang belum jodoh,” kata ibu dari seorang putra bernama Daniel Adriel Alvandi.

Bukannya Eva Lian, demikian ia disapa, tidak merasa kesepian, tapi kesibukannya yang seabrek mengalihkan perhatiannya hanya pada persoalan jodoh. “Dulu sebelum saya mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh saya merasa sepi, takut sendiri. Tapi sekarang, saya kadang-kadang takut merasa kekurangan waktu,” ujar penyuka parfum Bond No. 9 ini sambil tertawa.

An attractive, healthy, and very sexy mother! 
Menjadi ibu-ibu tidak selalu harus di rumah dan hanya kenal dengan tetangga di lingkungan rumah. Ibu-ibu masa kini mempunyai pergaulan sosial yang luas, apalagi kalau mereka sekaligus pencari nafkah dalam rumah tangga. Tidak hanya itu, mereka pun dapat menikmati hidup, dan sebagai perempuan: tetap tampil menawan.

Itulah yang disebut yummy mommy – yang di AS sudah sedemkian populer. Dalam sebuah kamus, yummy mommy didefinisikan sebagai: “Usually a young woman or sometimes a really gorgeous and hot middle aged mother. Yummy mommies usually wear trendy clothes, have great hairstyles and always look fabulous.”

Pejuangan dalam hidup memang keras, tapi ini tidak menghalangi para wanita yang disebut sebagai yummy mommy menjalani hidup dengan gaya. Usia yang tidak muda, bahkan banyak yang di atas 40 tahun, bukanlah alasan untuk tidak tampil seksi dan menawan. 

Memang, dalam industri hiburan, misalnya, selebriti (sebutlah penyanyi dan aktris) yang sudah setengah baya mulai jarang dipakai, kecuali mempunyai kemampuan yang lebih dan karakter atau ciri khas yang menonjol. Kendati demikian, ada juga sejumlah selebriti Hollywood yang tetap “bersinar” meski usianya tidak muda lagi. Mereka bahkan terlihat gaya dan seksi, sebutlah Sandra Bullock, Reese Witherspoon, Renee Zellweger, atau Christina Aguilera.

Karier mereka masih cemerlang di dunia hiburan. Christina, misalnya, meski telah bercerai dari Jordan Bratman, ia tetap menjalani hidup dengan percaya diri. Berbagai tawaran manggung dan bahkan main film pun mampir kepadanya. Film terbarunya yang diputar awal tahun ini adalah “Burlesque”.

Di fim tersebut ia memerankan sosok Ali Rose, seorang penyanyi yang cantik, seksi, tenar dan kaya. Itulah agaknya impian kebanyakan wanita Amerika Serikat. Di dunia nyata, kehidupan Christina berusia 29 tahun, ibu dari Max (2 tahun) ini tidak berbeda dengan kisah dalam film tersebut. Ia tetap menapaki karier dan mengejar mimpinya. Di luar urusan pekerjaan, ia menghabiskan waktunya dengan sejumlah kegiatan yang bermnafaat, mulai dari yoga, surfing, panjat tebing, hingga menghadiri cocktail party. “Karena roda kehidupan memang berputar,” ujarnya.

Berstatus janda dan berusia usia matang bukan berarti tak lagi punya daya tarik. Menurut Joan Collins, perempuan pada usia 50 tahun ke atas bahkan masih bisa terlihat seperti usia 35 tahun. “Kekuatan berpikir dan menghargai diri saat usia biologis tak lagi muda menjadi kunci tetap sehat dan menarik,” ujarnya.

Di Indonesia barangkali bisa disebut aktris Widyawati yang masih bersinar di usianya yang tidak muda lagi. Ada juga Five Vi dan Meriam Belina, yang cocok mewakili yummy mommy ala Indonesia.

Meski usianya tak muda lagi, yakni 45 tahun, artis Meriam Bellina masih terlihat cantik dan awet muda. Sejak bercerai dengan produser Adi Surya Abdi, ia masih betah menjanda. Artis peraih Piala Citra (1984) sebagai “Pemeran Utama Wanita Terbaik” dalam film Cinta di Balik Noda ini belum ingin mencari pasangan hidup kembali. 

Mer, demikian ia disapa, menganggap kesendiriannya membawa kenikmatan tersendiri. “Saya lebih bisa konsentrasi untuk mengembangkan karier dan mengurus dua anak saya, Albert Surya dan Nigel Pino,” ujar pemilik bibir seksi yang tetap langsing dengan berat 48-49 kg itu.

Ada pun Five Vi, yang bernama asli Vivi Rahmawati, merasa bersyukur memiliki tubuh yang seksi. Dengan memiliki tubuh demikian, janda beranak satu ini mengaku menerima banyak tawaran main film. "Alhamdulillah, rezekiku tidak pernah putus, dan aku merasa bersyukur," ujar wanita kelahiran Mojokerto, 12 September 1979 ini. 

Yummy mommy! Inilah tren gaya hidup mutakhir yang erat kaitannya dengan dunia pencitraan. Sebagai krem di ujung permukaan industri gaya hidup keberadaan mereka sering dipandang dengan skeptis meski diam-diam mereka impikan. Padahal di balik kemewahan dan glamouritas ada perjuangan hidup, ada kisah yang mungkin getir di balik panggung yang gemerlap! (Burhanuddin Abe)

ME Asia, Februari 2011

1 comment: