Monday, February 14, 2011

My Funny Valentine




VALENTINE’S Day boleh saja diperdebatkan di Indonesia, apakah layak dirayakan atau tidak? Nyatanya, Valentine's Day memang tradisi yang berakar dari Katolik itu, saat ini sudah menjadi fenomena sosial budaya. 

Kebanyakan orang yang merayakan Valentine kini tidak ambil pusing dengan latar belakang atau sejarah tentangnya. Anak-anak muda, dengan latar belakang keyakinan apa pun, juga tidak peduli siapa yang sebenarnya diperingati, tanggal 14 Februari tetaplah dianggap sebagai momen yang tepat untuk melakukan hal-hal yang barkaitan dengan pengungkapan kasih sayang.

Juga tidak bisa dimungkiri, Valentine’s Day juga dianggap sebagai waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk menaikkan penjualannya dan mengeruk keuntungan yang besar. Tidak hanya kafe dan restoran, pusat perbelanjaan, hotel-hotel ternama pun menggelar acara yang berkaitan dengan perayaan cinta tersebut. Tidak berbeda dengan saat perayaan hari-hari besar lainnya, entah itu Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan sekarang Imlek.

Wartawan seperti saya setiap tahun sibuk menghadiri undangan, entah itu konferensi pers, atau undangan khusus untuk menghadiri makan malam sehubungan dengan dengan Valentine’s Day. Yoshi Izakaya, misalnya. Restoran Jepang yang baru dibuka di Gran Melia Jakarta awal tahun ini juga menawarkan Valentine’s Set Menu seharga Rp 598.000. Restoran yang menghadirkan Tomoaki Ito - sushi chef berpengalaman dan sukses di Asia ini menyajikan sushi dan sashimi sebagai menu andalannya.

Chef jebolan Hattori Nutritions Colleague dan Universitas Indonesia ini juga menyiapkan menu khusus yang otentik Jepang. Selain makanannya, Yoshi Izakaya mempunyai atmosfer yang menawan – yang dideain oleh Warner Wong dari Wow Design Architect, sehingga cocok sebagai tempat makan malam yang romantis.

Katakan dengan mawar oranye! Unik dan jarang digunakan orang untuk mengungkapkan kasih sayang di hari Valentine, dan itulah tem yang diusung oleh Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading Jakarta pada saat Valentine’s Dinner, 14 Februari 2011.

Hotel yang memang identik dengan warna oranye ini menyediakan paket set menu spesial untuk berdua. Paket Valentine’s Dinner yang diadakan di Harris Café ditawarkan dengan harga Rp 265.000 per pasangan, sudah termasuk mawar oranye, minuman selamat datang dan hiburan musik hidup. 

Ada pun pilihan makanannya, Executive Chef Sayuzi menyiapkan tiga pilihan menu untuk masing-masing appetizer, sup, main course dan dessert. Ia merekomendasikan Pan Sir Foigras served with apple caramelize and stuff quail egg with Caviar atau tumis ati angsa dan telur puyuh isi telur ikan segar disajikan dengan irisan apel gula mentega sebagai pilihan appetizer.

Untuk main course, chef yang telah berpengalaman belasan tahun di hotel bintang empat dan lima ini mengandalkan Grilled Lamb Rack Fondant Potatoes and Sauté Forest mushroom candied shallot in Red Wine sauce atau Iga Kambing Panggang dengan kentang gurih dan tumis jamur disajikan dengan saus anggur merah. Sedangkan menu dessert yang patut dicoba adalah Duo Chocolate Mousse served with Berry Sauce atau cokelat lembut dengan dua rasa pilihan disajikan dengan saus berry. Ketiga menu pilihan konon melambangkan cinta dan kasih sayang yang tulus dan romantisme.

Tidak ketinggalan, Pastis Kitchen & Bar terletak di Aston at Kuningan Suites, Jakarta, juga menyiapkan suatu santapan makan malam yang romantik bagi pasangan yang ingin merayakan Valentine. Dikelilingi oleh mawar merah dan lilin, para tamu dapat menikmati empat set makan malam yang dimulai dengan Amuse-Bouche lezat, diikuti Love Salad yang segar dengan saus cranberry dan Sup Jamur. Tamu dapat menambahkan sentuhan hidangan laut dengan Pan Fried Dory with Tomato Sauce. 

Sementara bagi para pecinta daging, tamu dapat menikmati Australian Beef Sirloin with Wine Sauce atau Pan Fried Chicken Breast with Beer and Onion Sauce. Romantisnya malam berakhir pada catatan manis dengan Strawberry Panna Cotta yang nikmat.

Valentine’s Day bagi pasangan yang romantis seharusnya memang menjadi kenangan manis. Seperti lagu “My Funny Valentine” yang dinyanyikan dari generasi ke generasi, mulai dari Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, Chet Baker, Rod Stewart, Michael Buble, hingga Christina Aguilera.

My funny valentine/ Sweet, comic valentine/ You make me smile with my heart/ Your looks are laughable, unphotographable/ Yet your my favorite work of art/ Is your figure less than Greek?/ Is your mouth a little weak?/ When you open it to speak, are you smart?

Don't change a hair for me/ Not if you care for me/ Stay little valentine/ Stay/ Each day is valentine's day

No comments:

Post a Comment