Coffe As Pure As It Comes

KOPI sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan kehidupan saya saat ini. Bahkan jauh sebelumnya, nongkrong di warung kopi sudah menjadi kebiasaan baru. Selain atmosfernya yang memberi inspirasi kepada para pengunjungnya, termasuk para mobile worker seperti saya, a cup of joe mampu menggugah selera dan membangkitkan spirit – di luar fakta melaui berbagai riset tentang manfaat minuman berwarna hitam luar biasa ini.

Itu sebabnya, ketika ada ajakan untuk berkongko-kongko di Pacific Restaurant & Lounge untuk ber-evening coffee, tiada keraguan untuk menyetujuinya. Saya berdua dengan Rian Farisa, eksekutif perbankan pecinta kuliner dan mempunyai blog gastronomyaficionado.com. Sementara sang host adalah Angelina dan Hanny Gunawan dari The The Ritz-Carlton Jakarta.

Memang restaurant & lounge yang terletak di lantai enam Hotel The Ritz-Carlton Jakarta itu bukanlah sebuah coffee shop. Tapi tentu saja, duduk di sofa di venue ini, menyeruput kopi sambil mengintip dari kaca atas kesibukan kota Jakarta, sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan. 

Desain sempurna dengan dekorasi suasana yang nyaman oleh Hirsch dan Bedner Singapore, restoran ini memiliki tiga area, yaitu lounge, bar dan kemudian area restoran itu sendiri, serta juga tersedia empat ruangan khusus untuk makan malam. Desain restoran memperlihatkan campuran elemen dari marmer dan perabotan kayu dengan warna tanah dan jendela kaca yang besar mempersilakan tamu untuk menikmati pemandangan terbaik dari Jakarta.

Restoran menawarkan berbagai menu yang spesial dengan menonjolkan premium grills dengan memperlihatkan kelezatan dari Asia dan Mediterania dipadukan dengan tapas style. Area lounge merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati acara minum teh sore ala tradisional Inggris, pilihan untuk makanan ringan, resepsi koktail, dan koleksi cerutu yang bermacam-macam dan gabungan koktail terbaik ketika menikmati percakapan dengan teman atau rekan bisnis.

Pacific yang elegan dapat mengakomodasi lebih dari 100 tamu untuk makan malam dengan kombinasi restoran dan area lounge yang akan menjadi tempat untuk berkumpul yang eksklusif dan elegan untuk acara makan formal maupun informal.

Khusus sore itu tujuan utama adalah menikmati minuman kopi, dan kebetulan Pacific baru saja memperkenalkan koleksi kopi berkualitas dari seluruh dunia sejak awal Maret 2010. Kopi-kopi eksklusif ini akan disajikan secara murni dengan metode French press di mana biji kopi akan dipanggang terlebih dahulu tepat sebelum diseduh. Enam varian kopi yang terkenal dari berbagai belahan dunia mulai dari kopi Brasil yang agak manis hingga kopi beraroma tinggi yang berasal dari Toraja, Indonesia akan disajikan bagi pecinta kopi.

Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi ternyata mengandung antioksidan yang tinggi, dan kabarnya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Photo by Mae Mu on Unsplash

Yang jelas, sampai saat ini kopi masih tercatat sebagai salah satu minuman paling populer di dunia. Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas terbaik) dan robusta. Sejarah mencatat bahwa kopi ditemukan pertama kali oleh orang Etiopia di Afrika sekitar 3.000 tahun (1.000 SM) yang lalu. Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan. Di Turki qahwah disebut kahveh, di Belanda disebut koffie, dan seterusnya sehingga masing-masing negara mempunyai istilah tersendiri. 

Indonesia sendiri menggunakan kata kopi, yang konon penyerapan dari kata koffie. Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tidak kurang dari 400 ribu ton kopi per tahun yang dihasilkan dari bumi pertiwi ini. 

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments