Saturday, May 21, 2011

Tour de Singkarak 2011: Sport + Tourism

234 Pebalap 15 Negara Rebutkan Hadiah Rp 750 Juta

MENTERI Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik bersama dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar meresmikan peluncuran perhelatan Tour de Singkarak 2011 di Balairung Soesilo Sudarman, kantor Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI pada Jumat, 20 Mei 2011. 

Acara peluncuran ini menandai siap digelarnya perhelatan akbar Tour de Singkarak 2011 yang diselenggarakan di Sumatera Barat pada 6 – 12 Juni 2011 mendatang. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik menyampaikan, “Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2011 adalah bukti bahwa citra pariwisata Indonesia dan khususnya Sumatera Barat demikian baik diterima oleh dunia internasional. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan dari Union Cycliste Internationale bukan hanya diramaikan oleh tim pebalap internasional, namun juga pelancong mancanegara yang ingin ikut menyaksikan lomba dan menikmati keindahan kekayaan alam dan budaya Sumatera Barat.”

Tour de Singkarak 2011 akan melombakan 7 etape yang berjarak total 739,3 km, melewati 12 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Ketujuh etape tersebut adalah; Etape 1 Padang, Etape 2 Padang-Sicincin-Pariaman, Etape 3 Pariaman-Bukittinggi, Etape 4 Bukittinggi-Lembah Harau, Etape 5 Payakumbuh-Sawahlunto, Etape 6A Sawahlunto-Istana Basa Pagaruyung, Etape 6B Istana Basa Pagaruyung-Padang Panjang, Etape 7A Padang Panjang-Danau Kembar dan Etape 7B Danau Kembar-Danau Singkarak. 12 Kabupaten dan Kota yang terlibat dalam perhelatan ini adalah Pemerintah Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten 50 Kota.

Sementara itu, dalam paparan Tour de Singkarak 2011 yang disampaikan oleh Dirjen Pemasaran Kembudpar Sapta Nirwandar dijelaskan bahwa 2011 adalah penyelenggaraan tahun ketiga lomba balap sepeda internasional yang bertema sport tourism dan memperebutkan total hadiah uang sebesar 750 juta rupiah. Tahun ini, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI mengundang Amaury Sport Organization (ASO), penyelenggara Tour de France, salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia, untuk hadir dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan Tour de Singkarak. Lebih jauh, Kementerian berharap konsultasi dengan ASO akan membawa perhelatan ini menjadi lebih populer dan besar gaungnya di kancah internasional.

Tour de Singkarak 2011 diikuti oleh 234 pebalap sepeda dari 15 tim/negara meliputi; Jepang, RRC, Iran, Indonesia, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, Taipei, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kirgistan dan Spanyol. Indonesia sendiri menurunkan 11 tim nasional. 15 tim mancanegara meliputi; 1. Azad University – Iran, 2. Tabriz Petrochemical Cycling Team – Iran, 3. CCN Colossi – berbagai Negara, 4. Giant Kenda Cycling Team – Taipei, 5. 7 Eleven – Filipina, 6. Aisan Racing Team – Jepang, 7. Action Cycling Team – Taipei, 8. Plan B Racing Team – Australia, 9. Holy Brother Cycling Team – RRC, 10. Global Cycling Team – Belanda, 11. Trenggganu Pro Asia Cycling Team – Malaysia, 12. Team Fuji – Taipei, 13. Eddy Hollands Bicycle Services – Australia, 14. Le Tua – Malaysia dan 15. Hongkong. Sementara itu tim nasional yang turut serta dalam lomba adalah; 1. Araya Indonesia – Sidoarjo, 2. Custom Cycling Club – Jakarta, 3. Polygon Sweet Nice – Surabaya, 4. Putra Perjuangan – Bandung, 5. United Bike Kencana Team – Malang, 6. Tirta Cycling Team – Solo, 7. Binong Baru Passel – Cirebon, 8. DKI Jakarta – Jakarta, 9. Peng – ISSI Prov. Sumbar, 10. Prima Utama – Pelatnas Sea Games dan 11. Prima Muda – Pelatnas Sea Games.

Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2011 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan 12 Kabupaten/Kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara. Partisipasi dan dukungan tersebut meliputi hadiah lomba, liputan media daerah, perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan sarana dan prasaran lokasi Start & Finish serta perlengkapannya, penyelenggaraan jamuan makan, pengamanan kegiatan dan pengaturan lalin serta penyediaan cinderamata.

No comments:

Post a Comment