Monday, July 04, 2011

Cantiknya Sukhothai

MAKANAN Thailand sudah tidak asing di lidah orang Indonesia. Itu sebabnya restoran ala Thai di Jakarta selalu dipenuhi dengan pengunjung. Saya berkesempatan mengunjungi salah satunya, Restoran Sukhothai, Authentic Thai Fine Dining Restaurant, berlokasi di Sheraton Media Hotel & Towers, Jakarta, lantai 6.

Yang menarik, tidak hanya makanannya yang sesuai selera, dengan ciri khas masakan Thai yang pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, dan asam. Bolehlah saya membayangkan suasana di Bangkok, sebuah restoran yang berada di tepi Sungai Chao Phraya dengan pemandangan yang menakjubkan. Atau menjelajah ruas-ruas jalan di Bangkok yang dipenuhi penjaja makanan yang lezat. Mencicipi Som Tum (selada pepaya pedas), mie Thai, Khao Tom Pla (sup nasi ikan), Tom Yum Talay (sup hidangan laut), atau Khao Man Gai (nasi ayam).

Memang tidak sama persis, tapi konsep Restoran Sukhothai memang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kuliner yang lengkap ala Thai. Nama ‘Sukhothai’ dalam bahasa Indonesia berarti cantik. Sesuai dengan sebutannya, Sukhothai didekorasi dengan aneka hiasan khas Thailand, seperti stupa, patung gajah dan sebagainya. Di sisi luar restoran terdapat taman dan kolam kecil dengan tanaman-tanaman yang bernuansa Thailand. Nuansa Negeri Gajah ini diperkuat dengan seragam para karyawannya yang mengenakan pakaian tradisional Thailand.

Restoran Sukhothai berkapasitas tempat duduk untuk sekitar 64 orang dengan lay out menyerupai lesehan, dan disediakan sandaran serta bantal sebagai tempat duduk. Restoran ini menyediakan aneka hidangan khas Thailand baik berupa a la carte maupun set menu.

Menurut Mohamamd Iqbal, Marketing & Communications Manager Sheraton Media Hotel & Towers Jakarta, Sukhothai kini juga memiliki promosi Eat Till You Drop, di mana pengunjung bisa menikmati makanan khas negeri gajah sepuasnya dengan harga hanya Rp 129.000 net per orang. Minuman tradisional khas Thailand juga dihidangkan seperti Thai Ice Tea dengan daun teh yang khusus diimpor dari negara asalnya, serta Thai Coffee

Masakan Thai mencakup makanan dan minuman serta cara memasak khas Thailand. Di negara itu terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut, Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar, mulai dari cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan, jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi, gula jawa, hingga asam.

Bersantap di Sukhothai seperti menjelajahi keistimewaan citarasa Thailand, dan kita tidak sadar bahwa kita masih berada di kawasan Sheraton Media Hotel & Towers, Jakarta. Hotel ini bagian dari Starwood Hotels & Resorts Worldwide, Inc., adalah satu-satunya hotel berbintang lima yang berlokasi di Jakarta bagian utara yang memberikan beraneka ragam fasilitas dan pelayanan bertaraf internasional untuk tamu bisnis baik domestik maupun internasional yang datang ke Jakarta. Lokasi hotel yang sangat strategis, dekat dengan Pusat Perbelanjaan terluas di Asia Tenggara, Mangga Dua Shopping Complex, Jakarta International Expo dan Bandar Udara Internasional.


Starwood Hotels & Resorts Worldwide, Inc. adalah salah satu perusahaan pengelola hotel dan bisnis hiburan terkemuka di dunia dengan kepemilikan 1,025 properti di sekitar 100 negara dan lebih dari 145.000 karyawan di seluruh properti yang dikelola. Starwood Hotels benar-benar merupakan sebuah jaringan kepemilikan, pengelola dan franchise hotel, resor dan perumahan dengan brand-brand ternama internasional, seperti St. Regis®, The Luxury Collection®, W®, Westin®, Le Méridien®, Sheraton®, Four Points® by Sheraton, juga Aloft(SM), dan Element(SM).

Bon Appetit. Khob Khun Krab!

No comments:

Post a Comment