Thursday, July 14, 2011

Helios Residences & Le Nouvel Ardmore

INDONESIA semakin diperhitungkan oleh Singapura. Tidak heran, perusahaan sebesar Wing Tai Asia pun yang berkedudukan di Negeri Singa itu tidak segan-segan mengundang wartawan dari Indonesia untuk melihat langsung produk properti mereka, Helios Residences dan Le Nouvel Ardmore, 4 – 6 Juli lalu.

Bukan sekadar mengundang, Wing Tai dengan konsultan PR, MSL (Singapura) dan Cognito (Indonesia), memang benar-benar memberikan servis yang total kepada undangan, saya dan 7 wartawan lain yang mewakili 6 media – Siti Nuraisyah Dewi (Bisnis Indonesia), Aulia Sungkar (Hi End), Tina (Pikiran Rakyat), Kezia Ponggawa (Bravacasa), Virginia Tam (Registry), Bayu & Tommy Tjokro (Metro TV). 

Begitu sampai ke Bandara Changi, Singapura, kami langsung dijemput dengan Mercedes Benz, yang sepanjang  journalist trip menemani kami ke mana-mana. Cara mengadakan konferensi pers dan media gathering pun mereka sangat profesional, tidak hanya kontennya yang lengkap dan memadai, tapi atmosfer yag mereka ciptakan pun sesuai dengan apa yang ingin mereka sampaikan.

Tidak hanya itu, di luar acara inti pun, mereka juga memperhitungkan tema tur secara keseluruhan – mulai dari makan siang di venue yang unik, evening cocktail di apartemen yang ingin mereka kenalkan, hingga wine dinner di restoran fine dining ala Prancis Gunther’s.  Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Menurut Len Siew Lian, General Manager, Property of Wing Tai Holdings Limited., sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa efek Singapura, pembeli properti mereka sebagian besar adalah Indonesia. Hanya 45% warga Singapura yang memberli properti di Negara Singa itu, 55% adalah orang asing. “Dari jumlah pembeli asing tersebut, 60%-nya adalah warga negara Indonesia,” katanya.

Kendati demikian, bukan asal propduk properti yang bisa diminati warga asing, termasuk Indonesia. Selain konsepnya yang unik, lokasi juga menentukan. Helios Residences, misalnya, terletak di lokasi yang sangat strategis, di Cairnhill Circle, yang hanya selemparan batu ke Orchard Road, kawasan paling bergengsi, pusat perbelanjaan dan hiburan nomor satu di Singapura. Orchard Road yang telah diperbarui dilengkapi mal-mal baru dan resor terintegrasi di kawasan Marina Bay. Mal-mal tersebut antara lain ION Orchard, 313@Somerset, Paragon dan Orchard Central.

Kondominium dengan dua menara itu berlantai 20 dengan jumlah unit 140. Dengan luas tanah  80.000 kaki persegi, Helios Residences dirancang oleh Harold Guida dari Guida Moseley Brown Architects (Australia). “Boleh dikatakan, ini adalah proyek bergengsi dengan kepemilikan mutlak (freehold) di lokasi yang tepat,” ujar Len.

Ada pun Le Nouvel Ardmore adalah proyek pengembangan terbaru Wing Tai bekerjasama dengan Jean Nouvel, arsitek ternama dunia dan pemenang the Pritzker Architecture Prize 2008 dan Wolf Prize in Arts 2005. Pengembangan kondominium dengan kepemilikan mutlak yang memiliki satu menara dan 33 lantai ini terletak di Ardmore Road, salah satu kawasan utama di Singapura. Ini merupakan gedung tempat tinggal pertama yang didesain secara detail oleh Nouvel di Singapura dan Asia, terdiri dari 43 tempat tinggal eksklusif dan masing-masing memiliki luas 3.800 meter persegi.

Sesuai reputasinya, Le Nouvel Ardmore memberikan definisi baru the New Ardmore kepada kawasan elite dengan membawa gaya dan kehidupan baru dan menonjolkan gaya bersahaja pembeli yang berasal dari kelompok elite untuk menunjukkan apresiasi terhadap arsitektur monolitik yang diekspresikan secara murni dan sederhana oleh Jean Nouvel, seorang arsitek penganut gaya arsitektur modern.   

“Jean Nouvel adalah seorang arsitek yang menjadi panutan arsitek lainnya. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami dapat terpilih menjadi rekan kerja di proyek arsitektur perdana Jean Nouvel di Asia. Saya sangat puas terhadap hasil desain Le Nouvel Ardmore yang telah kami capai untuk memperkenalkan dan mempertunjukkan gaya khas Jean Nouvel di Singapura dan seluruh Asia. Le Nouvel Ardmore dapat dimasukkan ke dalam jajaran bangunan terbaik milik Wing Tai,” ujar Deputy Chairman Wing Tai Holdings, Edmund Cheng.

Yup, Jean adalah seorang master arsitektur berdasarkan pada situasi tertentu, sangat spesifik. Untuk Le Nouvel Ardmore, dia berhasil membuat jalinan luar biasa antara masa lampau dan masa depan, mineral dan tumbuhan, instan dan kekekalan, terlihat dan tidak terlihat. Pendekatannya adalah sebuah contoh keaslian dari konteks spesifikasi. “Pemahaman dan pengertiannya tentang geografi, sejarah, budaya dan karakteristik Wing Tai Holdings Limited selalu berada pada tempat yang tepat, tidak berulang dan sangat kuat,” jelas Cheng.


Nouvel menantang lebih jauh lagi konsep konvensional dari sebuah gedung apartemen tempat tinggal dan memperkenalkan sebuah konsep bungalow yang mengapung di udara. Konsep ini membolehkan setiap gedung, dengan orientasi masing-masing, membentuk logika sama tentang sebuah ruang privasi di langit maupun bungalow di atas tanah. Tinggal di apartemen luas, para penghuni akan menikmati pemandangan hijau yang berbasis pada elemen alami seperti udara, angin, cahaya dan akan terkesima oleh keindahan suasana dan langit kota terutama di the Observatoire yang terletak di lantai 26 dan 27.

Arsitektur dan Kepribadian
Jean Nouvel mengatakan, ”’Gambar harus memiliki makna luas di luar figuranya’ adalah sebuah nasihat yang diberikan oleh Diego Velázquez, guru saya dan saya selalu mengikuti pesan tersebut di sepanjang hidup saya. Itu merupakan hasrat mutlak saya”.

Demi menjawab gaya artikulasi kelas tinggi dari Nouvel, Wing Tai telah bekerjasama dengan pemenang penghargaan desain pencahayaan asal Perancis Hervé Descottes yang bekerja di L’Observatoire mencerahkan Le Nouvel Ardmore dengan sebuah cahaya kontemplatif yang memberikan refleksi internal. Pencahayaan yang sama juga mengkomunikasikan bagaimana para individu di dalam ruang pribadi mereka di dalam gedung bersama-sama mewujudkan satu kesatuan yang utuh.

Paradigma estetika urban sebagaimana terefleksikan dalam interior show suite dengan ruangan-ruangan berdetail elegan, didesain oleh desainer terkemuka Koichiro Ikebuchi dari Atelier Ikebuchi, pemenang Singapore President Design Award 2009.

Ikebuchi berkomentar, “Le Nouvel Ardmore adalah rancangan yang murni arsitektural, dengan kisi-kisi dan warna putih murni. Akan tetapi ruangan-ruangannya dibangun cukup kompleks dan menyajikan tingkat kemewahan tersendiri dalam penggunaan ruang. Tujuan saya adalah untuk menciptakan tata ruang yang dapat memuaskan gaya hidup mewah sekaligus tetap mempertahankan tujuan awal desainnya.”

Le Nouvel Ardmore adalah arsitektur yang menciptakan kebahagiaan, arsitektur yang merayakan kehidupan. Untuk pembangunannya, Nouvel telah mengadaptasi apa yang dia ketahui tentang rumah di Singapura dan kegunaan mereka. Apartemen adalah rumah luas dengan berbagai fasilitas yang siap menawarkan segala sesuatu kebutuhan penghuninya untuk menikmati hidup di iklim tropis. Tempat ini adalah arsitektur dengan inspirasi lingkungan dan menjadikan penghuni sebagai inti dari seluruh arsitekturnya.  

Dengan Service Ambassadors tersedia dengan berbagai pelayanan, penghuni dapat menikmati kemewahan pelayanan concierge serta layanan harian misalnya housekeeping dan perawatan, travel dan perencanaan acara. Tak ada permintaan yang terlalu kecil atau spesifik untuk tim Le Nouvel Ardmore. Dari individu, ke arsitektur, sampai ke perkotaan, Le Nouvel Ardmore memandang setiap aspek di dalam konteks yang lainnya dan menciptakan ekspresi arsitektur khas oleh Jean Nouvel, yang memuaskan tuntutan akan kesempurnaan.

Tidak berlebihan, Le Nouvel Ardmore menjanjikan sebuah investasi jangka panjang yang menguntungkan. Dan saat ini, para pemilik dapat merasakan pengalaman berharga tinggal di hunian eksklusif, yang memberikan kualitas dan kenikmatan hidup terbaik. Di negara dengan lahan terbatas seperti Singapura, di mana permintaaan melebihi persediaan, tempat tinggal semacam ini sangat jarang ditemukan.  (Burhan Abe)

1 comment:

  1. Artikel yang menarik..
    Salam dari sahabat di Jogja...^_^

    Universitas Islam Indonesia
    http://uii.ac.id/
    Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta

    ReplyDelete