Monday, August 01, 2011

Turkish Flavors


SUASANA Ramadhan di Indonesia selalu identik dengan Timur Tengah. Memang tidak tepat, tapi ini adalah salah satu cara umat Muslim di dunia mengidentifikasi dirinya – tentu saja di beberapa negara berbaur dengan kebudayaan setempat.  Maka jangan heran kalau masuk Ramadhan banyak restoran-restoran di Indonesia yang menghias diri dengan pernak-pernik yang berbau Timur Tengah, bahkan menu-menu yang dipilih pun berasal dari khasnah dunia Islam.

The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, adalah salah satu contohnya. Ramadhan tahun ini, hotel yang berlokasi di Sudirman Central Business District (SCBD) ini telah mempersiapkan serangkaian acara berbuka puasa dimulai dari Pacific Restaurant & Lounge yang menghadirkan Turkish Chef Ismail Donmez dari The Ritz-Carlton, Istanbul dan beberapa paket berbuka puasa untuk perusahaan ataupun corporate iftar di meeting room dan ballroom dengan total luas 7.800m2.

Seperti biasa, saya dan teman-teman wartawan mendapat kesempatan untuk mendapatkan preview, alias icip-icip makanan, 29 Juli lalu, yang nantinya akan dihidangkan sepanjang Ramadhan. Bersama Chef Ismail Donmez kami dapat pelajaran memasak ala Turki, dan tentu saja mencicipi hidangannya. Di antaranya mantarli biorek- fillo pastry isi, kasarli kofte- domba atau ayam cincang dengan campuran bumbu rempah, chicken yayla kebab, dolmasi disertai dengan hidangan penutup istimewa baklava dan sultan lokmasi- buah ara kering Turki yang direndam.

Hidangan itulah, dalam acara yang disebut Turkish Flavors, mulai tersedia sejak 31 Juli hingga 29 Agustus 2011 di restoran, yang berlokasi di lantai 6 hotel. Berbagai hidangan Turki, Timur Tengah dan Indonesia siap menyambut para tamu berbuka puasa bersama dengan keluarga, kerabat ataupun rekan bisnis. Harga paketnya Rp 258.000++ per orang termasuk free flow jus, sedangkan anak-anak berusia 5-12 tahun dapat menikmatinya dengan harga Rp 158.000++ per anak.

Bagi para tamu yang memilih berbuka puasa dalam suasana yang lebih santai di area terbuka, Turkish Chef Ismail juga mempersiapkan hidangan panggang spesial Timur Tengah, antara lain Shawarmas, Arabic grilled fish, Egyptian beef kebab di 8 Lounge, yang berlokasi di lantai 8 hotel dengan setting taman dengan minimum pemesanan untuk 30 orang. Harganya dimulai dari Rp  288.000++.

Untuk corporate iftar, departemen Catering & Conference Services dan tim culinary yang dipimpin oleh Executive Chef Sean MacDougall telah mempersiapkan sejumlah pilihan hidangan menu Indonesia, Chinese dan Timur Tengah untuk disajikan pada waktu berbuka puasa pada saat ataupun sesudah corporate gathering. Harga dimulai dari Rp 228.000++ per orang.

Ramadhan pun ternyata bisa dilalui dengan ceria, apalagi kalau di sebuah venue yang berkelas.  Pacific Restaurant & Lounge merupakan kombinasi dari restoran dengan lounge dan bar yang nyaman dengan pemandangan kesibukan kota Jakarta yang dinamis. Desain dengan dekorasi suasana nyaman oleh Hirsch dan Bedner Singapore, restoran ini terbagi menjadi tiga area yaitu area lounge, bar serta area restoran termasuk empat ruangan privat untuk bersantap. Desain restoran merupakan gabungan elemen marmer dan perabotan kayu dengan warna tanah dengan jendela kaca yang besar, memberikan keleluasaan tamu untuk menikmati pemandangan terbaik dari Jakarta.

Pacific Restaurant & Lounge yang elegan dapat mengakomodasi lebih dari 100 tamu untuk bersantap dengan area lounge yang akan menjadi tempat untuk berkumpul yang eksklusif dan elegan untuk acara formal maupun informal.

Restoran dengan konsep a la carte buffet, yaitu prasmanan namun dengan presentasi porsi personal yang ditata dengan detil oleh tim kulinari di bawah pimpinan Executive Chef Sean Macdougall dan Chef de Cuisine Reuben Winantyo, menawarkan pula berbagai menu yang special dengan menonjolkan premium grills dengan memperlihatkan kelezatan dari Asian dan Mediterranean dipadukan dengan tapas style.

Area lounge merupakan tempat yang cocok untuk menikmati acara minum teh sore ala tradisional inggris dengan berbagai pilihan makanan ringan, resepsi koktail, dengan beragam koleksi cerutu serta berbagai racikan cocktails untuk dinikmati dengan mitra bisnis, teman atau keluarga.

Marhaban Ya Ramadhan!

No comments:

Post a Comment