Wednesday, December 28, 2011

Coffee Cupping


Topik ANTV: Komunitasn Pencicip Kopi

….kopi merupakan salah satu minuman paling digemari banyak orang yang tidak saja  sekedar diteguk, tapi benar-benar dinikmati dalam berbagai suasana. Baik saat memulai kegiatan di pagi hari, bahkan menjelang malam saat pekerjaan menumpuk pun kopi menjadi pilihan paling nikmat. Saat ini bisnis kopi  telah menjadi bisnis miliaran dolar yang hanya mampu disaingin oleh bisnis minyak bumi.

Kata kopi berasal dari bahasa Arab Qahwah yang berarti kekuatan. Selanjutnya kata kopi yang kita kenal saat ini berasal dari bahasa Turki yaitu kahveh yang kemudian  menjadi koffie dalam bahasa Belanda atau coffee dalam bahasa Inggris. Dan kata inilah yang diserap kedalam bahsa Indonesia menjadi kopi.

Semula kopi digunakan sebagai makanan, dimana seluruh biji kopi dihancurkan dan ditambah minyak sedikit lalu dari adonan ini dibuat berbentuk bundar sebagai makanan. Sampai saat ini beberapa suku di Afrika masih memakan kopi dalam bentuk seperti itu. Bahkan kemudian kopi juga diigunakan sebagai pengganti minuman anggur dan berkembang lagi manfaatnya sebagai obat untuk migrain, sakit kepala, gangguan jantung, asma kronis dan gangguan buang air. Namun tetap saja bila mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih dapat berakibat buruk seperti meningkatkan asam lambung, menyebabkan ketegangan bahkan mempercepat detak jantung….

No comments:

Post a Comment