Friday, June 29, 2012

From India with Kebab



Di antara kuliner dunia, makanan India termasuk yang paling susah ‘berdamai’ dengan lidah saya. Tapi pandangan tersebut tidak berlaku ketika saya menemukan gagrak makanan India yang lain, yakni kebab, di Sailendra Restaurant, Jakarta.

Di restoran yang terletak di JW Marriott Hotel itu kita seakan-akan diajak berpetualang rasa melintasi India melalui makanannya yang unik – dengan tajuk “From India with Kebab” yang berlangsung selama 8 hari (mulai 30 Juni hingga 7 Juli 2012).

Event ini diadakan untuk menyambut musim panas di belahan Bumi sana, dan Sailendra Restaurant mengajak tamu-tamu untuk berkeliling India dengan hidangan spesial ala Chef Zulficar Kareem, Chef de Cuisine dari Pune Marriott Hotel and Convention Centre, India.

“Selama festival makanan India ini berlangsung, buffet Sailendra Restaurant siap menyuguhkan hidangan-hidangan kebab yang khas dari India,” ujar Bruno Bohl, director of food and beverage JW Marriott Hotel, Jakarta.

Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, Chef Zulficar adalah ahli dalam menyajikan hidangan dari India. Ia menunjukan keahliannya dalam membuat kebab dan merasakan keunikan dari negara India melalui rasa kebabnya. Dari tangannya lahir kelezatan aneka kebab, seperti tandoori champ (potongan daging domba yang dibumbui dengan cengkeh yang dipanggang di dalam tandoori-tungku tradisional India), bhatti da murgh (ayam panggang tradisional yang dibumbui dengan bumbu-bumbu khas India), machi tawa masala (hidangan ikan yang ditumis dengan lada hijau), makai aur moong phalli ki tikki (hidangan kacang dan jagung yang ditumis), palak aur chane ki shammi (hidangan bayam, kacang lentil yang ditumis dengan daun ketumbar), dan masih banyak lagi.

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama ‘kebab’? Tidak salah, kebab lekat dengan hidangan tradisional dari Timur Tengah, dengan bumbu rempah-rempah yang kaya dan rasanya yang sangat menggugah selera.

Hidangan ini berasal dari Timur Tengah dan banyak sekali diadopsi di negara-negara lainnya seperti Turki, Asia Tenggara dan benua Asia lainnya, kebab adalah hidangan daging yang dimasak dengan cara dipanggang di dekat api besar dengan potongan-potongan kecil atau besar, biasanya disajikan dengan atau tanpa roti.

Di negeri asalnya, kebab terbuat dari daging domba akan tetapi sekarang ini sangat banyak sekali varian rasa yang dapat kita temukan di mana-mana seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan, daging babi bahkan sayuran.

Chef Zulficar datang ke JW Marriott Hotel Jakarta bukan hanya untuk membuat kebab, akan tetapi untuk memperkaya hidangan-hidangan sarapan yang biasa disajikan di Sailendra dengan sejumlah makanan yang bukan hanya lezat, akan tetapi juga khas dari negara India.

So, tidak ada salahnya merasakan pengalamann berwisata kuliner dengan kebab ala India, seperti paneer parantha (potongan keju yang dibumbui dengan jahe, cabai hijau dan jinten lalu dimasukan ke dalam adonan gandum dan dimasak dengan api besar), medhu wada (pangsit goreng dari kacan lentil putih), ajwaini tawa parantha (adonan gandum yang dibumbui dengan carom seed (sejenis rempah khas Timur Tengah) yang dimasak di atas wajan panas), channa masala (kacang polong yang dimasak dengan bawang bombay dan rempah-rempah dari India) dan banyak lagi yang lainnya.

Hidangan kebab untuk makan siang dan makan malam ini tersedia dalam paket denga harga Rp268,000++ per orang.

Datang dan alami sendiri keunikan kuliner ala India, bersiaplah untuk memanjakan lidah dengan hidangan kebab. Acha, acha, acha!


No comments:

Post a Comment