Wednesday, September 25, 2013

Ken Dedes



SIAPA tak kenal Ken Dedes, sosok wanita yang selama tujuh abad menjadi kisah besar di tanah Jawa. Jika pada masa itu ada kontes Miss World, pastilah ia terpilih. Maklum, selain cantik, Ken Dedes memiliki sex appeal yang sangat besar. Secara fisik dia adalah kecantikan yang sempurna pada masa itu: berkulit kuning gading serta sintal, dengan dada dan pinggul besar. 

Pesona Ken Dedes itulah yang kemudian membuat sang suami, Tunggul Ametung, tergila-gila kepadanya. Ia juga menggunakan daya tariknya untuk memikat Ken Arok yang lebih muda, perkasa, dan berambisi besar – yang kelak berhasil menggulingkan Kertajaya raja Kadiri, dan memerdekakan Tumapel menjadi sebuah kerajaan baru.

Meski ada yang meragukan kebenaran cerita tersebut sebagai bagian dari sejarah, kisah tersebut telah melegenda. Tidak hanya Ken Dedes, ada juga kisah Rara Mendut, Dayang Sumbi, Ratu Kalinyamat, atau Ronggeng Dakuh Paruk. Kecantikan yang mampu mengguncang dunia memang selalu menarik dibicarakan, bahkan dalam budaya kuno sekali pun.

Berbagai kisah dalam sejarah tak melulu bertutur tentang intrik kekuasaan dan politik. Di dalamnya ada pula muatan erotis berupa fantasi liar yang dipoles sangat halus. Di balik kekayaan alam yang berlimpah ruah, khazanah budaya Nusantara bersanding dengan eksotisme yang menghidupinya, termasuk juga erotika di dalamnya. (Male Zone - MALE Magazine)