Friday, December 13, 2013

Chatting


Selain SMS yang populer, siapa yang tak kenal apikasi chatting? Yup, saat ini banyak pilihan aplikasi chat di ponsel. Teknologi ponsel yang makin berkembang membuka ruang bagi para developer untuk lebih banyak berkreasi, baik dari sisi fungsi maupun fitur.

Kehadiran aplikasi chat yang semakin mumpuni ini membuat layanan SMS seolah mati suri – paling tidak keberadaannya tidak seperti dulu. SMS tidak bisa menyediakan sisi fun bagi pengguna ponsel pintar. Sementara itu, aplikasi chat pada dasarnya memang diciptakan untuk melengkapi ponsel pintar.

Memang, di antara begitu banyaknya pilihan yang tersedia, hanya beberapa yang mampu bersinar dan mengungguli pesaing aplikasi chat lainnya. Saat ini setidaknya ada empat nama aplikasi mobile chat yang populer, khususnya di Indonesia, yakni WhatsApp, Line, Kakao Talk, dan WeChat.

Posisi tertinggi masih dipegang oleh WhatsApp, yang hadir pada 2009. Fungsi yang dimiliki mirip yang diberikan BlackBerry Messenger, yang pada saat itu masih eksklusif. Selain teks, aplikasi ini menyediakan fasilitas suara, gambar, video, dan lokasi GPS. WhatsApp berhasil menarik pengguna BlackBerry ikut memakainya sebagai aplikasi chat alternatif.

Line menghadirkan konsep chat yang lebih segar dan fun, merupakan evolusi baru dunia chat. Salah satu yang menjadi poin unggul Line adalah adanya fasilitas Sticker, yang menurut Detikinet, mampu menghasilkan keuntungan 1 miliar yen per bulan – di luar penghasilan yang lain.

Pemain lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah Kakao Talk dan WeChat. Keduanya memiliki strategi yang hampir sama dengan yang ditawarkan Line. Lahir pada 2010, atau setahun lebih dulu daripada Line, Kakao Talk juga memiliki model bisnis dengan menawarkan Sticker dan game sebagai wadah berbisnis.

Adapun WeChat, yang populer di Cina, mengklaim telah meraih lebih dari 100 juta pengguna. Pertumbuhan WeChat tergolong pesat. Pertumbuhan pelanggannya, menurut hasil Global Web Index, mencapai 1.021 persen di dunia sejak kuartal pertama hingga kuartal ketiga tahun ini. (Burhan Abe)

Sumber: MALE Zone, Male Magazine 59 http://male.detik.com