Wednesday, January 15, 2014

E-Commerce


Belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Kemudahan, hemat waktu, dan tenaga, menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi semua ini tidak hanya dilakukan via desktop atau laptop, tapi juga via smartphone yang tentu lebih praktis.

Berbagai layanan belanja online tak hanya menyasar produk fashion ataupun elektronik, tapi juga kuliner dan paket wisata. Kemunculan e-commerce penunjang gaya hidup masa kini, tentu bukan suatu kebetulan, tapi berkaitan dengan naiknya pendapatan rata-rata orang Indonesia.

Pendapatan kelas menengah Indonesia saat ini sudah menembus US$ 4.000, naik dua kali lipat dibanding tahun lalu, dan banyak yang memprediksi akhir tahun 2014 bisa mendekati US$ 5.000. “Sebanyak 50 persen populasi Indonesia usianya di bawah 30 tahun dan mereka adalah usia produktif yang well educated, punya pekerjaan bagus, dan berpikir pada hal-hal lifestyle,” ujar Rama Mamuaya, CEO DailySocial.net, situs berita mengenai teknologi web dan Internet, memberikan analisis.

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna Internet yang cukup tinggi, ada yang menyebut kini mencapai 74 juta. Tak pelak lagi, Indonesia sebagai pengguna terbanyak di Asia Tenggara, dan sekitar 4,5 juta orang berbelanja secara online pada 2013. Ada memprediksi angka tersebut akan meningkat hingga 8,7 juta pada 2016. 

Cukup banyak pelaku e-commerce di Indonesia, baik kategori startup maupun yang besar, yang beroperasi di Indonesia. Lazada.co.id, Zalora.co.id, Berrybenka.com, Tiket.com, Rakuten Belanja Online (RBO), dan Qraved.com, untuk menyebut beberapa.  Mereka mendapat berkah dari maraknya bisnis online di Indonesia, bahkan RBO, misalnya, telah menjadi salah satu anak perusahaan Rakuten yang tumbuh paling cepat di dunia.

Menurut Andry Suhaili, CEO dan founder PriceArea, mesin pencari e-commerce kepada Tech in Asia, nilai perputaran uang di e-commerce di Indonesia, tercatat sekitar US$ 1,8 miliar, dan akan meningkat hingga US$ 4,49 miliar pada 2016. Yup, ada potensi luar biasa dalam bisnis Internet serta e-commerce di Indonesia.  (Burhan Abe)

Sumber: MALE 64 http://male.detik.com