Wednesday, February 05, 2014

Mata Uang Virtual




Setelah mata uang virtual bitcoin yang kontroversial, demam mata uang digital atau cryptocurrency agaknya terus berlanjut. Setidaknya, kini ada sekitar 80-an mata uang serupa, sebutlah peercoin, namecoin, worldcoin, hobonickels, gridcoin, fireflycoin, zeuscoin, bbqcoin, atau litecoin.

Dengan mata berbagai mata uang digital tersebut, para investor berharap memetik keuntungan dengan cepat. Bitcoin, yang dirilis pada 2009, nilainya terus naik.

Bitcoin dicetuskan oleh Satoshi Nakamoto. Orang dapat “menambang” bitcoin dengan memakai komputer dengan formula matematika tertentu. Bitcoin kemudian dapat diperdagangkan secara digital. Investor juga bisa membeli dan menjualnya melalui bursa online. 

Koin-koin baru biasanya memakai prinsip dasar yang sama dengan bitcoin namun dengan algoritme yang sedikit berbeda. Namun, menurut Greg Schvey, kepala riset Genesis Block, periset dan perusahaan data pelacak mata uang digital asal New York, tidak semua mata uang digital itu sukses di pasaran. “Koin-koin ini hanya akan bernilai besar di tangan yang tepat,” jelasnya. (Burhan Abe)

Sumber: MALE 67 http://male.detik.com