Sunday, April 27, 2014

125 Tahun Glenfiddich

The World’s Most Awarded Single Malt Scotch



“Come Join Us for An Exclusive Tasting of The World’s Most Awarded Single Malt Scotch.” Undangan dari Glenfiddich itu cukup menggoda, apalagi acara dengan beberapa media secara terbatas itu dipandu langsung oleh Matthew Fergusson-Stewart, Brand Ambassador untuk William Grant & Sons di Asia Tenggara dan veteran di industri wiski.

Suatu kehormatan, bersama beberapa teman media, saya bisa mencicipi minuman mahal itu di Artoz Bar, Energy Building 2nd Floor, Jakarta, 23 April 2014

Apa sih Glenfiddich itu? Tidak lain adalah wiski Scotch single malt yang paling banyak memperoleh penghargaan di dunia dan tahun ini merayakan 125 tahun sebagai penggagas pembuatan wiski, menampilkan berbagai pilihan wiski mulai dari malt yang paling favorit – Glenfiddich 12 Year Old – sampai dengan yang paling langka Glenfiddich 50 Year Old. Glenfiddich bangga untuk terus melanjutkan inovasi dari penemunya, William Grant, untuk menciptakan minuman terbaik.

12 Years
Glenfiddich 12 Year Old
Glenfiddich 12 Year Old merupakan pionir dari kategori single malt Scotch wiski yang terkenal dan paling banyak disukai dibandingkan dengan single malt Scotch wiski lainnya. Didiamkan selama 12 tahun di dalam drum kayu ek dari Amerika dan Spanyol, peraih berbagai penghargaan dan pengakuan global, wiski ini merayakan sensasi petualangan dari Glenfiddich.

Glenfiddich 12 Year Old memiliki aroma yang lembut dengan khas kesegaran buah dan sedikit aroma buah pir. Rasanya manis dengan aroma buah, yang kemudian berkembang menjadi butterscotch, cream, malt dan rasa ek halus. Di bagian akhirnya terasa lebih lama dan lembut.

Glenfiddich 15 Year Old
Dibuat dengan menggunakan proses distilasi yang unik, Glenfiddich 15 Year Old merupakan ekspresi sejati dari sebuah merek yang penuh petulangan dan berpikir maju ke depan dalam pembuatan wiski. Setelah tersimpan cukup lama di dalam tiga tipe drum kayu ek; sherry, bourbon dan new oak, wiski dibiarkan menyatu dengan Solera Vat hingga menciptakan aroma berbeda yang kaya akan rasa buah, rempah-rempah dan madu bersatu hingga menjadikannya wiski yang original.

15 Years
Glenfiddich 15 Year Old cukup kompleks dengan rasa manisnya madu dan vanilla dikombinasikan dengan buah-buahan berwarna gelap. Rasanya yang lembut, dengan paduan aroma ek sherry, marzipan, kayu manis dan jahe – mengingatkan pada kue natal. Glenfiddich 15 Year Old memiliki cita rasa yang sangat kaya dengan rasa manis yang tahan lama.

Glenfiddich 18 Year Old
Glenfiddich 18 Year Old merupakan bukti keterampilan, rasa petualangan dan semangat kepeloporan pengrajin penyulingan. Diproduksi dalam jumlah sedikit, dengan nomor batch individual, Glenfiddich 18 Year Old mengombinasikan sentuhan manis buah dari kayu Oloroso Spanyol dan aroma ek dari drum tradisional Amerika. Setelah kurang lebih 3 bulan tersimpan, Glenfiddich 18 Year Old menjadi kaya akan kelezatan rasa yang menciptakan single malt Scoth wiski dengan tekstur yang sangat halus dan mendalam. Tiap batch adalah unik dengan kualitas yang terbaik.

Glenfiddich 18 Year Old sangat kaya dengan kematangan orchard fruit, yang ditambahkan dengan rasa buah apel dan aroma ek. Rasanya kaya akan kemewahan aroma buah kering, permen dan kurma yang dilapisi oleh aroma kayu ek yang elegan. Dengan rasa hangat pada bagian akhir, Glenfiddich 18 Year Old merupakan wiski yang berharga dan berbeda untuk dinikmati.

18 Years
Glenfiddich 21 Year Old
Glenfiddich 21 Year Old merupakan warisan dari pendekatan Glenfiddich yang inspiratif, penuh petualangan dan pionir dalam pembuatan wiski. Dibuat dengan cara yang unik selama empat bulan di dalam barel bourbon terpilih yang pernah digunakan untuk menyimpan rum dari Karibia, wiski ini memiliki cita rasa yang memanjakan dan kaya akan rasa manis toffee.

Glenfiddich 21 Year Old memiliki cita rasa yang manis dengan aroma bunga pisang, buah ara dan toffee. Rasa awalnya lembut, kemudian tajam dan memacu adrenalin, pedas, dengan sentuhan vanilla, jahe, dan jeruk nipis. Glenfiddich 21 Year Old memberikan rasa hangat dan pedas yang sangat lama di bagian akhir.

Glenfiddich 30 Year Old
Dibuat dengan ketelitian dan presisi yang luar biasa, Glenfiddich 30 Year Old merupakan ekspresi tertinggi dari standar dan jiwa petualangan Glenfiddich. Tersimpan lama di dalam Oloroso sherry dan drum bourbon – dimana semuanya dipilih langsung oleh Glenfiddich Malt Master, Brian Kinsman, untuk memastikan agar wiski tersebut memiliki kompleksitas aroma dan rasa yang luar biasa. Glenfiddich 30 Year Old merupakan wiski yang sempurna untuk menikmati hidup yang penuh petualangan.

Glenfiddich 30 Year Old memiliki rasa yang lezat dengan kombinasi aroma ek yang sempurna dengan buah dan aroma sherry yang lezat. Cita rasanya kompleks dan menggoda dengan rasa dark cholocate yang dipertegas dengan rasa manis bunga. Glenfiddich 30 Year Old memiliki rasa yang manis dan hangat yang cukup lama di bagian akhirnya.

Glenfiddich 40 Year Old
Glenfiddich 40 Year Old merupakan single malt wiski yang dibuat menggunakan sistem remnant vatting yang inovatif, dipelopori oleh Glenfiddich. Tiap tahun Malt Master kami, Brian Kinsman, memilih sendiri drum yang terbaik dan memadukannya dengan remnant sisa-sisa vatting 40 tahun yang lalu. Proses yang unik ini menghasilkan single malt Scotch wiski yang kaya akan harmoni tanpa batas.

Glenfiddich 40 Year Old sangat kaya akan buah kering, dark chocolate, kopi sangrai dan buah ceri hitam matang dan aroma kayu bakar, dan cengkeh. Rasanya yang lembut dan mewah di awal yang berasal dari buah kering, kue natal, kurma, kismis dan apel kukus yang kemudian ditambahkan dengan sedikit aroma ek kering dan rasa pahit coklat. Rasa akhirnya sangat tahan lama dan kompleks – sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Glenfiddich 50 Year Old
Glenfiddich 50 Year Old merupakan single malt wiski yang langka dan sangat otentik yang pernah dirilis oleh penyulingan paling terkenal di Skotlandia. Wiski ini merupakan produk yang paling orisinil pada saat itu, inspiratif dan penuh petualangan, yang telah menghabiskan 50 tahun dalam drum ek, menciptakan cita rasa yang kompleks dan halus selama bertahun-tahun.

21 Years
Glenfiddich 50 Year Old mengandung nilai yang sangat berharga yang hanya dapat diperoleh dengan waktu dan tetap memiliki cita rasa yang lembut dan elegan. Rasanya yang penuh harmoni dengan kedinamisan, semangat dan kompleks. Rasa awalnya manis dengan selai jeruk yang kuat dan vanila toffee, yang kemudian mengalir menjadi serangkaian lapisan: herbal aromatik, bunga dan buah-buahan lembut, ek tannin yang lembut. Rasa pada bagian akhirnya memiliki sentuhan ek kering dan sedikit aroma gambut.

Glenfiddich Rich Oak
Dibuat secara hati-hati dengan drum ek utuh dari Amerika dan Eropa, Glenfiddich dihormati sepanjang sejarah sebagai penyuling yang memiliki penguasaan kayu yang penuh petualangan dengan merilis 14 tahun Glenfiddich Rich Oak single malt Scotch wiski. Penggunaan drum ek utuh dari Eropa merupakan yang pertama untuk industri single malt wiski, menjadikan Glenfiddich Rich Oak sebagai pemain penting dalam sejarah perintis wiski yang dibuat oleh pabrik penyulingan yang paling banyak memperoleh penghargaan.

Glenfiddich Rich Oak merupakan perpaduan buah-buahan segar dan rempah-rempah. Rasa pedas ek di awal diikuti dengan rasa vanila dan kaya akan buah kering. Setelah terasa aroma buah kering, kismis dan aprikot. Dengan perjalanan waktu, aroma toffee yang lembut mucul, bersamaan dengan karamelisasi buah pir dan aroma bunga yang lembut. Glenfiddich Rich Oak memiliki rasa yang manis vanilla dengan tekstur lembut dan elegan dari sentuhan buah. Rasa awalnya lidah terasa seperti kesemutan dan pedas, setelah itu rasanya kemudian semakin dalam dan kaya dengan waktu dan memiiki rasa pedas yang dahsyat. Di bagian akhir terasa hangat dan pedas ek dengan cukup lama.

Glenfiddich Age of Discovery Madeira Cask Finish
Glenfiddich Age of Discovery Madeira Cask Finish, yang merayakan semangat petualangan dari penjelajah Portugis pada abad ke-15, merupakan Glenfiddich 19 Year Old single malt Scotch wiski pertama yang pernah ada.

Pionir rute pelayaran dari Eropa ke Thailand dan Malaysia dalam rangka mencari jalan menuju India, penjelajah dari Portugis membangun kota di Macao, di China, dan memberikan Taiwan nama ilha Formosa (pulau yang indah) dan menemukan pulau Porto Santoo dan Madeira, merevolusi pemahaman kita akan dunia.

19 Year Old Glenfiddich Age of Discovery Madeira Cask Finish memiliki aroma buah ara matang, karamelisasi buah dan pedasnya kayu manis dan lada hitam.

Glenfiddich Snow Phoenix
Pada Oktober 2010, Glenfiddich merilis Snow Phoenix – sebuah wiski yang unik yang tercipta dari kesempatan dan kesulitan yang diperingati sebagai momen drama dalam sejarah panjang Glenfiddich. Pada Januari 2010, setelah berminggu-minggu terjadi salju besar dan suhu udara yang rendah, salju padat setebal empat kaki yang menyelimuti atap penyulingan Glenfiddich menyebabkan sejumlah gudang runtuh, meninggalkan drum ek yang sudah matang terpapar hawa dinginnya malam. Di musim dingin dengan temperature -19˚C, para staff penyulingan bekerja berjam-jam untuk membersihkan salju.

Sebagai hasilnya – Glenfiddich Snow Phoenix – dibuat dari perpaduan kekuatan alam dan drum penyaring non-chil dari usia yang berbeda, termasuk ek Amerika dan Oloroso sherry. Glenfiddich Snow Phoenix adalah krim vanila berbaur dengan cita rasa apel dan pir dilengkapi dengan aroma bunga segar. Rasanya mengingatkan aroma apel yang dipanggang di atas bara api unggun, dan dimaniskan dengan madu disertai dengan sepotong coklat, kaya dan kompleks dengan aroma gula dibakar, kopi dan asap kayu. Rasanya seperti tidak pernah habis – rasa lembut sherry dengan rasa manis yang nikmat. Kemasan monokrom yang unik dan kualitas foto yang menarik terbayarkan dengan penghormatan dramatis untuk wiski yang luar biasa ini dan detail cerita yang luar biasa ini.

Tentang William Grant & Sons dan Glenfiddich
William Grant & Sons, Ltd. adalah keluarga pemilik penyulingan independen yang terkenal berkantor pusat di Inggris dan didirikan oleh William Grant pada tahun 1886. Sekarang, perusahaan spirit ini dipimpin oleh generasi kelima dan menyuling sejumlah merek Scotch wiski terkemuka di dunia, termasuk single malt Glenfiddich® paling favorit di dunia, rangkaian produk The Balvenie®, single malt yang dibuat secara tradisional dengan tangan dan blended Scotch Grant’s® terbesar ketiga di dunia serta merek spirit iconic lainnya seperti Hendrick’s® Gin, Sailor Jerry®, Milagro® Tequila dan yang paling baru, Tullamore Dew Irish Whiskey.

Informasi lebih jauh: www.williamgrant.com