Thursday, April 10, 2014

Selfie


Dalam acara penganugerahan Piala Oscar 2014, Ellen DeGeneres bersama Meryl Streep, Julia Roberts, Kevin Spacey, Bradley Cooper, Angelina Jolie, dan sejumlah bintang tenar Hollywood lainnya berfoto ria. Bukan hal yang aneh sebenarnya, tapi foto tersebut pakai ponsel, dan diunggah ke Twitter, seluruh dunia langsung tahu. Dalam waktu 30 menit, gambar tersebut di-retweet sebanyak 779.295 kali. Bahkan angka retweet pun tersebut, kalau ditotal, menembus 2.070.132!

Di era digital dan maraknya media sosial, selfie seperti virus yang menjangkiti semua orang. Tidak hanya bintang-bintang Hollywood tersebut, tapi orang-orang kebanyakan keranjingan selfie. Pada akhir 2012, majalah Time memasukkan kata ini dalam Top 10 Buzzwords. Oleh kamus bahasa Inggris, Oxford, pada November 2013, selfie dinobatkan sebagai word of the year.

Selfie alias mengabadikan diri sendiri, sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Hanya saja, sejak kamera ponsel semakin bagus dan medium untuk menaruh foto tersebut di “album” dunia maya berkembang, kegiatan ini menjadi keseharian hampir semua orang.

Memang, kebanyakan aktivitas ini dilakukan oleh mereka yang berusia muda, dan begitu happening. Kendati demikian, umur tidak membatasi kegiatan itu. Belum lama ini Jimmy Kimmel melakukan selfie bersama keluarga Bill Clinton. Contoh lain, Barack Obama bersama Perdana Menteri David Cameron dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt pun pernah heboh dengan foto selfie yang mereka lakukan (baca: MALE Zone, MALE 76 http://male.detik.com).

Yes, everybody is into selfie.