Saturday, May 24, 2014

Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive


Pernod Ricard Indonesia kembali menggelar kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive”. Ini adalah tahun ketiga program Corporate Social Responsibility (CSR) Pernod Ricard Indonesia sebagai bagian dari tanggung jawab kepada masyarakat. Ingin terus menggemakan pesan untuk pelanggannya agar tetap aman saat dan setelah menikmati minuman beralkohol, Pernod Ricard Indonesia mengajak rekan media untuk berbagi pesan ini kepada masyarakat.

“Kami ingin menjadi penyedia produk beralkohol yang bertanggung jawab. Kami ingin menunjukkan kepedulian kepada masyarakat lewat penyampaian informasi terkait langkah-langkah aman seputar mengkonsumsi produk beralkohol. Salah satu informasi terkait minuman beralkohol yang ingin terus kami gaungkan adalah don’t drink and drive,” kata General Manager Pernod Ricard Indonesia Edhi Sumadi saat konferensi pers kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive” di Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/5).


Kampanye ini berupa penyebaran informasi (edukasi) dan peningkatan awareness masyarakat terhadap konsumsi alkohol yang bertanggung jawab. Aksi ini dilakukan serentak di dunia dengan afiliasi-afiliasi Pernod Ricard di dunia. Di Indonesia, telah dilakukan tiga kali oleh Pernod Ricard Indonesia. Pada tahun 2011, tema yang diusung adalah “Don’t Drink and Drive”. Pada tahun 2012, tema yang diangkat adalah tentang risiko mengkonsumsi alkohol bagi orang yang berusia di bawah 21 tahun. Tahun 2013 dan 2014, tema yang diangkat kembali adalah “Don’t Drink and Drive” sebagai penekanan dan pendalaman kepada masyarakat tentang hal ini.

“Pernod Ricard Indonesia sangat mengutamakan konsumsi produk beralkohol secara bertanggung jawab (responsible drinking) untuk semua pihak –bagi konsumen, penyuplai, juga venue yang menjual minuman beralkohol– untuk menghindari hal-hal negatif yang dapat timbul, terutama menyangkut mengemudi kendaraan di bawah pengaruh alkohol.  Kami percaya, di masa datang, tingkat kesadaran dari masyarakat di Indonesia akan lebih baik mengenai hal ini,” imbuh Edhi.


Dalam menyampaikan pesan ini, Pernod Ricard Indonesia menggelar beberapa program, yakni:

1) Edukasi internal
Pernod Ricard secara global memiliki lebih 19.000 karyawan. Keseluruhan karyawan ini berkomitmen untuk menjadi duta kampanye “Responsib’All Day, Let’s Be Smart: Don’t Drink and Drive”. Karena, semua masyarakat memiliki tanggung jawab untuk saling mengingatkan agar semua risiko terkait alkohol dan mengemudi bisa dihindari.

Terkait hal ini, akan dilakukan edukasi kepada staf Pernod Ricard Indonesia. “Walaupun edukasi internal ini dilakukan juga secara regular dan ada code of conduct yang berlaku bagi kami untuk terus menerapkan responsible drinking, namun kami tetap akan mengedukasi staf kami,” jelas Edhi. 

2) Edukasi eksternal
Program ini digelar untuk mengingatkan dan memberi tahu masyarakat tentang risiko yang bisa dihindari dari pengaruh alkohol terkait mengendarai kendaraan.

Orchestra Mob
Pertama di Indonesia, untuk menarik perhatian masyarakat dan pengunjung Pacific Place Jakarta, pada hari Kamis (22/5) siang di area Atrium, digelar Orchestra Mob yang atraktif. Ini merupakan acara kejutan yang melibatkan 20 orang pemain musik, 10 penyanyi, dan  20 penari. Pada aktivitas kejutan ini, akan dibagikan pula flyer terkait “Don’t Drink and Drive” kepada pengunjung. Para peserta dan pegawai Pernod Ricard Indonesia juga terlibat dalalm acara ini sambil mengenakan atribut kampanye, membawa giant banner dan campaign board.

Talkshow
Untuk menggaungkan pesan lebih kencang sekaligus pemahaman lebih mendalam, akan digelar talkshow terkait acara ini dengan mengundang media serta tamu-tamu khusus.

Dihelat di Papillion Duo, Pacific Place Jakarta, di hari yang sama, acara ini menampilkan pembicara-pembicara kunci, yakni: Psikolog Tika Bisono; Chief Editor Auto Car Magazine Octo Budiharto; dan Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng. Para pembicara akan menyampaikan pandangan dan pesannya terkait konsumsi alkohol dengan bijak dan efeknya bila mengkonsumsi berlebihan secara tidak bertanggung jawab.

Booth khusus
Sebagai tindakan konkret dan lebih mendekat kepada konsumen produk beralkohol, Pernod Ricard Indonesia akan menyiapkan booth khusus di acara-acara tertentu. Booth ini bertujuan mengajak konsumen untuk lebih memahami dan melakukan tindakan pencegahan terkait program bijak mengkonsumsi alkohol. Booth khusus tersebut akan menjelaskan tentang:

Designated Driver
Di tempat yang menyajikan produk beralkohol, bila ada pengunjung yang datang bersama teman atau berkelompok, akan diminta menunjuk salah satu anggotanya sebagai designated driver, yaitu orang yang ditunjuk untuk mengendarai kendaraan mereka sepulang dari klub.

Orang yang ditunjuk diharapkan tidak mengkonsumsi alkohol selama di klub, dan berperan sebagai orang yang mengantar teman atau keluarga ke rumah dengan selamat. Sang designated driver akan diberikan gelang khusus sebagai penanda. Sebelum pulang, ia akan diminta mengukur kadar alkoholnya lewat alat breathalyzer untuk memastikan aman menjadi pengendara.

Breathalyzer
Pada booth khusus ini, Pernod Ricard Indonesia akan menyediakan alat khusus bernama breathalyzer. Alat ini berfungsi mengukur kadar alkohol dalam darah yang dites melalui nafas. Petugas khusus dari Pernod Ricard Indonesia memberikan penjelasan mengenai cara kerja alat dan hasil tes, dan akan memberikan edukasi khususnya pada pengunjung dengan kadar alkohol darah melebihi standar mengendarai mobil.

Private Valet Service
Layanan khusus lain yang ditawarkan adalah Private Valet Service, yang diharapkan bisa meminimalisasi dampak negatif dari mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Layanan ini khusus untuk pengunjung dengan kadar alkohol dalam darah lebih dari 0,5 gram per liter dan mengendarai kendaraan sendiri. Pengunjung dengan kondisi tersebut akan ditawarkan untuk diantarkan ke tempat tujuan yang diinginkan oleh sopir yang disediakan Pernod Ricard Indonesia, dengan menggunakan mobil pengunjung tersebut sendiri. Ini untuk memastikan pengunjung tiba di tempat tujuan dengan selamat dan aman.

Let’s be responsible. Let’s be smart: don’t drink and drive.