Sunday, June 08, 2014

BNI Dukung Tour De Singkarak 2014

Tanam Ribuan Mangrove & Cemara Laut


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali berpartisipasi dalam salah satu kompetisi olahraga bersepeda terkemuka di tanah air, yaitu Tour De Singkarak 2014 (TDS 2014). Seperti pada Tour De Singkarak tahun-tahun sebelumnya, kali ini BNI tetap memanfaatkan perhelatan tersebut untuk mengampanyekan pesan menghijaukan bumi dengan mendukung program penanaman Mangrove dan Cemara Laut, serta pelepasan tukik atau penyu ke habitat alam mereka.

Di sela-sela TDS 2014 yang berlangsung 7-15 Juni 2014 ini, BNI dijadwalkan akan menanam 2.000 pohon Mangrove, menanam 2.000 pohon Cemara Laut, dan melepas tukik/penyu sebanyak 145 ekor di Pantai Tiram, Padang Pariaman. Program ini searah dengan tujuan BNI, yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

Demikian diungkapkan Corporate Comunity Responsibility Nancy Martasuta yang mewakili Direktur Utama BNI Bapak Gatot M Suwondo di Padang Pariaman, Sabtu, 7 Juni 2014. Grand Start TDS 2014 ini dijadwalkan mulai dari Kantor Bupati Padang Pariaman pada sabtu siang.

Tour De Singkarak merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2009 dimana kegiatan ini memadukan unsur promosi pariwisata, budaya, dan olahraga dalam bentuk lomba balap sepeda bertaraf internasional. Kompetisi ini masuk dalam kalender tahunan road race Asia UCI (Union Cycling International). Pada TDS 2014 ini direncanakan akan menempuh jarak sekitar 1.250 kilometer yang melalui 18 kabupaten dan kota di Sumatera Barat.



Menurut Nancy Martasuta , penanaman Mangrove dan Cemara Laut merupakan salah satu upaya BNI dalam mendukung program pemerintah, yaitu menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% hingga 41%, serta menyokong program OBIT (one billion Indonesian trees) atau penanaman 1 (satu) miliar pohon setiap tahun.

Jumlah pohon yang telah ditanam BNI di berbagai wilayah di Indonesia mencapai 6,33 juta pohon. Sebanyak 1 juta pohon diantaranya ditanam sepanjang tahun 2011; sebanyak 1,30 juta pohon ditanam sepanjang tahun 2012; dan 2,53 juta pohon ditanam sejak awal tahun 2013, hingga saat ini program tahun 2014 sebanyak 1,5 juta pohon.

Untuk menjamin keberlanjutan program penanaman pohon tersebut, BNI bekerjasama dengan Paguyuban Budiasi dalam “Program Pembibitan Sejuta Pohon Tanaman Keras” di Desa Kadu Mangu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Melalui kerja sama ini, BNI mendapatkan kepastian pasokan bibit-bibit pohon untuk ditanam, mulai dari pohon trembesi, sengon, jabon, mahoni, meranti, jati, gamelina, afrika, suren serta pohon asli Jawa Barat seperti rasamala, puspa, putri, damar, menteng, kupa gowok, kemang, pala, jamblang, kemiri, dan khaya. Pada tahun 2013, BNI dan Budiasi membibitkan 2 juta pohon tanaman keras dan 10.000 tanaman langka. BNI juga bekerjasama menyiapkan pembibitan dengan Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Surakarta sebanyak 500.000 bibit pohon. 

Saat ini, BNI juga memiliki Program Hutan Kota yang dibangun melalui kerja sama antara BNI dengan mitra lokal dan pemerintah kota setempat. Program hutan kota BNI merupakan perwujudan public-private partnership dengan melibatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat lokal. Hutan Kota dan Taman Kota yang dibangun oleh BNI antara lain di Aceh, Solo, Bali, Wonosari dan kota-kota lain yang sedang dalam proses persiapan.