Wednesday, June 11, 2014

Oscar Pujol Munoz Menangkan Etape 5 Tour de Singkarak 2014


Solok, 11 Juni 2014. Etape kelima Tour de Singkarak 2014 kembali memunculkan juara baru setelah Oscar Pujol Munoz, pebalap Spanyol dari tim Skydive Dubai Pro Cycling Team (SKD) menjadi yang tercepat. Dengan mencatat waktu 2:23:42, Munoz menjuarai etape kelima yang menempuh jarak 102 kilometer dari Payakumbuh menuju Solok. Hasil ini membuat Tour de Singkarak menghasilkan lima pemenang berbeda dari lima etape yang sudah dilalui. Bebarengan dengan Munoz, di urutan dua dan tiga, pebalap Indonesia, Hari Fitriyanto dari Indonesia National Team (INA), dan Edgar Nohales Nieto, pebalap Spanyol dari Team 7 Eleven Roadbike (T7E) menyentuh garis finish dengan catatan waktu yang sama. Posisi keempat ditempati oleh Hossein Nateghi, pebalap Iran dari Pishgaman Yazd (PKY) dengan catatan waktu 2:23:47.

Untuk kategori pebalap ASEAN, pebalap Indonesia, Dadi Suryadi dari Pegasus Continental Cycling Team (PCT) untuk keempat kalinya secara berturut-turut berhasil mempertahankan jersey merah putih dengan catatan waktu 14:51:07. Disusul posisi kedua, Bambang Suryadi asal Indonesia dari  Indonesia National Team (INA) dengan catatan waktu 14:54:55. Urutan ketiga diduduki pebalap Filipina, Boots Ryan Cayubit dari Team 7 Eleven Roadbike (T7E) dengan catatan waktu 14:55:13.





Gelar raja tanjakan etape ini diraih oleh Ramin Mehrbaniazar dari Pishgaman Yazd (PKY) dengan nilai 25. Oscar Pujol Munoz menduduki urutan kedua untuk kategori ini dengan mengumpulkan nilai 16. Amir Zargari yang memperoleh nilai 15, sekaligus menempatkannya di posisi ketiga kategori tanjakan.

Untuk kedua kalinya Cris Joven dari T7E memenangkan jersey hijau setelah berhasil memenangkan sprint dengan kumpulan nilai 17. Yousif Mohamed Alhammadi dari United Arab Emirates Cycling Federation (UAE) juga meraih poin sama, tetapi harus puas berada di posisi kedua. Arvin Moazemi Godarzi dari PKY menempati urutan ketiga dengan mengumpulkan nilai 15.


Amir Zargari dari PKY mencatat waktu terbaik dengan 14:43:57, sekaligus mengantarnya untuk mengenakan jersey kuning untuk ketiga kalinya. Urutan kedua dengan catatan waktu 14:45:21 ditorehkan Rahim Emami, rekan satu timnya. Posisi ketiga dipegang Hossein Alizadeh dari Tabriz Shahrdari Ranking (TSR) dengan waktu 14:45:59. Peringkat empat diduduki Arvin Moazemi Godarzi dengan catatan waktu 14:47:20.

Ada 101 pebalap tersisa yang melanjutkan di etape 5 dari Ngalau Indah, Payakumbuh menuju Danau Singkarak, Solok. Rute kali ini relatif datar dibanding kemarin dan merupakan incaran pebalap dengan spesialisasi sprint. Tititk sprint dilakukan di Payakumbuh kilometer 17,5 dan Jl. Sukarno Hatta Batusangkar pada kilometer 69,5, sementara tanjakan level II ada di Kota Tinggi.