Sunday, June 08, 2014

Tour de Singkarak 2014

Disemarakkan Nidji dan Kolaborasi Seni Tradisi Padang Pariaman


Perhelatan akbar Tour de Singkarak 2014 resmi digelar dengan ditandai oleh pemukulan bersama gendang tasa oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni dan Ketua PB ISSI Edmound JT Simorangkir di Pantai Tiram, Padang Pariaman, Jumat malam, 6 Juni 2014.

Pembukaan Tour de Singkarak 2014 begitu semarak dengan penampilan dari Nidji yang membawakan lagu-lagu hits mereka di depan masyarakat Sumatera Barat dan peserta Tour de Singkarak 2014. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam momen istimewa ini menampilkan Kolaborasi Seni Tradisi yang menggelar seni musik Gandang Tambuar, Dampiang, Indang, Bakiak, Gendang Tasa dan Rabab Piaman. Penampilan 25 seniman dari kelompok Art Birama di bawah asuhan Pemkab Padang Pariaman ini dikreasikan oleh musisi Susandra Jaya dan khusus dipersembahkan untuk Tour de Singkarak 2014. 



Edisi ke-6 Tour de Singkarak yang akan menjelajahi keindahan alam dan seni budaya 18 kota dan kabupaten di Sumatera Barat dari 7 hingga 15 Juni 2014 ini akan dimulai Grand Start-nya di Kantor Bupati Padang Pariaman hari Sabtu, 7 Juni 2014.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu menyampaikan, “Perhelatan akbar Tour de Singkarak 2014 diharapkan akan semakin memperkuat popularitas Sumatera Barat (Sumbar) sebagai salah satu distinasi wisata favorit. Promosi pariwisata yang terpadu dalam penyelenggaraan Tour de Singkarak juga diharapkan dapat ikut meningkat dan semakin menempatkan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia”.


Lebih jauh Menteri Mari menggarisbawahi bahwa kesuksesan Tour de Singkarak yang telah terselenggara sejak 2009 merupakan hal yang membanggakan. Dari awal hanya 4 kabupaten yang ikut serta sampai dengan sekarang 18 kabupaten, dari 7 hari dan 4 etape menjadi 13 hari dan 9 etape, dari total hadiah Rp. 600 juta menjadi Rp. 1,3 milyar, dan bahwa standar penyelenggaraan dan kualitas kompetisi ini yang kian meningkat dari tahun ke tahun telah mengukuhkannya sebagai ajang olahraga balap sepeda internasional yang bergengsi. 

“Karena TDS sudah menjadi ajang balapan sepeda internasional yang masuk kalendar internasional, hal tersebut juga memantapkan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata bertaraf internasional” tutup Menteri.



Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam sambutan pembukaannya menyampaikan selamat datang di Ranah Minang kepada seluruh peserta Tour de Singkarak. Masyarakat Sumatera Barat berharap bahwa penyelenggaraan Tour de Singkarak yang sudah mendunia ini tetap menjadi event tahunan nasional dan internasional sebagai kebanggaan rakyat Indonesia dan Sumatera Barat pada khususnya. Kami tidak keberatan jika Tour de Singkarak ini suatu saat bisa lebih diperluas tidak hanya di wilayah kami namun juga di wilayah Indonesia lainnya, tentu saja dengan tetap menyandang nama Tour de Singkarak.



Tour de Singkarak 2014 yang diselenggarakan pada 7 – 15 Juni 2014 ini akan menjelajahi 9 etape/stage dalam 9 hari pelaksanaan. Partisipasi Kabupaten/ Kota tahun ini mengalami peningkatan menjadi 18 (delapan belas) dengan bergabungnya Kabupaten Pasaman Barat. TDS 2014 dikemas menjadi kegiatan yang semakin berkualitas dengan jarak tempuh lebih panjang yaitu 1250 km serta total hadiah pada penyelenggaraan Tour de Singkarak 2014 adalah Rp 1,3 miliar yang merupakan dukungan dari Provinsi Sumatera Barat dan 18 kab/ kota yang dilalui.

Jumlah peserta yang bertanding dalam Tour tahun ini adalah sebanyak 18 team dari 23 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Tunisia, Selandia Baru, Thailand, Australia, Iran, Singapura, Argentina, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uzbekistan, Mongolia, Inggris, Filipina, Maroko, Moldova dan Jepang.