Saturday, September 27, 2014

Festival Kuliner Bekasi 2014

Melestarikan Kekayaan Kuliner Nusantara dalam Nuansa Bumi Sriwijaya


Meneruskan komitmennya untuk terus melestarikan kuliner Indonesia, Summarecon Mal Bekasi kembali mempersembahkan keragaman kuliner khas Nusantara yang kaya cita rasa melalui event tahunan, Festival Kuliner Bekasi. Setelah sukses sebelumnya mengangkat ragam kuliner khas Jawa Barat di tahun 2013 dengan tema 'Kampung Sampireun', tahun ini pesta rakyat tahunan ini 'menyebrang' ke kota tertua di Indonesia, Palembang.

Festival Kuliner Bekasi dengan tema 'Kampung Wong Kito' akan mengadaptasi nuansa khas bumi Sriwijaya. Menghadirkan dekorasi tanah Palembang, halaman Parkir Barat The Downtown Walk Summarecon Mal Bekasi pun kembali ‘disulap’ layaknya sebuah replika pedesaan tradisional, dengan bentuk booth yang diadaptasi dari Rumah Limas, yaitu Rumah Tradisional Daerah Palembang. Salah satu ikon dari dekorasi kali ini yaitu replika Jembatan Ampera sebagai gerbang pintu masuk festival yang dibuat dengan ketinggian mencapai lebih dari 10 meter dan panjang 41 meter.

Cut Meutia, GM Corporate Communications PT Summarecon Agung Tbk.  mengatakan, “Palembang sudah dikenal sebagai salah satu kota yang kaya akan ragam kuliner. Dengan jumlah variasi kuliner yang dimiliki, kota ini telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan kuliner di Indonesia. Berdasarkan sejarahnya, Palembang juga dikenal sebagai kota multi budaya karena beragamnya kebudayaan yang masuk dari berbagai pendatang. Hal ini membuat akulturasi kebudayaan di Palembang sebagai keunikan harus tetap dijaga dan dilestarikan.”

Menggunakan lahan seluas 7000 m2, Festival Kuliner Bekasi merangkul 96 tenant yang turut berpartisipasi pada event yang terselenggara selama 25 hari penuh. Tenant makanan dan minuman tersebut terbagi dari 46 booth dan 50 gerobakan sajian kuliner terpilih. Untuk lebih memperkenalkan ragam kuliner khas Sumatera, Festival Kuliner Bekasi menghadirkan Sumatera Corner yang terdiri dari beragam booth dengan menu khas dari Sumatera Selatan dan sekitarnya. Berlokasi tepat di depan gerbang pintu masuk, pengunjung bisa menemukan ragam kuliner seperti Mie Celor Palembang, Nasi Kapau, Pindang Pondok Wong Palembang, Sate Padang Ajo Ramon, Tekwan Pondok Wong Palembang, Soto Padang & Nasi Goreng Padang Hayuda, Pempek Pak Raden, serta Martabak & Roti Cane Kubang Hayuda. Tidak ketinggalan sajian manis khas Palembang pun dapat ditemui di sini, seperti es kacang merah dan kue srikaya. Untuk pengunjung yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Sumatera, dapat mengunjungi booth Oleh-Oleh “My Snacks”. Selain itu, puluhan sajian Nusantara juga dapat ditemui di area Festival Kuliner Bekasi, seperti Bakmie Jowo, Empal Gentong, Nasi Timbel, Sate Jamur, Nasi Sanglah, Kupat Tahu Magelang, Pecel Madiun, Toge Goreng dan masih banyak yang lainnya.


Agenda Event
Festival Kuliner Bekasi diselenggarakan dari tanggal 26 September - 19 Oktober 2014, dan dibuka setiap hari yaitu Senin - Jumat pukul 16.00 - 22.00 WIB serta Sabtu - Minggu & Libur Nasional pukul 11.00 - 23.00 WIB. Event yang telah digelar untuk kedua kalinya ini bertujuan untuk memberikan memorable place bagi pecinta kuliner dalam mengeksplorasi dan memuaskan keinginan mereka terhadap kekayaan kuliner Indonesia. Festival Kuliner Bekasi 2014 juga menempatkan misi untuk melestarikan kekayaan kuliner Indonesia dengan menjadi wadah bagi para penggiat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya di bidang kuliner yang sudah established ataupun new comer untuk menampilkan kekhasannya kepada publik pecinta kuliner.

Berbeda dari tahun lalu yang menggunakan uang FKB sebagai alat transaksinya, Festival Kuliner Bekasi tahun ini mengadaptasi sistem pembelian di area Food Temptation dan area Bekasi Food City, yaitu dengan menggunakan kartu Top Up. Penggunaan kartu Top Up ini dipilih demi memudahkan para pengunjung yang datang. Selain di kasir area Festival Kuliner Bekasi, pengisian dan penggunaan kartu Top Up FKB ini dapat dilakukan di area Bekasi Food City dan area Food Temptation. Kartu Top Up FKB tidak memiliki batas waktu pemakaian dan dapat direfund kapan pun pengunjung inginkan.

Melengkapi kemeriahan Festival Kuliner Bekasi, sajian hiburan juga masih akan menghibur pengunjung. Hiburan khas Sumatera Selatan, tari Gending Sriwijaya dan drama musikal Sejarah Pulau Kemaro akan membuka rangkaian festival kali ini. Selain itu rangkaian hiburan tarian lainnya seperti Tari Yasaman, Tari Zapin, Gondang 9, hiburan kolintang hingga alunan musik melayu akan menemani santap kuliner di Festival Kuliner Bekasi. Jangan lewatkan hiburan layar tancap yang hadir setiap hari serta workshop layang-layang yang hadir di setiap akhir pekan.


Lucky Dip
Program ini berlangsung sejak dibukanya Festival Kuliner Bekasi. Sebagai ketentuan mengikuti Lucky Dip, pengunjung diharuskan untuk mengisi kartu top up di kasir yang tersebar di area FKB senilai Rp 200.000. Kupon Lucky Dip dan struk pengisian top up kemudian bisa ditukarkan di booth Lucky Dip dan Information Center yang terletak di sebelah kasir 1. Berbagai hadiah yang disiapkan diantaranya adalah Voucher belanja Summarecon Mal Bekasi (SMB), voucher perawatan rambut dan suvenir FKB.

Tentang Summarecon Mal Bekasi
Summarecon Mal Bekasi diresmikan pada 28 Juni 2013. Berlokasi di Jl. Bulevard Ahmad Yani Bekasi, Summarecon Mal Bekasi (SMB) Tahap pertama ini memiliki luas bangunan 80.000 m2 dengan luas area penyewaan 50.768 m2 yang terdiri dari 4 lantai dan 1 lantai basement, dengan kapasitas parkir sejumlah 3200 mobil dan 3200 motor. Lokasi SMB sangat strategis, yaitu berada di Sentra Summarecon Bekasi, sebuah kawasan yang direncanakan sebagai pusat komersial terpadu dengan luas sekitar 23 hektar, dan sangat mudah dijangkau, hanya sekitar 10 menit melalui ruas tol Jakarta Cikampek (exit tol Bekasi Barat) dengan kemudahan akses Flyover KH. Noer Ali, Summarecon Bekasi. Menghadirkan lima anchor tenant ternama, yaitu STAR Departement Store, TheFoodHall Supermarket, ACE Hardware, Best Denki, dan Cinema XXI. Summarecon Mal Bekasi juga menggandeng lebih dari 220 tenant lainnya

The Downtown Walk
The Downtown Walk adalah sebuah destinasi kuliner terbaru dengan konsep area makan di ruangan terbuka (alfresco dining) yang membawa ragam kuliner lokal dan internasional. The Downtown Walk SMB ini memiliki area lantai 2, dikenal Level 2 (baca : Level Two), yang dapat mengakomodasi kebutuhan akan tempat hangout, gathering hingga semi outdoor party dengan nuansa hijau yang nyaman. The Downtown Walk juga dilengkapi dengan jaringan internet (wifi)  dan Giant LED sebesar 11 x 8 meter.

Bekasi Food City
Bekasi Food City memiliki luas lahan 4400 m2 dengan luas bangunan 2506 m2, saat ini Bekasi Food City telah diisi sebanyak 15 tenant counter, 21 tenant gerobakan, dan 3 unit resto. Selain itu, Bekasi Food City juga dilengkapi dengan panggung, toilet dan musholla serta seating area indoor dan outdoor yang mampu menampung lebih dari 3000 pengunjung setiap harinya. Bekasi Food City dapat diakses melalui lobby The Link yang akan menghubungkan langsung Bekasi Food City dengan Summarecon Mal Bekasi.

No comments:

Post a Comment