Saturday, December 20, 2014

Film 2015


TAHUN 2014 segera berakhir, dan berganti dengan lembaran baru 2015. Momentum pergantian tahun, bagi penggemar film, merupakan waktu yang tepat untuk mengintip daftar film anyar yang akan dirilis tahun depan buat dijadikan acuan.

Film memang bukan barang baru lagi. Kita dapat melihat berbagai film melalu televisi atau menonton di bioskop. Menonton film bisa menjadi hiburan bahkan tak sedikit yang menjadikannya sebagai hobi. Kita dapat menangkap imajinasi sang sutradara yang dituangkan dalam film, yang secara teknologi tentunya semakin berkembang dari masa ke masa, seperti yang telihat di industri perfilman, khususnya di Hollywood.

Presiden RI Joko Widodo mempunyai opini yang menarik tetang film. Film, katanya, adalah bagian dari kerja budaya, dan sejarah kesenian sebuah bangsa. “Dalam pemikiran saya, ingin sekali di Indonesia hadir film yang mampu menyodorkan kesadaran akan problem-problem sebuah bangsa dan masyarakat,” katanya.

Yang jelas, film atau gambar hidup, juga sering disebut movie, adalah kesenian yang paling populer dalam industri bisnis dan hiburan. Film mempunyai banyak jenis genre, seperti horor, action, drama, thriller, komedi, animasi, fantasi, romansa, dan lain-lain.



Layar lebar 2015 tampaknya akan diisi berbagai film yang diangkat dari komik dan animasi. Tapi ada beberapa yang mampu keluar dari tren tersebut, dengan menyajikan kisah yang baru dan segar. Sebutlah Transformer 4, Teenage Mutant Ninja Turtle, Captain America: Winter Soldier, Godzilla, Guardian of the Galaxy, The Amazing Spider-Man 2, dan X-Men: Days of Future Past.

Namun, di antara film-film yang hadir, tren lain juga terlihat layaknya komik yang diangkat ke layar lebar, yaitu novel remaja. Contohnya, The Twilight Saga karya Stephenie Meyer, juga Harry Potter karya J.K. Rowling, yang menutup kisah filmnya pada 2011.  Bukan berarti film yang tak mengikuti tren tidak mendapat tempat di hati penikmat film. Salah satu nama yang selalu menjadi perbincangan adalah Christopher Nolan, yang akan menggarap Interstellar, film bergenre fiksi ilmiah.


Pada 2015 akan hadir sejumlah film besutan sutradara besar. Steven Spielberg pun siap kembali ke dunia penyutradaraan, yang bekerja sama dengan Tom Hanks menggarap film St James’s Place. Yang tak kalah serunya, sutradara Quentin Tarantino akan muncul dengan garapannya, The Hateful Eight.

Tak dapat disangkal, film sekuel masih ditunggu oleh pasar, termasuk penggemar fanatiknya. Kesuksesan film di pasar menjadi tanda produsen akan melanjutkan kisah film tersebut.

Sumber: MALE Zone, MALE 113 http://male.detik.com

No comments:

Post a Comment