Sunday, December 28, 2014

Malam Tahun Baru


Malam pergantian tahun selalu dipenuhi keriaan. Pesta digelar di sepanjang jalan dan tempat hiburan. Berkumpul bersama orang yang disayangi juga menjadi kebiasaan atau tradisi menyambut tahun baru.

Malam tahun baru adalah petang hingga malam hari tanggal 31 Desember yang merupakan hari terakhir dalam tahun kalender Gregorian, sehari sebelum Tahun Baru. Dalam kebudayaan Barat, malam tahun baru dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga menanti saat pergantian tahun.

Di sejumlah kota besar di dunia, malam tahun baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun. Kota besar di dunia dengan pesta malam tahun baru yang sering diliput jaringan televisi dan kantor berita, di antaranya Edinburgh, Sydney, Toronto, Tokyo, Moskwa, London, Berlin, Rio de Janeiro, Paris, dan New York City.

Di antara negara yang paling cepat merayakan pergantian tahun adalah Kiribati dan Samoa. Salah satu tempat yang merayakan Tahun Baru paling lambat adalah Honolulu, Hawaii (Wikipedia).

Kota-kota besar dunia berlomba-lomba merayakan pesta tahun baru yang paling seru setiap tahunnya. New York City, misalnya, memusatkan perayaannya di Times Square. Orang membanjiri lokasi tersebut untuk mengikuti acara penghitungan detik-detik pergantian tahun yang disiarkan jaringan televisi nasional.

Lebih dari 100 tahun yang lalu, acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan bola raksasa di Times Square. Bola dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Bola, yang disebut big apple (sama dengan julukan New York City) bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Semenit menjelang pergantian tahun, bola diturunkan dari atas gedung One Times Square, dan sampai di bawah tepat pukul 00.00.

Di Jakarta, pesta tahun baru yang diselenggarakan serentak di beberapa tempat, Ancol Bay City salah satunya yang dikenal paling heboh. Di Ancol, Jakarta Utara, konser bertema "Resolusi Cinta" ini akan digelar pada 31 Desember 2014, sementara pada 30 Desember akan digelar panggung "Ekspresi Cinta". Direktur Rekreasi dan Resort PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Syahrir memperkirakan pengunjung yang akan datang sekitar sebanyak 275 ribu jiwa.

Sementara itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada malam tahun baru 31 Desember 2014 akan menggelar Jakarta Night Festival. Sebanyak 13 panggung hiburan disiapkan di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan panggung utama di lapangan Monas.


Banyak cara merayakan tahun baru, tidak hanya party, tapi tradisi unik yang selalu ada setiap tahunnya. Di Venesia, Italia, misalnya, pada malam tahun baru, biasanya puluhan ribu pasangan berciuman di alun-alun Santo Marco. Pada 2009, misalnya, terdapat sekitar 70 ribu orang yang ikut serta dalam perayaan itu.

Ya, pada malam pergantian tahun, ada tradisi tertentu yang dijalankan oleh sejumlah orang di dunia. Selain di Italia, tentu, kota-kota yang lain di pelbagai negara mempunyai cara masing-masing merayakan tahun baru (selengkapnya bisa lihat MALE Zone di MALE edisi 114 http://male.detik.com).

No comments:

Post a Comment