Monday, May 18, 2015

16 Tahun Kampanye 100% Pure New Zealand


EVOLUSI terbaru dari kampanye Tourism New Zealand, 100% Pure New Zealand, telah mendefinisikan pengalaman terbaik dari negara ini kepada wisatawan yang berfokus kepada berbagai pilihan serta aksesibilitas atraksi-atraksi yang ditawarkan di sana.

Strategi baru serta iklan 100% Pure New Zealand hadir sebagai salah satu kampanye destinasi terlama di dunia dan kini telah beredar selama 16 tahun. Konsistensi dalam membuka jalan komunikasi melalui tulisan dan visual terbukti membawa kampanye ini menjadi salah satu kampanye paling sukses di dunia.

Hal ini akan menunjukkan bagaimana pengalaman unik yang beragam di Selandia Baru dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman. “Every day a different journey membawa kampanye ini menjadi hidup melalui tata huruf serta logo yang diciptakan sendiri oleh desainer dan seniman lokal yang dengan sengaja memperlihatkan kesenian Selandia Baru yang unik.”

Chief Executive, Kevin Bowler menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir, kampanye 100% Middle-earth, 100% Pure New Zealand telah meraih sukses besar dengan bertambahnya rekor jumlah wisatawan internasional. Kini telah tiba saatnya untuk membawa sedikit perubahan pada kampanye yang tetap berjalan ini.


Setiap hari pengalaman yang berbeda
“Untuk tahap selanjutnya dari kampanye 100% Pure New Zealand, kami akan menekankan cerita tentang aksesibilitas dan keragaman – bagaimana bentang alam kami yang menakjubkan serta berbagai aktivitas yang ditawarkan dapat dilakukan dan ditempuh dengan mudah dan nyaman. Setiap hari Anda menjelajahi Selandia Baru, itu merupakan sebuah petualangan yang berbeda. Iklan terbaru kami memperlihatkan bagaimana wisatawan dapat dengan mudah menjelajahi Selandia Baru dari satu pengalaman spektakuler ke pengalaman lainnya. Terdapat juga penekanan  bahwa perjalanan ke tempat-tempat yang berbeda tersebut dapat ditempuh dengan mudah dan nyaman. Sebagai contohnya, pada salah satu adegan didalam video, sepasang kekasih menyelam di bawah Abel Tasman National Park di Pulau Selatan, dan muncul ke permukaan di Danau Taupo di Pulau Utara,” ujar Kevin Bowler.

Paduan musik spesial dari lagu hits “Young Blood” yang dibawakan oleh band The Naked and Famous menghadirkan nuansa segar bagi iklan ini. Iklan ini akan muncul di televisi dan bioskop Australia, serta media online dengan aktivasi lainnya pada target utama negara Tourism New Zealand mulai 1 Juli 2015.

Identitas visual baru: Pure Pākati
Kevin mengatakan bahwa saat kampanye 100% Pure New Zealand mencapai usia 16 tahun, tampilan baru telah didesain untuk memberikan identitas baru.

“Kami ingin hanya identitas Selandia Baru yang terpancar dari tiap pekerjaan kami sehingga kami bekerja sama dengan ahli tipografi Kris Sowesby untuk mendesain sebuah desain huruf hanya untuk Tourism New Zealand.

“Desain huruf baru ini tetap menjaga esensi logo 100% Pure New Zealand yang telah ada namun memperkenalkan ciri khas otentik dari penduduk lokal dan juga tempat kami tinggal, membuatnya menjadi sesuatu yang hanya berasal dari Selandia Baru.”

“Setelah didesain, kami kemudian meminta bantuan pemahat dan seniman, Rangi Kipa untuk memahat tiap huruf pada balok kayu lokal Kauri menggunakan cara tradisional. Balok kayu yang telah dipahat kemudian diberi tinta, dicetak dan diolah secara digital untuk menciptakan desain huruf yang berbeda dan orisinal dan kemudian terciptalah sebuah desain logo baru yang kami sebut ‘Pure Pākati’.”

“Dengan menciptakan logo dan desain huruf dari kayu Kauri yang berasal dari Selandia Baru, serat kayu Kauri juga menjadi bagian dari identitas visual yang akan digunakan oleh Tourism New Zealand pada seluruh iklan dan materi promosinya.”

“Jelas identitas baru kami berasal dari Selandia Baru, bukan dari negara lain. Font ini telah didesain oleh penduduk kami dan diciptakan di tanah kelahiran kami. Hal ini mencerminkan Selandia Baru dan kami percaya diri bahwa tidak ada negara di dunia yang menciptakan identitas mereka dengan cara seperti kami.”

Desain baru ini akan digunakan pada seluruh aktivitas Tourism New Zealand termasuk pemasaran, iklan, pameran dan situs www.newzealand.com.

Tentang Tourism New Zealand
Tourism New Zealand mempromosikan Selandia Baru kepada dunia sebagai sebuah tujuan wisata. Pada akhir November 2014, lebih dari 2,8 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia datang ke Selandia Baru. Wisatawan internasional merupakan salah satu sektor dengan pendapatan devisa terbesar, yang berkontribusi sebesar NZD 9,8 miliar per tahun untuk ekonomi Selandia Baru. www.tourismnewzealand.com

Tentang Kris Sowersby
Kris Sowersby lulus dari Whanganui School of Design pada 2003. Setelah bekerja selama beberapa lama menjadi desainer grafis, pada 2005, Kris memulai bisnis Klim Type Foundry, yang saat ini beroperasi di Wellington. Desain logo dan font yang diciptakan oleh Kris berhasil menggabungkan kearifan lokal dan sejarah yang mencerminkan pekerjaan kontemporer yang cenderung rumit.

Tentang Rangi Kipa
Rangi Kipa merupakan seorang seniman lokal Maori dengan gaya ukir, pahat, serta taa moko yang khas. Karya-karyanya mencerminkan seni kontemporer Maori yang menantang batas, mengundang perbincangan, melintasi berbagai sudut pandang seni/obyek dan meciptakan kontroversi di dunia modern dalam pandangan orang Maori asli maupun mereka yang tidak berasal dari Selandia Baru.

No comments:

Post a Comment