Wednesday, May 06, 2015

Andrew Zarzosa, Executive Chef Baru Fairmont Jakarta

Fairmont Jakarta, hotel mewah baru di kawasan Senayan Jakarta telah menunjuk Andrew Zarzosa sebagai Executive Chef, Mei 2015. Pengalaman Chef Andrew dalam industri kuliner telah membawanya bekerja di berbagai belahan dunia termasuk di Bahamas, Chicago, Dubai dan Sabah.

Di Bahamas, Chef Andrew bekerja sebagai Chef de Cuisine di salah satu resort dan casino terbesar. Tuntutan untuk memberikan hidangan berkualitas dalam waktu yang singkat di restoran yang sangat ramai tersebut, mengharuskan Chef Andrew untuk mengeksplor kemampuannya sebagai chef dan menuangkan kreatifitasnya dalam menu.

Setelah itu, Chef Andrew melanjutkan kariernya di Chicago dan bergabung dengan sosok yang ia idolakan, yaitu Chef Grant Achtz, di restoran yang meraih penghargaan 3-Michelin star dan secara konsisten berada diperingkat Top 10 restoran di dunia. Inilah titik balik karir Chef Andrew, dimana pengalaman yang diperolehnya telah meninggalkan kesan yang mendalam sebagai seorang chef dan pribadi.

Chef Andrew kemudian dipercaya untuk mempersiapkan pembukaan hotel baru sebagai Chef de Cuisine di Dubai. Pengalaman ini sangat berarti baginya karena Chef Andrew membangun restoran dari nol dan melihat kerja kerasnya membuahkan hasil – terutama ketika restorannya meraih penghargaan bergengsi, Time Out Restaurant Award setahun setelah dibuka.

Pengalaman pertamanya di benua Asia dimulai ketika ia bekerja di resort bintang lima di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Selama tiga tahun masa kerjanya, Chef Andrew menjadi bagian dalam renovasi keseluruhan dan pembukaan kembali resort tersebut, termasuk restoran di dalamnya. Di sini pula ia diperkenalkan dengan budaya dan kuliner Asia yang telah membuatnya jatuh cinta dengan masakan dan rempah-rempah khas Asia.

Sebelum pindah ke Jakarta, Chef Andrew sempat bekerja di Dubai dimana ia ditunjuk sebagai Executive Chef di hotel yang terletak di kawasan paling bergengsi yang menyatu dengan Dubai Mall – mall terbesar di dunia – dan berada di samping gedung terbesar di dunia, Burj Khalifa. Chef Andrew mendapatkan kesempatan untuk melayani event brand ternama seperti Louis Vuitton, Gucci, Chanel, Cartier dan Fendi.

Lahir di Miami, Florida, USA, dari Ayah berbangsa Spanyol dan Ibu asal Mexico, memasak telah menjadi bagian besar dalam hidup Chef Andrew. Sejak kecil, kedua neneknya telah mengajarinya memasak masakan Spanyol maupun masakan Mexico. Ayah Chef Andrew adalah seorang Chef yang juga telah memberikan pengaruh besar dalam karirnya. Semasa kecil, Andrew sering diajak bekerja dan melihat kreasi sang Ayah seperti carvings dan menyajikan hidangan prasmanan bertema khusus. Di usia yang masih sangat muda, Chef Andrew telah mengetahui bahwa kelak ia akan menjadi seorang Chef.

Ayah dari dua anak perempuan dan satu laki-laki ini sangat senang melanjutkan karir dan kehidupannya di Jakarta. Menanggapi penunjukkannya sebagai Executive Chef di Fairmont Jakarta, Chef Andrew mengatakan, “Saya sangat gembira tinggal di kota Jakarta yang ramai. Kota ini memiliki banyak tempat untuk makan dan berkumpul, namun demikian, saya bersama tim akan menghadirkan sesuatu yang segar dan berbeda di setiap restoran dan bar di hotel ini. Saya yakin tak lama lagi kami akan menjadi tempat baru yang digemari oleh masyarakat Jakarta.”

1 comment:

  1. Permisi om admin, mau info nih.
    Bagi yg mau buka usaha kuliner ataupun yang sudah memiliki usaha kuliner, kini ada lho box makanan yang bernama Greenpack. Box ini aman digunakan untuk makanan jenis apapun, dan tidak berbahaya seperti styrofoam. Greenpack dibuat tanpa campuran bahan kimia sehingga 100% aman untuk makanan anda. Selain itu box ini anti air dan minyak juga.

    Selengkapnya coba cek di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete