Wednesday, July 08, 2015

New Lifestyle Modern Sport




Kehidupan di kota besar berbicara tentang tren belaka, seperti hadirnya bentuk olahraga modern. Olahraga baru yang kini menjadi tren adalah Total-Body Resistance Exercise (TRX). Inilah salah satu metode latihan paling edgy dan anyar sehingga menjadi booming functional training, terutama bagi fitness trend follower di Indonesia yang sadar akan kebutuhan berolahraga.

TRX dianggap sangat cocok dengan gaya hidup pria masa kini, yang didukung sebagian besar gerakan latihan yang maskulin. Body workout yang dilakukan menggerakkan seluruh anggota tubuh, mulai kepala hingga kaki, dengan sistem membentuk otot dan saraf.

Kehadiran TRX menambah program latihan, yang tidak hanya berbeda dari segi cara melakukannya, tapi juga manfaat yang didapat bagi tubuh. Olahraga ini baik untuk fat loss dan pembentukan tubuh. “Pada TRX, hampir seluruh otot yang diabaikan selama beraktivitas turut digerakkan, seperti deltoid, yang merupakan otot kecil pada bahu dan harm strick pada bagian belakang betis,” kata Cahyo Agung Nugroho, instruktur TRX.

Olahraga lain yang juga mendapat tempat dan booming di Indonesia adalah Freeletics. Cara sehat yang diperlihatkan oleh tiga sekawan asal Jerman, Andrei Matijczak, Joshua Cornelius, dan Mehmet Yilmaz, lebih tegas. Hal ini disebabkan oleh jenis dan kuantitas latihan yang harus dilakukan.

Sementara olahraga lain dapat dilakukan di mana saja, Freeletics justru memberi tantangan berat terhadap pelakunya. Tujuannya agar setiap jenis latihan bisa diselesaikan dengan tuntas.

TRX dan Freeletics merupakan contoh latihan baru yang meramaikan Tanah Air. Olahraga itu juga menjadi tanda selalu ada cara baru untuk hidup sehat melalui latihan. Soal waktu dan tempat yang sering menjadi kendala untuk mengawalinya pun dapat teratasi.


Teknologi, Aplikasi, dan Waktu
Di kota besar dengan segala kesibukannya, waktu menjadi sesuatu yang berharga layaknya uang. Kemacetan lalu lintas yang parah memberi ruang yang sempit untuk bergerak dan menjalankan aktivitas lainnya.

Untuk itu, inovasi muncul di dunia olahraga, dengan salah satu basisnya menghargai waktu. Contohnya, 7 Minute Workout, sebagaiana dilansir dari situs Huffingtonpost, merupakan cara berolahraga yang berkembang pesat dan populer. Sebuah artikel di The New York Times menjelaskan beberapa latihan yang dapat diselesaikan dalam waktu tujuh menit.

Bentuk latihan ini termasuk dalam jenis high-intensity circuit training (HICT). Program 7 Minute Workout mendapat popularitas karena hanya membutuhkan waktu yang singkat. HICT diklaim bermanfaat bagi metabolisme tubuh dan melawan kenaikan berat badan.

Selain menghadirkan gaya baru berolahraga, saat ini jenis latihan yang dapat diterima dengan baik oleh publik harus bersinergi dengan gadget pelakunya. Smartphone dan tablet PC menjadi media pengantar yang memiliki fungsi lebih dari sekadar perangkat komunikasi. Spesifikasi dan fitur yang mumpuni memungkinkan beragam fitur kesehatan dan olahraga hadir untuk membantu penggunanya.

Program olahraga 7 Minute Workout, misalnya, semakin dipopulerkan oleh developer aplikasi yang menawarkan berbagai fitur berbeda dan unik yang sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi yang ditawarkan memungkinkan adanya fungsi memandu, mencatat, dan menginformasikan perkembangan latihan.

Hal yang sama juga terjadi pada Freeletics. Olahraga ini mendunia berkat kehadirannya melalui aplikasi, yang memudahkan latihan dilakukan di mana saja. Tapi, apa pun jenis olah raga yang Anda pilih, seusai dengan kesukaan dan kemampuan, tentu akan menyehatkan.


Sumber: Features, MALE 142 http://male.detik.com

No comments:

Post a Comment