Sunday, October 11, 2015

Tattoo


Tato kini tidak lagi dinilai sebagai gambar murahan, bahkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Perempuan yang menggilai seni tato kini juga semakin berani mengumbar lukisan di tubuhnya. Para selebritaslah yang menjadi salah satu penyebar virus tato sebagai gaya hidup. Sebutlah Demi Lovato, Selena Gomez, dan Katy Perry, contohnya, yang bangga memamerkan tatonya.

"Aku ingin membalikkan stigma. Tidak semua perempuan bertato nakal. Bagiku, justru menjadi kontrol buat diri sendiri," ujar Sharena Delon, mewakili aktris dalam negeri.

Ya, banyak alasan perempuan rela menahan sakitnya tusukan jarum di tubuh. Banyak cerita dari para tattoo artist atau tattooist saat menghadapi permintaan klien yang bertandang ke studio mereka. Ada yang serius ingin menato tubuhnya, ada pula yang hanya iseng, termasuk yang punya permintaan tak masuk akal dan cenderung "nakal".


Yang sedang marak adalah permintaan membuat rajah di area sensitif hingga di alat vital. "Saat masih lajang dulu pernah ada permintaan yang aneh-aneh. Minta ditato di rusuk, tapi dia lepas baju dan bra. Itu, sih, rezeki bapak nakal ha-ha-ha…," ujar tattooist  Bayu Nugroho sambil tertawa.

Bukan hanya tattooist pria, penato perempuan pun tak lepas dari godaan klien nakal. Pengalaman itu diperoleh tattooist Anneke Fitrianti. "Banyak pria yang suka iseng menghubungi atau minta ditato di area vital. Dari percakapannya saja sudah aneh dan cabul. Ya, inilah bagian dari risiko pekerjaan. Jadi aku cuek saja," katanya.

Meski tato sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban, ternyata profesi tattoo artist masih menuai kontroversi, terlebih bagi tattooist perempuan. Tapi jangan salah, kendati menuai godaan dan cibiran, pendapatan tattoo artist setara dengan gaji pokok menteri.

Bagi Anne dan Bayu, tattoo artist bukanlah profesi biasa. Menjadi tattoo artist merupakan hobi yang dapat mengisi pundi-pundi. Tak tanggung-tanggung, pendapatan yang berhasil diraup pun cukup menggoda. "Banyak yang enggak tahu penghasilan kami lumayan besar, asalkan rajin, serius, dan nyaman menjalaninya," Anne mengungkapkan.


Sumber: MALE 155 http://male.detik.com

No comments:

Post a Comment