Wednesday, November 18, 2015

Kini Tak Perlu Takut Kesetrum dengan Pemanas Air Listrik!


Saat membangun kamar mandi, salah satu yang juga banyak dipikirkan oleh si empunya rumah selain tema adalah bagaimana air yang akan Anda gunakan. Apakah cukup menggunakan air dingin ataukah juga harus ada air hangat di shower yang akan Anda pasang. Jika memang menginginkan ada air panas, maka memasang heater haruslah Anda lakukan. Masalahnya terkadang jenis heater apa yang harus dipasang ini yang bikin bingung. Jika menggunakan pemanas air listrik takut kesetrum, menggunakan tenaga surya takut mahal.

Memang untuk heater atau pemanas yang paling cocok digunakan untuk semua rumah di semua wilayah adalah heater yang bertenaga listrik. Karena memiliki kelebihan seperti:
  1. Tidak terpengaruh oleh cuaca. Baik sedang hujan ataupun sedang mendung, Anda tetap dapat menikmati air hangat untuk mandi.
  2. Anda bisa mendapatkan air hangat tanpa menunggu waktu yang lama. Berbeda dengan tenaga matahari, biasanya waktu untuk memproses air hangat ini agak lama.
  3. Harganya tidak begitu mahal.
  4. Suhunya bahkan bisa mencapai suhu maksimal yaitu 1000 C.


Tapi bagaimanapun tetap ada kelemahan dari pemanas listrik ini yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu, daya listrik yang diminta tinggi. Bahkan terkadang untuk menyalakan di awal saja, paling tidak butuh daya antara 600 sampai 1300 watt. Belum lagi jika ingin suhu yang panas, maka daya listriknya yang dibutuhkan juga akan lebih besar. Terkadang beberapa alat pemanas juga meminta Anda untuk memasang tangki atau alat penyimpan air yang akan diolah menjadi air panas seperti halnya dalam thermos air panas.

Berkaitan dengan keamanan alat dari kemungkinan kesetrum, maka pilih saja alat yang memiliki teknologi elemen pemanas yang tidak berfungsi sebagai penghantar listrik tapi sebagai penghantar panas. Sehingga pipa yang masuk ke selang untuk memancarkan air tidak perlu takut dialiri listrik. Selain itu ada juga alat anti kontak yang biasa dipasang di pemanas air listrik ini yang berfungsi untuk menghindari kemungkinan penggunanya tersetrum. Hanya saja terkadang, anti kontak ini bisa mudah terkorosi apalagi jika PH airnya terlalu asam.

No comments:

Post a Comment