Friday, June 10, 2016

Apakah Kita Harus Melakukan Cek Alergi Anak?  


Penyakit alergi seperti eksim, asma memang sering sekali membuat para orang tua waspada dan khawatir. Hal ini disebabkan penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi ataupun gangguan tumbuh kembang. Bahkan, para orang tua juga sering menanyakan pada dokter, apakah buah hati mereka perlu melakukan cek alergi anak anda? Agar dapat mengetahui sebenarnya alergi seperti apa yang dialami oleh anak mereka.

Sebenarnya, sebelum memutuskan perlu atau tidak melakukan tes alergi pada anak, orang tua harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dan cara tes alergi. Penelusuran alergi ini dimulai dari wawancara dokter ke orang tua pasien tentang keluhan alergi anak. Setelah wawancara selesai nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisis. Jika kedua tahap ini sudah dilakukan, nantinya akan disimpulkan jika gejala yang dialami oleh buah hati Anda merupakan salah satu dari bagian alergi.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya, kapan sebaiknya melakukan tes alergi ini? Tes alergi tidak dilakukan untuk seluruh kasus alergi. Tes ini diperlukan agar lebih membantu menemukan faktor pencetus alergi bukan untuk menegakkan sebuah diagnosis penyakit. Tes alergi ini ditujukan untuk pasien yang memiliki alergi berat, terjadi secara berulang kali namun belum mengetahui apa faktor pencetus dari alergi tersebut. Tes ini juga dilakukan untuk membuktikan apakah gejala tersebut benar atau tidak.


Berikut berbagai macam tes untuk cek alergi anak untuk mengetahui gejala alergi pada bayi Anda, antara lain: 
  1. Skin prick test. Tes ini ialah tes yang sering sekali dikerjakan agar bisa menentukan adanya lgE dengan lebih spesifik untuk beberapa alasan. Tes ini sangat aman, hasil tes dapat diperoleh dengan tempo yang singkat hanya 20 menit saja, 
  2. Uji tempel kulit. Pemeriksaan ini sengaja dilakukan untuk mengevaluasi reaksi hipersensitivitas. Hasil test ini bervariasi tergantung keadaan pasien pada allergen. Untuk test alergi yang akurat, harus digabungkan anamnesis yang lebih cermat dari dokter, 
  3. Pemeriksaan lgE spesifik. Pemeriksaan ini bisa diperoleh dengan hitungan hari. Namun harga pemeriksaan lgE ini malah cenderung lebih mahal dibandingkan dengan SPT. 

No comments:

Post a Comment