Friday, June 10, 2016

Staycation @ Ayodya Resort Bali


Bicara tentang Bali seakan tidak ada habisnya. Alam, budaya dan makanan tradisionalnya sudah berabad-abad memanjakan turis dari seluruh penjuru dunia. Itu sebabnya, saya tidak pernah menyia-nyiakan kalau dapat kesempatan berkunjung ke Bali – selalu saja ada kegiatan yang menarik dan banyak sisi yang bisa dinikmati di Pulau Dewata ini.

Menginap di Nusa Dua, tentu bukan pilihan yang salah, apalagi kalau menginapnya di Ayodya Resort Bali. Resor ini memang kategori kuno, tapi kemegahannya, dan terutama keramah-tamahan tuan rumahnya, masih terjaga dengan baik hingga kini.



Ada empat tipe pilihan kamar jika menginap di Ayodya Resort Bali. Yakni, tipe deluxe, yang didekorasi indah dan menenangkan untuk memaksimalkan pengalaman menginap para tamu. Kedua, tipe grande, yang memberikan pengalaman menginap mewah dan disempurnakan dengan esensi dekorasi tradisional Bali. Ketiga, tipe palace, yang  eksklusif dengan konsep resor di dalam resor yang memberikan pengalaman akan 'club' sesungguhnya. Dan yang terakhir, suite yang nyaman dan mewah.


Kebetulan, dalam stay experience kali ini, saya dapat tipe palace – dengan ruang check in yang eksklusif dan mempunyai lobi yang terpisah. Sambil menunggu proses check in, saya bersantai sejenak di sebuah lounge mewah, sambil menikmati secangkir cappuccino. Hmmm,  sungguh, sebuah awal yang mengesankan, awal yang menjanjikan sebuah pengalaman yang menyenangkan!


Bak Kisah Cinta dalam Ramayana
Hayuning swargga tuwi masor, deningayodhyāpurā tiçaya, suka nityakāla menak, ring rēngrēng towi ring lahru.


Itulah salah satu kutipan dari Kitab Ramayana yang dalam bahasa Indonesia berarti: “Keindahan surga benar-benar terkalahkan oleh puri Ayodhya yang tiada bandingannya, di sana selalu dalam keadaan aman sentosa, baik pada waktu musim hujan maupun musim kemarau.”

Ayodhya yang dalam bahasa Hindi merupakan sebuah kota kuno di India dan merupakan kota suci bagi umat Hindu. Disebut dalam Kitab Ramayana, Ayodhya merupakan ibukota dari kerajaan Kosala yang dilindungi oleh armada perang yang sangat kuat. Tidak akan kalah dalam peperangan, begitulah arti Ayodhya dalam bahasa Sansekerta. Jika Anda pernah membaca atau menonton kisah Ramayana Anda akan mendapatkan gambaran tentang sebuah tempat yang indah, tenang dan nyaman tentang Ayodhya.


Hal inilah yang menjadi tujuan pendiri resor ini saat membangun Ayodya Resort Bali, mereka ingin agar para tamu dapat merasakan pengalaman tak terlupakan bak sedang berada di kerajaan Ayodhya. Dimulai ketika memasuki wilayah Ayodya, Anda akan disambut dengan air mancur di sepanjang jalan menuju lobi. Mulai dari lobi hingga kamar, Anda akan merasakan nuansa kerajaan kuno yang terpancar dari desain, perabotan dan material yang digunakan resor ini.

Ayodya Resort Bali telah berdiri selama dua generasi, menyimpan banyak cerita dan kenangan dari para tamu, serta menjadi saksi romantisme pasangan-pasangan bulan madu dari seluruh dunia. Ribuan orang telah mengukir kisah dan perjalanannya di sini bak kisah cinta dalam cerita Ramayana, dan saya pun ingin merasakan pengalaman serupa, yang sayangnya kali ini tanpa pasangan. Uhuk!

Meski kategori resor jadul, tapi properti serta interiornya yang khas Bali, masih terjaga. Pelayanan dan sambutan sangat hangat dan personal. Suasana hotel sangat tenang, kamar tidur yang luas cukup nyaman untuk beristirahat dan melakukan beberapa aktivitas.


Ya, melakukan beberapa aktivitas. Sebab, sangat rugi kalau jauh-jauh ke Bali hanya untuk bermalas-malasan, apalagi fasilitas di hotel tersedia sangat lengkap, mulai dari kolam renang, fitness center, spa, dan lain-lain. Jangan lupa, ada private beach yang eksotik, yang mungkin saja tidak bisa didapat di tempat lain.

Meski terkesan ”tersembunyi”, tapi resor ini mempunyai akses ke pusat keramaian. Ayodya dekat dengan Bali Collection, juga tempat-tempat makan di sekitar Nusa Dua -- meski di hotel sendiri terdapat beberapa restoran. (Burhan Abe)

Ayodya Resort Bali
Jl. Pantai Mengiat, Nusa Dua Bali - 80363
T : +62 (361) 771102, F : +62 (361) 771616
E : info@ayodyaresortbali.com

No comments:

Post a Comment