Friday, September 09, 2016

Arti Penting Pendidikan Berkualitas di Mata Sukanto Tanoto




Semua orang pasti ingin memiliki masa depan yang cerah. Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mendapatkannya? Apakah benar harta berlimpah bisa menjadi sarana untuk memperoleh kehidupan lebih baik pada masa mendatang?

Bagi pengusaha sukses, Sukanto Tanoto, harta berlimpah bukan jaminan untuk mendapatkan masa depan cerah. Justru pendidikan berkualitas yang diyakininya bisa membuka jalan bagi seseorang untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Sukanto Tanoto melihat arti penting pendidikan bermutu. Pendidikan berkualitas akan membentuk pola pikir positif dan akan selalu siap menghadapi tantangan apa pun dalam hidup. Bukan sekadar teori, Sukanto Tanoto belajar dari pengalamannya sendiri. Saat masih kecil, ia putus sekolah karena masalah ekonomi yang dihadapi keluarganya.

Peristiwa tersebut tak menyurutkan tekad Sukanto Tanoto untuk terus belajar. Walaupun tidak pernah menyelesaikan pendidikan secara formal, ia tetap mengikuti berbagai program studi di berbagai institusi pendidikan terkemuka seperti INSEAD, Harvard University, dan Wharton.


Pengalaman di masa mudanya itu membuat Sukanto Tanoto merasa terpanggil untuk berkontribusi bagi Indonesia. Ia tidak mau orang lain mengalami kesulitan dalam mengakses pendidikan seperti dirinya. Hal itulah yang melatarbelakangi memulai Tanoto Foundation pada tahun 2001.

Tahu persis manfaat pendidikan, kegiatan Tanoto Foundation difokuskan ke dalam sektor pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Wujud konkretnya ialah pemberian beasiswa Tanoto Foundation kepada siswa, mahasiswa, hingga guru. Hingga kini, tak kurang dari 6.600 beasiswa telah diberikan.

Langkah itu dilakukan karena pendidikan berkualitas masih merupakan barang langka bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Entah karena kesulitan biaya atau hal lain, pendidikan bermutu sulit diakses. Tanoto Foundation ingin mengubahnya dengan memberikan beasiswa Tanoto Foundation.

Alih-alih memberikan umpan, kegiatan Tanoto Foundation ini ibarat memberikan kail kepada yang membutuhkan, sehingga lebih berguna. Akses pendidikan yang berkualitas sudah dibuka selebar-lebarnya oleh mereka. Kini tinggal siapa saja mau atau tidak memanfaatkannya.

“Kalau di zaman ayah saya dulu, untuk bisa belajar butuh upaya yang lebih berat karena keterbatasan fasilitas. Namun saat ini ketika informasi dapat diakses dengan mudah, yang dibutuhkan adalah kemauan yang tinggi. Seberapa besar kemampuan kamu untuk belajar tergantung pada seberapa besar kemauan kamu,” jelas putera Sukanto Tanoto sekaligus Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto.

Jadi, yuk, belajarlah sebaik mungkin dan berusahalah mendapatkan pendidikan berkualitas agar dapat mendapatkan masa depan yang cerah!

No comments:

Post a Comment