Play with Champagne!

Minuman ini tidak bisa dipisahkan dengan pesta. Champagne adalah hasil fermentasi buah anggur oleh ragi, yang berfungsi mengubah kandungan gula menjadi alkohol (12%-13%) tapi apa yang membedakannya dengan wine? Arena balap mobil Formula 1 mana mungkin melupakan minuman yang satu. Setiap kali ada penobatan pemenangnya selalu ada semprotan champagne. Tidak hanya F1, minuman asal Prancis ini selalu hadir di sela-sela pesta, entah itu sekadar seremoni pembukaan gerai, launching produk, atau perayaan di hotel-hotel berbintang.

Champagne adalah salah satu jenis wine yang memercik dan terdapat gelembung udara di dalamnya. Bahkan tim peneliti Prancis mengatakan rasa champagne terletak pada buihnya ini. Makin halus buihnya, makin enak nikmat rasanya, begitu menurut peneliti dari University of Reims Champagne-Ardenne.

Sama seperti wine, minuman ini dibuat dari anggur pilihan yang difermentasi, yang berasal dari Champagne. Hanya saja, dengan propses tertentu, terciptalah bubble (gelembung) pada champagne hingga memiliki rasa yang unik.

Di luar Champagne, wilayah Prancis itu, minuman sejenis walaupun proses fermentasinya sama tidak berhak memakai nama champagne. Kata yang tepat untuk wine dengan taste yang sama tapi diproduksi di luar Champagne — sebutlah Australia, Brasil, Afrika Selatan atau Spanyol – adalah sparkling wine.

Tapi apa pun namanya, kedua minuman tersebut bisa dihidangkan kapan saja, untuk menemani hindangan apa – sebelum, sesudah atau selama acara makan berlangsung. Berbeda dengan jenis wine yang lain, sebutlah white wine yang cocok sebagai teman bersantap dengan daging putih (ayam, unggas, atau ikan), dan red wine dengan daging merah (sapi atau steak), champagne lebih fleksibel, bahkan lebih fleksibel dibandingkan dengan rose wine yang meski fleksibel tapi syaratnya harus bernuansa romantis.

Photo by Anna Bratiychuk on Unsplash

Champagne terbagi menjadi dua jenis, berdasarkan kandungan gulanya. Brut adalah jenis yang paling sedikit mengandung gula (hampri tidak ada gula), hingga extra sec, yang dikenal juga dengan sebutan extra dry, memiliki sedikit rasa manis.

Sec berarti kering, dalam bahasa Prancis, sebenarnya mengacu kepada wine yang agak manis. Demi sec dan doux, keduanya sangat manis dan merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dihidangkan sebagai pencuci mulut.

Berikut ini beberapa merek champagne yang terkenal; Piper Heidsieck, Brut, Cuvee Diplomatic, Dom Perignon, Moet et Chandon, Pommery & Greno Demi Sec, Pommery Greno Brut, G.H. Mumm & Co, Cordon Rounge Brut, dan Vueve Cliqot Ponsardin.

Cara Menyajikan

Ada gelas yang diperuntukkan untuk semua jenis anggur. Gelas ini sebaiknya dapat menampung sekitar 10 oz, transparan agar kita bisa melihat warna wine dengan baik, serta memiliki badan gelas yang menciut ke atas. Tapi akan lebih cocok kalau champagne atau sparkling wine disajikan dalam gelas bertipe flute, yang memungkinkan untuk memandangnya secara seksama gelembung yang bermunculan dan keharuman aromanya dapat tercium secara bertahap.

Kelihatannya sepele, tapi jika Anda tuan rumah sebuah pesta, harus tahu cara menyajikan minuman ini dengan baik, bahkan bisa menunjukkan “kelas” Anda. Champagne atau sparkling wine sebaiknya disajikan pada suhu 5-8 derajat C, dan biasanya disajikan dalam keranjang es agar tetap dingin.

Previous article
Next article

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments