Berobat Serasa Berlibur

Negara jiran Malaysia menjelma menjadi medical destination di Asia. Rumah sakit-rumah sakit di sana mempunyai servis seperti hotel. Sebagian besar pasiennya ternyata orang Indonesia. (Burhan Abe)

Ingin berlibur, dan pulangnya tidak hanya fresh tapi juga tampil keren? Bukan perkara sulit. Saat ini sudah banyak rumah sakit yang menawarkan pengobatan sekaligus paket liburan. Malaysia salah satunya. Rumah sakit-rumah sakit cukup berkelas, terbesar di beberapa wilayah, di antaranya di Penang. Di wilayah kepulauan ini sudah berdiri beberapa rumah sakit berkelas internasional, sebutlah Island Hospital, Adventist Hospital, Mount Miriam Hospital, Lam Wah Ee Hospital, Gleneagles Medical Centre, atau Loh Guan Lye Specialists Centre.  

Mereka menawarkan berbagai paket pengobatan, mulai dari sekadar general check up, operasi penyakit serius seperti jantung, kanker, dan penyakit dalam lainnya, hingga penanganan penyakit orang modern; degeneratif. Klinik untuk ingin mengubah penampilan pun tersedia. Jika Anda berperut buncit, misalnya, datang saja ke Penang, maka program liposuction atawa sedot lemak, akan membuat Anda tampil lebih ramping.  

Demikian juga jika Anda mempunyai problem mata, seperti myopa atau hyperopia, di Island Hospital, misalnya, melalui i-Laser Centre, memberikan pelayanan lasik yang kini sedang ngetren. Operasi mata dengan teknologi laser itu mengubah mata yang tadinya plus, misalnya, dan memerlukan kacamata atau lensa kontak, tidak memerlukan perangkat itu lagi.

Sebagai bagian dari gaya hidup, menurut Nora Hamid, Head of PR/Marketing Department Island Hospital, lasik yang mampu memberi penampilan baru cukup digemari – dan jangan salah pasien terbesarnya justru datang dari Indonesia.  

Selain mata, permintaan untuk bedah kosmetik, misalnya, ternyata terus meningkat, kendati belum sebesar permintaan untuk urusan pengobatan. Itu sebabnya, demikian Nora, Island Hospital kini sedang mengembangkan pelayanan yang berkaitan dengan urusan penampilan, serta life style, seperti bedah plastik, klinik perawatan dan rekonstruksi gigi, dan sebagainya.

“Kelak, orang bisa berlibur di Penang, menjalani perawatan wajah dan tubuh, dan pulang-pulang sudah cantik,” ujar mantan konsultan PR sebuah hotel itu sambil menyebut acara TV The Swan.

Reality show yang terkenal di AS itu memberikan kesempatan kepada wanita biasa untuk tampil cantik menjadi “ratu” dalam waktu tiga bulan, melalui program diet ketat, latihan fisik, terapi psikologis, dan yang kontroversial, operasi plastik yang ditangani oleh para ahlinya – mulai dari pengurangan lemak di beberapa bagian tubuh, pemancungan hidung, sampai perapihan gigi.  

Mewujudkan pelayanan kecantikan (ketampanan) secara terpadu bukan perkara sudah, apalagi peralatan maupun dokter ahlinya cukup tersedia. Mempunyai 40 dokter spesialis di bidangnya, peralatan-peralatan medisnya pun tergolong mutakhir. CT Scan-nya, misalnya, mampu mendeteksi selapis demi selapis tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, sehingga hampir tidak ada penyakit yang terlewat. Di kamar operasi, ada tiga ruang, yang masing-masing mempunyai tekanan udara berbeda.

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments

Comments are closed.