Alamat Palsu

KESASAR ke alamat palsu bukan monopoli Ayu Ting Ting saja, di dunia internet bayak sekali link yang ngaco. Majalah MALE, misalnya, yang belum genap setahun terbit di ranah majalah digital Indonesia, sudah banyak pemalsunya.  

Namun, seperti pepatah bilang, semakin tinggi pohon menjulang – MALE sudah diunduh seidikitnya 400.000 orang per edisi, bahkan beberapa edisi tertentu sudah tembus 600.000 downloaders –, semakin kencang angin menerpa. Artinya, semakin tinggi ada di suatu kedudukan, semakin banyak rintangannya.  

Banyak pihak, yang pastinya dengan sengaja, telah membajak konten MALE secara tidak bertanggung jawab. Baik itu dari sisi konten (teks, foto, dan video), yang kemudian ditaruh di web yang seolah-olah situs resmi MALE, blog, dan media sosial. Para pembajak tersebut membuat akun abal-abal di Twitter, yang mampu menggaet banyak follower, juga Facebook yang di fun page-nya bisa menarik orang me-like secara signifikan.    

Yang lebih mengerikan, selain memasang foto hasil bajakan, mereka juga memasukkan foto-foto vulgar yang bukan punya MALE, dan mereka menaruh logo MALE di halaman tersebut. Alhasil, banyak orang yang berasumsi bahwa foto-foto syur itu merupakan produksi dari MALE.  

Tentu, semua itu sangat merugikan MALE sebagai publisher. Tak terkecuali dengan stakeholders secara lebih luas, baik pembaca, pengiklan, maupun nara sumber, yang tentu akan resisten terhadap majalah ini. Di kalangan model dan artis juga ada kesalahpahaman, mereka beranggapan kalau tampil MALE harus vulgar.  

Kami tidak menutup mata bahwa di dunia online hal seperti ini memang lumrah. Tapi publisher MALE sendiri tentu melakukan tindakan preventif, dengan melaporkan ke pada “yang berwajib” di dunia online, seperti pengelola Google, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, juga tidak segan-segan memperkarakan para pembajak itu ke ranah hukum.  

Agar tidak salah alamat, inilah homepage resmi MALE: http://male.detik.com, Facebook: MALE Magazine, dan Twitter @MaleMagazine. (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments