Sudah Saatnya Kaum Pria Belajar Hemat Ketika Berbelanja

Kaum pria kerap dianggap lebih boros ketika berbelanja dibandingkan dengan kaum wanita. Meski wanita hobi berbelanja, biasanya wanita lebih teliti dalam mencari informasi diskon dan promo menarik lainnya. Tidak mengherankan bila kaum pria sering mengandalkan wanita untuk urusan berbelanja. Namun kalau ingin berbelanja kebutuhan pribadi, sebenarnya para pria juga bisa melakukan upaya penghematan.

Lakukan saja beberapa langkah mudah ini ketika ingin berbelanja secara hemat:    

1. Tetapkan Dulu Budget yang Kita Miliki

Menetapkan budget belanja akan menghindarkan kita dari perilaku boros. Jangan sampai kita merogoh kocek lebih untuk membeli barang-barang mahal. Budget yang kita siapkan harus berasal dari sisa pendapatan setelah dikurangi biaya kebutuhan rutin dan tabungan. Dengan demikian, kita tidak akan memanfaatkan biaya kebutuhan lain hanya demi aktivitas berbelanja.  

2. Mencatat Barang yang Ingin Dibeli

Setelah menentukan budget, langkah selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mencatat daftar barang yang ingin dibeli. Utamakan barang-barang yang dibutuhkan untuk mendukung rutinitas misalnya kemeja kerja, sepatu kantor, tas kerja, dan barang-barang lainnya. Bila semua kebutuhan utama sudah terpenuhi, barulah kita bisa menggunakan kelebihan budget untuk membeli barang lainnya.  

3. Mencari Referensi Informasi

Ada banyak referensi informasi yang bisa kita dapatkan sebelum berbelanja. Selain mengunjungi pusat perbelanjaan, kita pun bisa mencari informasi dari internet. Misalnya dengan mengakses situs-situs toko online yang terpercaya. Mereka menyajikan informasi seputar harga dan spesifikasi produk secara lengkap,mulai dari harga sepatu kantor formal hingga produk kebutuhan rumah tangga.Kita pun jadi lebih termotivasi untuk berburu produk murah untuk menghemat pengeluaran.  

4. Tak Perlu Tergiur dengan Ajakan Teman

Ajakan teman untuk berbelanja barang-barang branded memang sulit untuk ditolak. Namun cobalah untuk menetapkan prinsip supaya tidak tergoda dengan ajakan tersebut. Jika kita terbiasa bergaul dengan teman-teman penyuka barang branded, maka sebaiknya kita berbelanja barang kebutuhan ketika sedang sendirian. Supaya kita lebih leluasa memilih dan menentukan barang belanjaan dengan harga terbaik sesuai kemampuan kita.  

Siap berburu barang-barang murah untuk menghemat pengeluaran? Mari luangkan waktu agar bisa berhemat sekaligus mendapatkan barang-barang berkualitas. (ADS)

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments