Sudah Saatnya Kaum Pria Belajar Hemat Ketika Berbelanja

Kaum pria kerap dianggap lebih boros ketika berbelanja dibandingkan dengan kaum wanita. Meski wanita hobi berbelanja, biasanya wanita lebih teliti dalam mencari informasi diskon dan promo menarik lainnya. Tidak mengherankan bila kaum pria sering mengandalkan wanita untuk urusan berbelanja. Namun kalau ingin berbelanja kebutuhan pribadi, sebenarnya para pria juga bisa melakukan upaya penghematan.

Lakukan saja beberapa langkah mudah ini ketika ingin berbelanja secara hemat:    

1. Tetapkan Dulu Budget yang Kita Miliki

Menetapkan budget belanja akan menghindarkan kita dari perilaku boros. Jangan sampai kita merogoh kocek lebih untuk membeli barang-barang mahal. Budget yang kita siapkan harus berasal dari sisa pendapatan setelah dikurangi biaya kebutuhan rutin dan tabungan. Dengan demikian, kita tidak akan memanfaatkan biaya kebutuhan lain hanya demi aktivitas berbelanja.  

2. Mencatat Barang yang Ingin Dibeli

Setelah menentukan budget, langkah selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mencatat daftar barang yang ingin dibeli. Utamakan barang-barang yang dibutuhkan untuk mendukung rutinitas misalnya kemeja kerja, sepatu kantor, tas kerja, dan barang-barang lainnya. Bila semua kebutuhan utama sudah terpenuhi, barulah kita bisa menggunakan kelebihan budget untuk membeli barang lainnya.  

3. Mencari Referensi Informasi

Ada banyak referensi informasi yang bisa kita dapatkan sebelum berbelanja. Selain mengunjungi pusat perbelanjaan, kita pun bisa mencari informasi dari internet. Misalnya dengan mengakses situs-situs toko online yang terpercaya. Mereka menyajikan informasi seputar harga dan spesifikasi produk secara lengkap,mulai dari harga sepatu kantor formal hingga produk kebutuhan rumah tangga.Kita pun jadi lebih termotivasi untuk berburu produk murah untuk menghemat pengeluaran.  

4. Tak Perlu Tergiur dengan Ajakan Teman

Ajakan teman untuk berbelanja barang-barang branded memang sulit untuk ditolak. Namun cobalah untuk menetapkan prinsip supaya tidak tergoda dengan ajakan tersebut. Jika kita terbiasa bergaul dengan teman-teman penyuka barang branded, maka sebaiknya kita berbelanja barang kebutuhan ketika sedang sendirian. Supaya kita lebih leluasa memilih dan menentukan barang belanjaan dengan harga terbaik sesuai kemampuan kita.  

Siap berburu barang-barang murah untuk menghemat pengeluaran? Mari luangkan waktu agar bisa berhemat sekaligus mendapatkan barang-barang berkualitas. (ADS)

Related Stories

spot_img

Discover

Starbucks Signing Store Pertama di Indonesia

Gerai Starbucks di Jakarta adalah Signing Store ke-17 perusahaan secara global yang menciptakan peluang yang setara...

Sensasi Baru Menikmati Kopi di SipEasy Coffee Jakarta

Americano, cappuccino atau cafe latte sudah biasa Anda nikmati. Kini ada racikan koktail dari...

Introducing The Jazz Club at Aman New York

Built as the Roaring 20s ushered in the revolutionary Jazz Age, Manhattan’s iconic Crown...

Ayana Segara Bali Resmi Dibuka 5 November 2022

Menjadi hotel mewah keempat didalam Ayana Estate, kawasan resor terintegrasi seluas 90 hektar di Jimbaran Bali Hotel mewah...

Tribe Bali, Mengusung Desain yang Berani

Tribe Bali Kuta Beach Telah Dibuka, Menawarkan Ruang Berbasis Desain yang Dapat Diakses oleh...

Doheny Brings California Ambiance to the Northern Coast of...

The Latest Neighborhood Brunch and Dinner Spot in Canggu Located on Canggu and close to...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here